Selasa, 08 Agustus 2017

Ikan Niasa, Si Ikan Hias Asal Benua Afrika

Jenis ikan hias yang berada di perairan tawar memang tergolong jauh lebih digemari dibandingkan yang ada hidup di air asin. Hal ini dikarenakan perawatannya yang terbilang mudah baik dari segi pergantian air, pemberian pakan, dan peralatan yang diperlukan dalam memeliharanya. Selain itu, jenis ikan hias air tawar pun jumlahnya jauh lebih banyak dibandingkan dengan ikan yang hidup di laut. Apalagi kebanyakan jenis ikan hias air tawar yang banyak dipelihara para pencintanya tidak semuanya berasal dari dalam negeri. Akan tetapi banyak juga jenis ikan hias tersebut berasal dari luar negeri seperti Benua Afrika. Salah satunya adalah ikan Niasa.

Ikan Niasa yang memiliki nama latin Pseudtropheus Auratus dikenal sebagai ikan yang menghuni perairan tawar danau Malawi di Benua Afrika. Dikatakan pula bahwa ikan Niasa juga mempunyai hubungan dengan ikan Nila yang populasi banyak terdapat di Indonesia. Hubungan tersebut lebih kepada adanya sedikit persamaan bentuk fisik yang cenderung agak pipih dan memanjang. Selain itu warnanya pun tampak cerah dan sama-sama tidak didominasi oleh warna hitam atau kecokelatan. Sehingga hal ini pulalah yang turut menjadi daya tarik tersendiri bagi para pencinta ikan hias yang memelihara ikan Niasa.

http://www.fishtanksandponds.co.uk/galleries/images/fish/cichlids/melano15.jpg
Gambar: Ikan Niasa

Ciri fisik ikan Niasa telah disinggung sekilas mempunyai postur tubuh memanjang dan agak pipih. Kepala ikan asal Afrika ini berukuran cukup besar dengan bentuk mata dan mulut yang agak besar. Pada bagian bawah tubuhnya terdapat sirip yang masing-masing terletak di dekat insang yang agak lebar dan satu lagi dekat perut belakangnya. Ada juga sirip pendek yang tampak membentang di sepanjang bagian atas tubuhnya sampai mendekati pangkal ekor. Begitu pula dengan ekornya yang berukuran sedang dan tampak besar. Warna yang menghiasi tubuh ikan Niasa lazimnya terdiri dari hitam, putih, abu-abu, dan kuning. Warna tersebut tersusun rapi secara horizontal mulai dari pangkal kepala sampai ujung ekornya. Warna hitam tampak mendominasi di bagian atas tubuhnya mulai dari sirip, pangkal sirip, dan badannya. Adapun warna kuning juga tampak menutupi sebagian besar tubuh ikan Niasa mulai dari badan atas sampai dengan perutnya.

Bila ingin memelihara ikan Niasa tidak perlu terlalu kerepotan dalam menempatkan dalam akuarium. Sebab yang perlu dipersiapkan sebelum memelihara ikan Niasa adalah akuarium yang disesuaikan dengan jumlah ikan yang hendak dipelihara. Selain itu, perlu juga menyiapkan aerator, alat filtrasi agar air dalam kondisi bersih, dan hiasan berupa batu kecil ataupun tumbuhan air. Yang hanya perlu diperhatikan terkait sikapnya cenderung agresif dan mudah menyerang ikan lain maka sebaiknya memang tidak menyatukannya dengan ikan sejenis pejantan dan jenis ikan lainnya. Selain itu, pakan ikan Niasa cenderung beragam mulai dari cacing tanah, cacing beku, dan pelet.

Keunikan yang ada pada ikan Niasa tidak hanya soal warna tubuhnya yang tampak cerah dan bervariasi tapi juga kemampuannya dalam mengerami telurnya. Ikan Niasa betina saat memasuki masa bertelur akan meletakkan telurnya ke dalam telur untuk dierami sekitar tiga sampai empat minggu. Setelah anakan ikan yang ada dalam mulut tadi sudah mulai menetas maka sang induk akan memuntahkan tumpukan anakan yang ada di mulutnya. Hanya saja dalam pembudidayaannya terkadang tidak lagi menunggu ikan Niasa betina memuntahkan anak-anaknya tapi sudah memberikan penekanan dengan menekan bagian mulutnya agar anakan bisa keluar dalam waktu sekitar dua minggu.

Nah, begitulah uraian tentang ikan Niasa yang dikenal memiliki tampilan fisik yang kaya dengan warna dan corak yang belum tentu ada pada ikan lainnya. Untuk itu, bila Anda tertarik dengan ikan Niasa maka tak ada salahnya memeliharanya dalam akuarium agar tampilan rumah semakin enak diperhatikan. Okey.

Oleh: Satria Dwi Saputro
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber Gambar:
1. http://pet-lovers.id/mengenal-ikan-niasa/
2. http://www.alamikan.com/2014/10/cara-budidaya-pembenihan-ikan-niasa.html

Sumber Gambar:
http://www.fishtanksandponds.co.uk/galleries/images/fish/cichlids/melano15.jpg


Related Posts :