Jumat, 02 Juni 2017

Ide Usaha Kaki Lima Untuk Mahasiswa

Sebagai seorang mahasiswa yang aktif kamu pasti akan dihadapkan dengan begitu banyak kegiatan yang tentunya memerlukan biaya. Jika orangtua masih menyanggupi dan mampu membiayai kamu hal itu tentu tidak akan menjadi masalah. Tetapi, dengan begitu banyaknya kegiatan yang memerlukan biaya sedangkan orangtua kamu sedang dilanda kesulitan ekonomi karena membiayai pendidikan kamu hal itu pasti akan menjadi beban moril untuk kamu. Jalan satu – satunya kamu harus bisa menghasilkan uang sendiri.

Kamu bisa mulai mencari pekerjaan paruh waktu. Tapi kamu juga perlu memperhatikan pekerjaan paruh waktu yang kamu kerjakan apakah pekerjaan itu akan menguntungkan atau mengganggu aktivitas dan tugas kamu sebagai mahasiswa. Jika kamu tidak menyukai pekerjaan paruh waktu kamu juga bisa menjalankan usaha kaki lima. Bukan sebuah rahasia lagi bahwa kuliner kaki lima banyak disukai masyarakat dari berbagai kalangan dikarenakan kuliner kaki lima memiliki rasa yang lezat, beragam jenisnya, dan murah. Jika kamu pandai menebak peluang maka keuntungan yang akan kamu peroleh akan cukup untuk memenuhi kebutuhan kamu. Berikut hal – hal yang perlu kamu perhatikan jika kamu ingin menjalankan usaha ini.


Gambar 1. Usaha kaki lima

Pemilihan jenis kuliner

Hal yang dimaksud di sini adalah menu. Apa yang akan kamu jual untuk usaha kecilmu ini?

Kamu bisa menjual jenis makanan ataupun minuman. Ada beberapa saran menu yang bisa kamu jual mulai dari makanan khas daerah seperti martabak manis, martabak telur, tahu sumedang, siomay khas Bandung, cilok, putu ayu, batagor, bakso goreng, kentang panjang, dsb. Untuk minuman kamu bisa menjual es kelapa muda, es teh, es doger, es dawet, atau jenis minuman lainnya. Kamu bisa memilih salah satu dari menu yang ada di atas. Biasanya setiap pedagang memiliki satu menu khasnya. Pilihlah menu kuliner yang masih sedikit penjualnya, unik, dan berpenampilan menarik. Menu yang kamu jual menentukan seberapa banyak daganganmu akan laku. Dengan begitu langkah pertamamu ini akan sangat menentukan keuntungan usahamu.

Penentuan harga

ingat bahwa jajanan yang kamu jual ini adalah kuliner kaki lima. Jadi tarifkan harga yang sesuai. Karena kuliner kaki lima identik dengan harganya yang ramah di kantong, maka kamu juga harus memberi harga yang tentunya juga murah.

Resep masakan

Dengan adanya internet kamu dengan mudah menemukan berbagai resep masakan untuk daganganmu. Sebelum menjual makananmu kamu bisa mencari resep dengan rasa yang terenak atau memadukan berbagai resep untuk menghasilkan rasa yang terbaik. Rasa selalu salah satu hal yang terpenting. Rasa yang enak membuat konsumen ingin membelinya lagi jika lewat atau sedang berada di sekitar tempatmu berjualan.

Gerobak dan lokasi pemasaran

biasanya kuliner kaki lima dijajakan dengan menggunakan gerobak. Jika kamu mempunyai ketrampilan kamu bisa membuat gerobakmu sendiri dan jika kamu tidak mempunyai ketrampilan kamu bisa menyuruh tukang untuk membuatkannya. Kamu bisa menghiasi gerobakmu dengan cat – cat berwarna ceria, agar dapat menarik pengunjung. Kamu bisa menjajakan daganganmu ketika ada bazaar, alun – alun kota, pasar malam, dan tempat keramaian yang biasa digunakan pedagang kaki lima untuk nongkrong.

Pemilihan waktu dan manajemen waktu

Sepulang kuliah kamu bisa mulai memasak dagangan yang akan kamu jual. Masaklah daganganmu setengah jadi saja. Misalnya kamu berjualan cakue kamu bisa membuat adonan di rumah atau di dapur kos-kosan dan ketika kamu berjualan kamu tinggal menggorengnya sehingga makanan masih dalam keadaan panas ketika berada di tangan konsumen. Untuk waktu berjualan usaha ini cenderung longgar kamu bisa menjajakan daganganmu ketika kamu sore menjelang petang hingga malam jam sembilan sampai jam dua belas malam. Longgarkan kamu tidak akan disuruh datang tepat waktu kamu juga bisa pulang kapanpun kamu mau jika dagangan sudah habis.

Sikap bijaksana

Meskipun terlihat menyenangkan. Banyak mahasiswa yang masih gengsi dengan usaha ini. Padahal kalau dijalani dengan sungguh – sungguh usaha ini akan mendatangkan keuntungan yang lumayan. Usaha ini memang tidak akan membuatmu kaya raya tapi usaha ini cukup untuk dijadikan penopang hidupmu sementara waktu. Jadi buanglah rasa gengsi dalam dirimu, karena gengsi tidak akan membuatmu kenyang.

Gimana sudah yang tertarik dengan usaha ini. Bagi mahasiswa yang tidak ingin menjalani pekerjaan paruh waktu karena takut aktivitasnya akan mengganggu kuliahnya. Usaha ini bisa dijadikan alternatif.

Oleh : Nanamo
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi gambar :
http://www.usahabersama.net/membuka-usaha-kuliner-kaki-lima/


Related Posts :