Kamis, 17 Agustus 2017

Mengenal Ikan Neon Tetra Sebagai Ikan Hias yang Populer

Jenis ikan Tetra memang dikenal sebagai ikan bertubuh kecil yang cukup banyak digemari orang-orang dari berbagai negara termasuk Indonesia. Ikan kecil yang berasal dari perairan sungai Amazon ini memiliki warna tubuh yang indah dengan terdiri dari dua sampai tiga warna di tiap jenisnya. Selain itu, jenis ikan Tetra yang dipelihara orang-orang sudah mencapai lebih dari 10 jenis yang kesemuanya mempunyai tampilan menarik. Dan salah satunya adalah ikan Neon Tetra.

Ikan Neon Tetra tergolong sebagai ikan air tawar yang hidup di beberapa negara di kawasan Amerika Latin seperti Brazil, Kolombia, dan Peru. Di habitat aslinya ikan mungil ini biasanya menghuni perairan tawar dengan suhu sedang sekitar 20 sampai 26 derajat celcius. Selain itu, ikan Neon Tetra tipikal pemalu dan suka bergerak secara bergerombol dalam jumlah besar. Tujuannya tak lain untuk saling melindungi dari serangan predator yang banyak terdapat di habitat aslinya. Selain itu, memudahkan ikan Neon Tetra dalam mencari berbagai jenis makanan yang ada di sungai.


Gambar I: Ikan Neon Tetra dari dekat

Ciri ikan Neon Tetra yang paling bisa dikenali adalah ukuran fisiknya yang cukup kecil hanya sekitar 3 cm saja. Tampilan fisiknya tergolong sederhana dibandingkan dengan ikan hias yang bertubuh kecil lainnya. Ikan Neon Tetra memiliki bentuk tubuh yang memanjang dengan sirip kecil di bagian atas dan bawah tubuhnya. Bentuk sirip ikan ini tampak meruncing di bagian ujungnya dan tidak terlalu lebar pada bagian atas tubuhnya. Sedangkan sirip di posisi bawah tubuhnya sedikit agak lebar hingga hampir mencapai pangkal ekornya. Warna ikan Neon Tetra tampak terang dan cerah yang terdiri dari tiga jenis warna. Ketiga warna tersebut adalah putih, biru laut, dan merah. Warna merah ada di bagian pertengahan bawah tubuhnya mulai dari perut sampai dengan ekornya. Warna putih tampak di hampir seluruh tubuhnya mulai dari kepala, perut, dan ekor. Lalu warna biru laut berbentuk garis luruh secara horizontal mulai dari atas mata sampai ke pangkal ekor bagian atas.

Warna terang yang menutupi tubuh ikan Neon Tetra akan semakin cantik terlihat saat berenang bersamaan dalam jumlah besar dan terkena pantulan cahaya lampu di akuarium. Untuk itu perlu memasangi akuarium yang ditinggali oleh ikan Neon Tetra dengan lampu yang berwarna agak sedikit gelap dan disorotkan langsung ke dalam airnya. Bila hendak memelihara ikan Neon Tetra sangat disarankan dalam jumlah besar yang minimalnya sekitar 10 ekor. Hal ini dimaksudkan supaya ikan mungil ini nyaman berada di akuarium bersama dengan kawanannya yang sejenis.

https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/c/c0/Paracheirodon_innesi_group.jpg
Gambar II: Ikan Neon Tetra yang dipelihara dalam jumlah besar

Ikan yang bernama latin Paracheirodon innesi ini adalah tipikal ikan yang tidak suka mengganggu ikan lainnya. Untuk itu ada baiknya agar jangan menyatukannya dengan ikan jenis lain yang agresif dan suka memangsa ikan lain yang ukurannya lebih kecil darinya. Selain itu, akuarium yang dijadikan habitat hidup buatan bagi ikan Neon Tetra tidak hanya dilengkapi dengan aerator, penyaring air, pipa airline, dan termometer saja. Tapi perlu juga mendekorasi ruangan akuarium dengan menambahkan tumbuhan hidup, rumah-rumahan, dan batu kerikil. Tujuannya agar ikan Neon Tetra merasa nyaman dan tidak mudah depresi saat berada di akuarium.

Adapun harga yang dibandrol untuk tiap ekor ikan Neon Tetra tidaklah mahal hanya sekitar 1000 sampai 1500 pada tiap ekornya. Yang penting untuk disimak dalam memelihara ikan Neon Tetra adalah menjaga kualitas airnya agar tetap bersih dengan menyediakan alat penyaring dan rutin menggantinya setidaknya dua minggu sekali. Sebab ikan Neon Tetra termasuk jenis ikan yang mudah stres saat berada di air yang kurang bersih. Okey.

Oleh: Satria Dwi Saputro
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber Tulisan:
1. http://ikan-tetra.blogspot.co.id/p/neon-tetra.html
2. http://www.aquascapeindo.com/5-jenis-ikan-tetra-paling-populer.html
3. http://infosiana.net/ikan-neon-tetra-termahal/

Sumber Gambar:
1. https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/7/7a/Paracheirodon_innesi_%28aka%29.jpg
2. https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/c/c0/Paracheirodon_innesi_group.jpg


Related Posts :