Rabu, 10 Mei 2017

Tentang Ikan Hias Manfish

Ketika berbicara tentang ikan hias yang bernama Manfish mungkin sebagian orang sudah banyak yang mengenalnya. Hal ini karena ikan Manfish termasuk jajaran ikan hias terkenal yang banyak dipelihara orang-orang di berbagai negara termasuk Indonesia. Keterkenalan ikan Manfish lebih kepada tampilan fisiknya yang amat indah dengan adanya perpaduan warna dan bentuk fisik yang pipih. Sehingga tak khayal di saat ini, spesies ikan Manfish mulai banyak dibudidayakan secara mandiri agar tidak lagi harus mengimpornya dari Amerika Selatan.

Ya, ikan Manfish tergolong salah satu jenis ikan hias yang asalnya ada di Amerika Selatan tepat di sungai Amazon. Ciri fisik yang bisa ditandai dari ikan Manfish adalah bentuknya yang pipih dan mempunyai sirip panjang. Pada bagian bawah insangnya terdapat dua sirip tipis yang berukuran panjang atau setara dengan panjang tubuhnya. Di dekat perutnya pun terdapat satu buah sirip yang berukuran cukup panjang dan lebar hingga tumbuh hampir ke bagian ekornya. Di bagian atas tubuhnya pun terdapat satu sirip yang berukuran cukup panjang dan agak lebar. Mata ikan Manfish berwarna merah saga dengan area pupilnya tampak kehitaman. Dengan tampilan fisik yang pipih ditambah bentuk sirip yang panjang dan lebar membuatnya tampak mirip seperti busur panah. Selain itu, warna ikan Manfish secara umum terdiri dari berbagai macam seperti hijau keabu-abuan, putih, kuning, hitam, dan cokelat.


Gambar: Ikan Manfish

Seiring banyaknya orang-orang yang memelihara ikan Manfish membuatnya jenisnya pun terus bertambah. Hal ini disebabkan para pembudidaya telah melakukan perkawinan silang untuk menghasilkan jenis ikan Manfsih baru yang cirinya berbeda warna dari yang sudah ada. Untuk itu pada saat ini setidaknya terdapat lebih kurang 30 jenis ikan Manfish yang beberapa diantaranya adalah Diamon, Imperial, Marble, Black-White, Gold Angel, dan Veiltail. Di tiap jenisnya biasanya terdapat ciri berupa corak warna yang terdiri dari dua atau tiga jenis warna. Corak warna tersebut ada yang membentuk pola garis secara vertikal yang tidak hanya terdapat di tubuh tapi juga di bagian siripnya.

Melihat rupanya yang indah ternyata ikan Manfish mempunyai nama lain yang akrab di antara para penggemar. Nama lain yang disematkan kepada ikan dari sungai Amazon ini adalah dikenal dengan nama Angel Fish. Adapun maksud nama tersebut mengingat sewaktu berenang biasanya bergerak dengan tenang sambil menggerakkan badan dan siripnya yang lebar tersebut secara perlahan. Gerakan seperti itu membuat ikan Manfish tampak sangat anggun dan menjadi daya tarik tersendiri bagi orang yang memeliharanya.

Sebagai ikan peliharaan yang cantik biasanya ikan Manfish diletakkan pada sebuah akuarium yang berukuran sedang. Akuarium yang dijadikan tempat tinggalnya dapat diisi oleh bebatuan kecil dan rerumputan air khusus untuk ikan hias. Agar ikan Manfish nyaman tinggal di akuarium dapat menyiapkan peralatan standar seperti penyaring air, aerator untuk menghasilkan oksigen, lampu, dan lainnya yang dianggap perlu. Adapun makanan yang dapat diberikan kepada ikan Manfish pun cukup beragam mulai dari cacing merah beku, cacing biasa, dan pelet ikan.

Yup, itulah uraian tentang ikan Manfish mulai dari asal, ciri-ciri, jenis, sampai dengan tata cara perawatannya. Dengan membaca artikel ini sampai tuntas akan menambah pengetahuan kita semuanya tentang ragam ikan hias terkhusus ikan Manfish. Apalagi bila Anda tertarik untuk memelihara ikan hias maka tak ada salahnya menyarankan untuk membeli ikan Manfish. Karena secara tampilan fisik bahwa ikan Manfish memang tergolong jenis ikan hias yang sangat indah. Okey.

Oleh: Satria Dwi Saputro
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber Tulisan:
1. http://www.alamikan.com/2016/09/39-jenis-ikan-hias-manfish-populer.html
2. http://akuariumhiasku.blogspot.co.id/2014/05/mengenal-ikan-manfish.html

Sumber Gambar:
https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Pterophyllum_scalare_-_%22Rio_Nanay%22_-_souche_sauvage_-_Aqua_Porte_Dor%C3%A9e_02.JPG


Related Posts :