Kamis, 15 Juni 2017

Menikmati Khasnya Cakalang Fufu Sebagai Salah Satu Objek Wisata Kuliner Di Manado

Apakah anda pernah jalan – jalan ke Manado buat liburan ? Tidak hanya terkenal akan keelokan panorama alam berupa objek wisata pantai yang memukau, juga anda bisa berburu objek wisata kuliner murah dengan banyaknya tersedia warung – warung tenda yang menjual beragam sajian seafood. Hal ini disebabkan karena banyaknya pasokan ikan laut yang membuat warga di daerah pesisir membuka usaha warung makan dan juga mengawetkan ikan laut dari jenis cakalang.

Jika sedang musim panen ikan cakalang, nelayan setempat mengupayakan agar hasil panen tersebut tidak cepat rusak dengan cara melakukan pengasapan ikan, caranya sangat sederhana yaitu terlebih dahulu ikan – ikan tersebut dibersihkan dan dibuang sisiknya lalu dicuci dengan air mengalir. Kemudian dibelah menjadi dua bagian dan dilumuri bumbu. Proses ini membutuhkan waktu sekitar 4 jam. Selanjutnya ikan cakalang asap yang populer dengan nama ikan cakalang fufu dijual di pasar ikan tradisional Kota Manado dengan harga per ikan bervariasi tergantung terhadap besarnya ikan, biasanya sekitar 35.000 ribu rupiah sampai 65.000 ribu rupiah.

Sedapnya Cakalang Fufu Berbumbu Pedas Aromatik
Gambar 1. Ikan cakalang fufu rabe rica

Seperti diketahui bahwa Kota Manado sejak dulu terkenal sebagai salah satu tujuan wisata yang banyak menyuguhkan paket wisata kuliner dengan sajian unik berupa seafood yang menggugah selera. Contohnya adalah cakalang fufu rabe rica tersebut di atas. Makanan khas Manado ini kaya akan cita rasa gurih dan pedas. Dijamin akan membuat lidah anda bergoyang sehingga cocok dinikmati oleh pencinta makanan pedas yang berkunjung ke Kota Manado harus mencoba makanan yang satu ini, bernama cakalang fufu. Merupakan salah satu makanan khas Kota Manado yang terbuat dari ikan cakalang segar yang mengalami proses pengasapan di mana proses ini dikenal dengan istilah fufu, suku kata ala nelayan tradisional di Manado yang menjadikan makanan ini terkenal dengan sebutan cakalang fufu.

pembuatan cakalang fufu
Gambar 2. Proses pengasapan cakalang fufu

Komoditas ikan cakalang atau tongkol saat ini banyak dijumpai dan menjadi sentra penghasil ikan cakalang terbesar di pelabuhan nelayan Bitung, Sulawesi Utara. Hampir di sepanjang tahun pasokan yang melimpah membuat warga pesisir Manado yang berprofesi sebagai nelayan tradisional mulai mengawetkan ikan cakalang.

Penasaran dengan rasanya ? Yuk coba resep cakalang fufu rabe rica di rumah dengan cara praktis dan bahan–bahan seadanya saja !

Bahan yang harus disiapkan adalah :
  • 1 ekor ikan cakalang asap (suwir-suwir)
  • 2 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 2 batang serai, geprek
  • 3 iris lengkuas
  • 3 lembar daun jeruk
  • 3 lembar daun salam
  • Secukunya saja cabai rawit merah
  • 3 helai daun pandan (ikat)
  • 75 - 100 cc minyak goreng
  • 1 sdt garam, terasi udang dan penyedap rasa secukupnya saja
  • 1 sdm gula merah (jika tidak suka pedas)

Cara membuat adalah :
  1. Tumbuk cabe, bawang merah, bawang putih, garam dan penyedap rasa (kasar saja).
  2. Tumis bumbu yang telah ditumbuk sampai wangi.
  3. Masukkan bumbu lainnya dan aduk–aduk hingga tercampur rata.
  4. Masukkan ikan cakalang yang sudah disuwir–suwir tadi.
  5. Masak sampai ikan matang dan sajikan.

Cakalang fufu rabe rica ala Kota Manado siap disajikan bersama dengan nasi putih hangat dan lalapan segar. Meskipun sekilas pandang tampak sederhana tetapi rasanya benar – benar lezat ! Selamat mencoba.

Penulis : Kadek Nila Utami
(Kirim pesan ke penulis)

sumber :
jakarta.indoadvertiser.net
Sumber gambar:
http://katalogwisata.com/lezatnya-cakalang-fufu-khas-manado


Related Posts :