Rabu, 07 Juni 2017

Mandi Air Dingin Merupakan Bagian Gaya Hidup Sehat

Mandi menjadi salah satu kebutuhan penting manusia. Tanpa mandi, badan akan terasa kurang segar. Dan juga, tanpa mandi, badan biasanya mengeluarkan aroma kurang sedap. Nah, terkait air yang digunakan, mandi air dingin merupakan bagian dari gaya hidup sehat. Sebabnya, dibandingkan mandi air hangat, mandi air dingin mendatangkan banyak manfaat bagi kesehatan. Apa sajakah manfaat-manfaat mandi air dingin bagi kesehatan kita? Dilansir dari situs medicaldaily.com, berikut manfaat-manfaat mandi air dingin bagi kesehatan.


Gambar 1. Mandi Air Dingin Mendatangkan Banyak Manfaat Bagi Kesehatan

Meningkatkan Kekebalan Tubuh dan Memperlancar Peredaran Darah
Dr.Joseph Mercola, seorang pakar dalam bidang kesehatan, menyebutkan bahwa mandi air dingin akan menurunkan risiko mengalami darah tinggi, memperlancar peredaran darah, dan meningkatkan kekebalan tubuh. Sebabnya menurut penelitiannya, saat air dingin mengenai tubuh, jantung akan lebih efektif memompa darah. Selain itu, saat air dingin mengenai tubuh, akan menghilangkan kotoran-kotoran yang menghambat sirkulasi darah. Air dingin yang mengenai tubuh pun, secara perlahan-lahan, akan membangun kekebalan tubuh.

Menjaga Kesehatan Rambut dan Kulit
Manfaat kedua mandi air bagi kesehatan yaitu terjaganya kesehatan rambut dan kulit. Lalu, apa kaitan air dingin dengan rambut dan kulit yang sehat? Menurut Jessica Krant, seorang ahli dermatologi (ahli kulit), mandi air dingin akan membuat sel-sel rambut dan kulit selalu basah. Sedangkan mandi air hangat cenderung membuat kering sel-sel rambu dan kulit. Bila sel-sel rambut dan kulit selalu basah, akan sangat menjaga kesehatan rambut dan kulit. Dan juga, membuat kulit terlihat segar.

Menghilangkan Lemak Berlebih
Menurut penelitian yang dilakukan oleh Harvard School, mandi air dingin akan mengurangi kandungan lemak putih yang tersimpan di dalam tubuh. Lemak putih yaitu lemak yang dihasilkan saat kita mengkonsumsi makanan berkalori tinggi. Lemak ini tidak dibakar menjadi energi karena kebutuhan tubuh terhadap lemak sudah cukup. Karena tak mengalami proses pembakaran, lemak ini akan tertinggal di dalam tubuh. Bila lemak ini semakin bertumpuk, berisiko mengakibatkan kegemukan dan berbagai penyakit. Nah, untuk menghilangkan lemak ini, mandilah dengan air dingin. Sebabnya, air dingin mampu menghancurkan lemak tersebut.

Mencegah Stres
Mandi air dingin pun mampu mencegah stres. Nah, dengan mencegah rasa stres muncul dalam diri kita, maka akan mencegah munculnya berbagi penyakit. Sebabnya, stres menjadi salah satu sebab munculnya berbagai penyakit. Beberapa penyakit yang diakibatkan stres diantaranya darah tinggi, stroke, nyeri kepala migrain, dan sebagainya. Lalu, apa kaitan antara mandi air dingin dengan rasa stres? Menurut suatu penelitian, saat mandi dengan air dingin, otak akan terpacu untuk memproduksi zat-zat anti stres.

Membantu Proses Recovery (Penyegaran) Tubuh
Dibandingkan mandi dengan air hangat, mandi dengan air dingin sebenarnya terasa lebih segar. Karenanya, mandi dengan air dingin lebih membuat nyaman beristirahat. Nah, semakin nyaman beristirahat, maka akan semakin baik proses recovery tubuh. Semakin baik proses recovery, maka tubuh akan lebih segar sehingga terhindar dari berbagai penyakit. Dengan demikian, setelah melakukan aktivitas melelahkan, mandilah dengan air dingin sebelum tidur. Tentu saja, agar proses recovery tubuh menjadi lebih baik.

Demikian, manfaat-manfaat mandi air dingin bagi kesehatan. Kesimpulannya, tak dapat dipungkiri bahwa mandi air dingin merupakan bagian gaya hidup sehat. Terlebih, bagi generasi muda.

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi:
http://www.medicaldaily.com/benefits-cold-showers-7-reasons-why-taking-cool-showers-good-your-health-289524

Sumber Gambar:
1. http://www.sobatcantik.com/wp-content/uploads/2013/06/manfaat_mandi_air_dingin_untuk_kesehatan.jpg


Related Posts :