Senin, 21 Agustus 2017

5 Wujud Menunjukkan Rasa Kasih Sayang Terhadap Orang yang Kita Cintai

Setiap orang tentunya memiliki seseorang yang dicintai. Untuk mempererat hubungan dengan seseorang tersebut, sangat penting untuk menunjukkan rasa kasih sayang kepadanya. Nah, untuk menunjukkannya, kita dapat menerapkan gagasan yang dikemukakan oleh Gary ChapmaN. Menurut psikolog tersebut, dalam bukunya berjudul The Five Love Languange, ada lima cara untuk menunjukkan rasa kasih sayang. Nah, apa sajakah itu?


Gambar 1. Menunjukkan Rasa Kasih Sayang Akan Mempererat Hubungan Kita Dengannya

Memberi Hadiah
Cara pertama untuk menunjukkan rasa kasih sayang yaitu dengan memberi hadiah. Beberapa contoh hadiah yang dapat kita berikan antara lain hadiah ulang tahun, hadiah surprise, hadiah pernikahan kepada istri, dan sebagainya. Bila ingin memberikan hadiah, kita tak perlu takut hadiah akan membuat orang yang kita sayangi menjadi seseorang materialis. Memberi hadiah akan mempererat hubungan kita dengannya. Nah, ingin memberi hadiah kepada seseorang yang kita cintai?

Mengucapkan Hal yang Menunjukkan Rasa Kasih Sayang
Kebanyakan orang terbiasa mengucapkan hal yang menunjukkan rasa kasih sayang kepada seseorang yang dicintainya. Misalnya, mengucapkan aku sayang kamu, aku kangen kamu, dan sebagainya. Nah, bila kita terbiasa mengucapkannya, akan mempererat hubungan kita dengannya. Agar ucapan kasih sayang yang kita ucapkan lebih berasa di hatinya, ucapkan saat momen yang tepat. Misalnya, mengucapkan aku sayang kamu kepada kekasih setelah bertemu dengannya. Nah, bila kita tak terbiasa mengucapkannya, tak ada salahnya melakukannya. Tentu saja, agar hubungan kita dengannya lebih harmonis.

Memberikan Sentuhan Fisik
Memberikan sentuhan fisik pun menjadi media untuk menunjukkan rasa kasih sayang. Misalnya, memeluk dengan penuh perasaan ataupun merangkul erat. Nah, agar sentuhan fisik yang kita berikan lebih berasa di hatinya, berikan sentuhan fisik juga pada saat momen yang tepat. Misalnya, memeluk kekasih ataupun merangkulnya setelah bertemu dengannya. Bila tak lama bertemu dengan kekasih ataupun istri, tak ada salahnya memegang tangan kekasih ataupun istri.

Tunjukkan Aksi yang Menunjukkan Rasa Peduli
Menampilkan aksi yang menunjukkan rasa peduli pun dapat kita lakukan untuk menunjukkan rasa kasih sayang. Nah, bila dibandingkan dengan mengucapkan hal yang menunjukkan rasa kasih sayang, menampilkan aksi yang menunjukkan rasa peduli kepadanya akan lebih berasa di hatinya. Misalnya, bila kekasih kita membutuhkan bantuan, berikan bantuan kepadanya. Contoh lainnya, bila kekasih kita membutuhkan payung saat hujan, kita berikan payung kepadanya.

Sisihkan Waktu Sebanyak Mungkin
Menyisihkan waktu sebanyak mungkin untuk bersama dengannya sebenarnya menjadi hal penting. Sebabnya, secara psikologis, semakin sering bersama akan lebih mempererat hubungan dengannya. Kita pun akan dapat lebih memberi perhatian kepadanya. Sebaliknya, bila hanya ada sedikit waktu untuk bersama dengannya, tak tertutup kemungkinan akan mengurangi keharmonisan hubungan. Nah, dengan demikian, bila kita terlalu sibuk dengan pekerjaan kita, menyisihkan waktu menjadi hal penting.

Demikian, 5 wujud memberikan rasa kasih sayang. Kesimpulannya, gagasan yang dikemukakan oleh Gary Chapman tersebut dapat menjadi alternatif untuk mempererat hubungan kita dengan orang yang cintai. Nah, ingin melakukan satu atau lebih gagasan tersebut?

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi:
1. Chapman, Gary. 1995. The Five Love Languange. London: Northfield Publishing
2. https://www.thespruce.com/five-love-languages-by-gary-chapman-2300513

Sumber Gambar:
1. http://i.huffpost.com/gen/1283675/thumbs/o-COUPLE-HOLDING-HANDS-facebook.jpg


Related Posts :