Kamis, 08 Juni 2017

Keripik Buah Nanas

Nanas merupakan salah satu buah meja yang banyak mengandung air sehingga rasanya segar dan cukup manis untuk anda nikmati setelah santap makan malam. Juga, buah yang berwarna kuning cerah dan cantik ini cukup banyak menyediakan asupan vitamin, mineral, antioksidan, dan enzim yang bersifat menjaga pencernaan tetap sehat, meredakan asam lambung, mengurangi peradangan, dan membantu memecah protein hewani. Buah nanas mengandung enzim khusus yang disebut dengan zat bromelain yang ampuh sebagai anti inflamasi seperti NSAID dan steroid, terutama apabila bromelain dikombinasikan dengan rempah - rempah seperti kunyit (kurkumin) maka zat ini bermanfaat untuk mengurangi rasa nyeri sendi akibat asam urat / gout dan sebagian besar jenis arthritis, mengurangi sakit tenggorokan, menghentikan perkembangan tumor baru dan menyusutkan kanker, mengurangi pembengkakan pasca operasi, menghilangkan asam lambung naik, dan enzim pelengkap untuk mempromosikan dan mempercepat proses pencernaan dan mobilitas usus.

Meskipun buah ini banyak memiliki khasiat dan manfaat namun anda perlu berhati - hati agar jangan mengkonsumsi buah ini secara berlebihan terutama bagi wanita yang sedang hamil karena buah nanas mengandung zat bromelian dalam jumlah besar, yang menjadikannya sebagai buah yang dilarang dikonsumsi oleh ibu hamil hingga masa bersalin nanti.

Keripik Nanas Subang
Gambar. Keripik Buah Nanas

Di Indonesia, buah nanas sangat mudah dijumpai pada daerah pedesaan yang dijadikan sebagai sentral perkebunan buah nanas dan tersedia di sepanjang tahun yang dipasarkan di mal–mal hingga pasar – pasar tradisional dengan harga yang sangat terjangkau, dapat dijadikan sebagai pilihan terbaik bagi masyarakat yang tinggal di wilayah tropis.

Untuk panen buah nanas yang berlimpah, agar tidak terbuang percuma dan menghilangkan rasa bosan, berikut ini kami berikan tips praktis pembuatan keripik nanas yang sederhana dan dengan mudah dilakukan oleh siapa pun.

Bahan untuk membuat keripik nanas :
  • 3 buah nanas matang
  • Asam askorbat
  • Gula halus

Langkah - langkah membuat keripik nanas :

Disarankan untuk memilih buah nanas yang bagus dan matang di pohon tetapi jangan terlalu masak karena nantinya daging buahnya akan terlalu lembek untuk dijadikan sebagai keripik buah. Nanas yang matang sempurna akan menghasilkan cita rasa legit dari keripik buah dan tidak perlu lagi ditambahkan pemanis buatan.
  1. Kumpulkan buah nanas pilihan lalu dikupas dengan hati - hati.
  2. Kupaslah satu per satu hingga benar - benar bersih dari kulitnya yang gatal lalu dicuci.
  3. Kemudian, rendamlah buah nanas dengan menggunakan air garam.
  4. Selanjutnya iris buah nanas dengan bentuk dan ukuran sesuai selera anda, mungkin berbentuk bulat seperti buahnya atau memanjang layaknya anda mengkonsumsinya sebagai buah meja. Irislah buah dengan tebal setiap irisannya kira - kira 5 mm.
  5. Setelah itu, dinginkan buah nanas yang sudah diiris - iris dengan cara memasukkan ke dalam plastik kedap air lalu simpan di freezer. Hal ini dimaksudkan agar hasil keripik nantinya menjadi lebih baik.
  6. Gorenglah apabila sudah benar – benar dingin dengan menggunakan alat khusus yang bernama Vacuum Friying (alat atau mesin yang merupakan penggoreng khusus buah - buahan dengan harga yang lumayan tinggi). Jika menggunakan penggorengan biasa maka hasilnya nanti akan mudah gosong dan terlalu cokelat. Penyebabnya adalah kandungan glukosa pada buah nanas menjadi sangat tinggi sehingga ketika digoreng justru menjadi lembek dan membentuk jelly hitam. Selain itu, menggorengnya tidak boleh dengan suhu temperatur yang terlalu panas. Jadi perhatikan teknik menggoreng yang tepat.
  7. Kelemehan penggorengan biasa adalah kurang bisa mengatur suhu sehingga rata - rata suhunya cenderung tinggi mencapai 100 derajat celsius bahkan lebih. Meskipun suhunya cenderung menjadi mudah panas, tetapi tidak cukup untuk menghilangkan kadar air dari dalam buah sehingga apabila proses penggorengan terus dilakukan, hasilnya adalah keripik nanas akan menjadi gosong.
  8. Jika anda menggunakan alat Vacuum Friying maka atur suhunya agar tetap stabil pada saat proses penggorengan yaitu sekitar tidak lebih dari 85 derajat celsius pada saat memanaskan irisan buah nanas sehingga tidak mudah gosong, meleleh atau lengket dan hasil keripik nanas nanti menjadi sempurna.
  9. Angkat setelah dirasa cukup hilang kadar airnya lalu keringkan dengan benar.

Bagaimana setelah membaca ulasan singkat dari kami tersebut di atas ? Mudah bukan mengikutinya ? Setelah mengetahui cara pembuatan keripik nanas, selanjutnya boleh dicoba dilakukan di rumah dengan bahan – bahan seadanya asalkan anda memakai Vacuum Friying.

Selamat bereksperimen dan sukses !

Penulis : Kadek Nila Utami
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi tulisan :
http://www.carakhasiatmanfaat.com/artikel/inilah-khasiat-buah-nanas-yang-jarang-diketahui-orang.html

Referensi gambar:
http://www.resepkuerenyah.com/cara-membuat-keripik-nanas-renyah-nikmat-dan-mudah/


Related Posts :