Rabu, 02 Agustus 2017

Agar Tulisan Konten Blog Lebih Menarik, Berikut Tips-Tips Menulis Kalimat Pembuka

Bila kita senang menulis di media blog, alangkah baiknya mencermati bagian kalimat pembuka. Sebabnya, kalimat pembuka menjadi salah satu bagian penting dalam tulisan. Bila kalimat pembuka begitu menarik, akan merangsang minat pembaca untuk menyimak tulisan. Terlebih, bila judul tulisan begitu menarik. Sebaliknya, bila kalimat pembuka kurang menarik, tak tertutup kemungkinan pembaca menjadi kurang berminat menyimaknya. Nah, untuk membantu membuat kalimat pembuka yang menarik, kita dapat menerapkan tips-tips berikut. Tips-tips tersebut dilansir dari tulisan berjudul How To Start An Article With A Killer Opening Line bersumber dari situs goodcontentcompany.com


Gambar 1. Contoh Bagian Kalimat Pembuka pada Tulisan

Menulis Kalimat yang Mengundang Rasa Ingin Tahu Pembaca
Secara psikologis, manusia memiliki rasa ingin tahu. Nah, hal ini dapat kita terapkan untuk membuat kalimat pembuka dalam tulisan. Nah, dengan menyajikan kalimat pembuka berupa kalimat tersebut, secara psikologis akan merangsang minat pembaca untuk segera menyimak tulisan. Berikut beberapa contoh kalimat pembuka berupa kalimat yang mengundang rasa ingin tahu pembaca.
  1. Ada lima hal positif yang dapat kita lakukan setelah bangun tidur(Di benak pembaca, muncul rasa ingin tahu mengenai lima hal tersebut di benak pembaca.
  2. Polisi temukan motif tak wajar dalam kasus pembunuhan tersebut (Di benak pembaca muncul rasa ingin tahu terkait motif tersebut)
  3. Bila kita senang menulis di media blog, alangkah baiknya mencermati bagian kalimat pembuka. (Di benak pembaca, terutama kalangan blogger, muncul rasa ingin tahu mengapa sangat penting mencermati bagian kalimat pembuka)
  4. Ada banyak manfaat jagung manis bagi kesehatan si kecil (Di benak pembaca, terlebih bagi para orang tua yang memiliki anak kecil, muncul rasa ingin terkait manfaat tersebut)
Membuat Kalimat Tanya yang Mengundang Rasa Penasaran Pembaca
Dengan membuat kalimat pembuka berupa kalimat tanya yang mengundang rasa penasaran pembaca, merangsang minat pembaca untuk segara menyimak tulisan. Selain itu, pembaca pun akan lebih terfokus ke inti tulisan yang kita sajikan. Sebagai informasi, membuat kalimat tanya menjadi salah satu cara yang biasa digunakan oleh penulis artikel profesional. Misalnya, penulis artikel koran ataupun artikel majalah. Berikut beberapa contoh kalimat pembuka yang kalimat tanya yang mengundang rasa penasaran pembaca.
  1. Dalam dunia kerja, mengapa soft skill sesungguhnya jauh lebih penting dibandingkan hard skill?
  2. Apa yang sesungguhnya menyebabkan perusahaan tersebut mendapatkan omzet hingga puluhan juta rupiah?
  3. Kapan sebaiknya kita meminum kopi?
Berikan Fakta Mengejutkan Ataupun Fakta Unik
Secara mendasar, manusia menyukai hal-hal unik ataupun hal-hal yang tak biasa. Nah, fakta menarik ataupun fakta unik dapat kita terapkan untuk membuat kalimat pembuka. Kita tulis kalimat pembuka berupa kalimat berisi fakta mengejutkan, agar pembaca lebih tertarik menyimak tulisan. Berikut contoh kalimat pembuka berupa kalimat yang berisi fakta tersebut.
  1. Di Siberia, serombongan angsa beramai-ramai bermigrasi ke Danau SvetloeSetiap musim semi (Angsa-angsa yang bermigrasi termasuk fakta unik)
  2. Bila ingin melihat hujan ikan yang benar-benar nyata, datanglah ke daerah Honduras saat pertengahan tahun. (Hujan ikan termasuk fakta unik)
Demikian, beberapa tips menulis kalimat pembuka dalam tulisan. Kesimpulannya, kalimat pembuka ibarat pintu masuk toko. Semakin menarik pintu masuk, maka secara psikologis akan merangsang pembeli untuk memasuki toko. Berdasarkan analogi tersebut, bagian kalimat pembuka tulisan menjadi hal yang tak dapat kita abaikan.Selamat menulis di media blog…

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi:
http://goodcontentcompany.com/start-article-killer-opening-line

Sumber Gambar:
Screenshot dari https://food.detik.com/read/2017/06/12/194633/3528368/297/restoran-ini-punya-tantangan-makan-fish-and-chips-dengan-ikan-hampir-1-kg?d991101284


Related Posts :