Minggu, 06 Agustus 2017

Ikan Black Ghost, Si Ikan Hias Yang Aktif Di Malam Hari

Jenis ikan hias yang sangat beragam jumlahnya tidak hanya memiliki variasi warna yang menarik tapi juga mempunyai nama yang unik. Salah satunya adalah ikan Black Ghost atau dipanggil dengan nama ikan Setan Hitam. Selain nama yang tergolong agak menyeramkan perlu diketahui juga bahwa ikan Black Ghost berpenampilan tampak bukan seperti ikan hias pada umumnya. Sebab bentuk fisiknya yang berukuran panjang dan terlihat lentur saat berenang hampir menyerupai belut. Untuk itu pada tulisan ini coba mengupas segala informasi yang terkait dengan ikan Black Ghost.

Ikan Black Ghost memiliki habitat asli di perairan tawar sungai Amazon di Amerika Selatan. Asal penamaan ikan yang bernama latin Apteronotus albifrons ini dengan melihat bentuk fisik dan warnanya yang hampir keseluruhan berwarna hitam. Dengan tubuh memanjang yang diselimuti warna hitam pekat sekilas tampilannya cukup menyeramkan saat dilihat pada malam hari. Apalagi bagian kepalanya yang berukuran cukup besar dengan posisi mata yang terlalu ke depan. Selain itu sirip ikan Black Ghost yang berada dekat insangnya berukuran lumayan besar dan ditambah terdapat sirip yang tumbuh di sepanjang bawah serta atas tubuhnya sampai menyentuh pangkal ekor. Warna tubuh ikan yang berkarakter pemalu ini tidak hanya hitam saja melainkan ada warna lain seperti putih yang terlihat di bagian pangkal dan ujung ekornya.

http://www.web.forumacvarist.ro/wp-content/uploads/2014/01/Apteronotus-Albifrons.jpg
Gambar: Ikan Black Ghost

Keunikan lain dari ikan Black Ghost adalah gaya berenangnya yang mampu bergerak mundur sambil menggerakkan sirip-siripnya. Kemampuan bergerak mundur ini tentunya sangat jarang dimiliki oleh ikan hias jenis lain. Selain itu, sirip ikan Black Ghost sewaktu berenang tampak seperti kain halus yang bergerak bergelombang. Apalagi saat berenang postur tubuhnya terbilang lentur yang mampu membentuk sudut hampir 90 derajat. Karenanya ikan yang berwarna hitam pekat ini pun juga diberi gelar sebagai ikan penari balet di air tawar. Hanya saja, ikan Black Ghost tergolong ikan nokturnal yang tidak begitu menyukai dengan cahaya dan warna terang seperti merah ataupun kuning. Sebab saat siang hari biasanya ikan ini akan menyembunyikan dirinya dibalik celah batu atau tumbuhan yang ada di akuarium.

Dalam memelihara ikan Black Ghost perlu diperhatikan terkait akuarium yang digunakan sebaiknya berukuran besar. Hal ini dikarenakan ukuran fisiknya yang mampu mencapai 50 cm. Diketahui pula bahwa sifat alami ikan ini tidak suka mengganggu ikan lain yang ada di dekatnya. Untuk itu ikan Black Ghost dapat dipelihara lebih dari satu ekor dalam akuarium yang berukuran besar dan bisa pula digabungkan dengan ikan lain yang memiliki karakter serupa. Terkait pakannya tergolong beragam mulai dari cacing merah, cacing sutera, dan pelet ikan. Selain itu yang terpenting dalam merawat ikan Black Ghost tidak perlu menyediakan lampu yang terlalu terang yang dapat menakutinya untuk berenang dari tempat persembunyiannya.

Nah, itulah info yang penting diketahui tentang ikan Black Ghost yang tergolong unik dan berbeda dari ikan hias jenis lainnya. Dengan membaca artikel ini dapat menambah pemahaman para pembaca sekalian terkait ragam ikan hias yang ada di dunia terutama ikan Black Ghost. Dan semoga artikel ini bisa menjadi daya tarik bagi para pembaca sekalian agar berkeinginan untuk memelihara ikan Black Ghost di rumah Anda. Terima kasih.

Oleh: Satria Dwi Saputro
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber Tulisan:
1. http://ikanhiasahmad.blogspot.co.id/2013/12/cara-merawat-ikan-blackghost.html
2. http://www.mediamaya.net/ikan-black-ghost/

Sumber Gambar:
http://www.web.forumacvarist.ro/wp-content/uploads/2014/01/Apteronotus-Albifrons.jpg


Related Posts :