Rabu, 03 Mei 2017

Mengenal Lebih Dekat Kucing Toyger

Apabila ditanya tentang kucing Toyger sebagai salah satu ras kucing hias mungkin belum banyak yang mengenalnya. Ya, alasan tersebut memang sangat wajar sekali sebab kehadiran kucing Toyger tergolong cukup baru dengan awal kemunculannya sekitar tahun 1990-an. Selain itu yang menjadi tanda dari kucing ras baru ini adalah corak warna loreng di tubuhnya yang mirip seperti harimau. Hanya saja ukuran tubuh kucing Toyger jauh lebih kecil atau sama seperti dengan ras kucing lainnya dan begitu pula dengan sifatnya. Karenanya, dalam artikel ini diulas lebih dalam lagi mengenai kucing Toyger agar dikenal luas oleh para pencinta kucing hias.

Kucing Toyger termasuk sebagai ras kucing ras baru yang kemunculannya dilakukan dengan mengkawinsilangkan antara ras kucing domestik dan ras benggal tabby. Proses mencari ras kucing baru ini dilangsungkan di Amerika oleh Judy Sudgen yang profesinya sebagai peternak kucing. Hasil mengkawinsilangkan tersebut ternyata mampu membuahkan dengan hadirnya seekor kucing yang warna tubuhnya berbelang mirip harimau namun ukuran tubuhnya seperti kucing hias biasa. Kejadian tersebut berlangsung pada tahun 1990-an dengan coba memohon kepada organisasi pencinta kucing hias dunia yang bernama The International Cat Association (TICA) agar kucing Toyger diakui sebagai ras baru.

https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/c/ca/Toyger_-_Cornish_Rex_presentation_show_Riihim%C3%A4ki_2008-11-16_IMG_0101.JPG
Gambar: Kucing Toyger

Pemberian nama kucing Toyger bukanlah tanpa makna apapun di dalamnya. Sebab bila dipenggal nama tersebut menjadi dua suku kata yaitu Toy Tiger yang bermakna harimau yang bisa diajak bermain. Tentunya melihat sosok kucing Toyger maka maksud pemberian nama tersebut ada benarnya. Karena karakter yang dimiliki oleh kucing berwarna loreng dari Amerika ini terbilang ramah dan tidak takut dengan orang-orang. Selain itu yang terpenting bahwa sifat buas yang ada pada Harimau tentunya tidak dimiliki oleh ras kucing Toyger sedikitpun. Adanya sifat yang mudah ramah dengan orang-orang membuatnya enak diajak bermain dan bahkan melatihnya agar menurut saat diperintah oleh pemiliknya.

Secara umum warna loreng yang terdapat di tubuh kucing Toyger hanya terdiri dari tiga warna yakni kuning kecokelatan, hitam, dan putih. Warna putih hanya terdapat di beberapa sisi seperti bagian mulut sampai dagunya, area dada, sedikit di pangkal kaki, dan ekornya. Warna kuning kecokelatan hampir menyelimuti keseluruhan tubuhnya mulai kepala, tengkuk, punggung, pangkal ekor, kaki, dada, dan perutnya. Warna hitam menjadi corak lorengnya yang tampak di bagian kepala, kaki, punggung, perut, sampai dengan ekornya. Loreng yang ada di tubuh ras kucing Toyger membentuk pola bulat yang tidak beraturan dan garis-garis tebal yang tampak disekujur tubuhnya. Ukuran badannya berukuran sedang dan badannya tampak berisi sehingga menimbulkan kesan kekar. Kepalanya berbentuk agak bulat dengan telinga yang tidak terlalu lebar dan cukup penting dilihat terkait kakinya yang berukuran cukup panjang.

Walaupun kucing Toyger telah diakui sebagai ras tersendiri pada tahun 2000 tidak lantas membuatnya dijual bebas di berbagai negara. Sebab tidak diketahui secara jelas mengenai keberadaan kucing Toyger di cattery yang ada di Indonesia. Hanya saja di negara asalnya yakni Amerika dan di negara Eropa seperti Inggris telah banyak yang menggemarinya sebagai hewan peliharaan lucu yang gemar diajak bermain. Untuk itu bagi Anda yang tertarik dengan kelucuan dan keunikan corak warna kucing Toyger maka tak ada salahnya pula mencari di cattery resmi yang ada di kota Anda. Okey.

Oleh: Satria Dwi Saputro
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber Tulisan:
http://www.kucingkita.com/ras-kucing/toyger
http://kucingmu.com/meong/kucing-toyger-sejarah-ciri-fisik-sifat-dan-cara-perawatanya/

Sumber Gambar:
https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/c/ca/Toyger_-_Cornish_Rex_presentation_show_Riihim%C3%A4ki_2008-11-16_IMG_0101.JPG


Related Posts :