Jumat, 04 Agustus 2017

Mengenal Ikan Sepat Sebagai Ikan Hias Peliharaan

Jenis ikan Sepat umumnya dikenal sebagai ikan air tawar yang sering dicari masyarakat untuk dikonsumsi. Hal ini dikarenakan rasa dagingnya yang enak dan mengandung banyak protein. Tapi seiring berkembangnya zaman ternyata ikan Sepat tidak hanya dijadikan santapan sebagai lauk makan saja. Melainkan sudah banyak pula yang coba membudidayakan ikan Sepat untuk dipelihara dalam akuarium. Sebab banyak dari jenis ikan Sepat ternyata memiliki tampilan fisik yang tak kalah menarik dibandingkan dengan jenis ikan hias lainnya. Untuk itu pada tulisan ini coba mengupas lebih dalam lagi terkait ikan Sepat yang mulai dikenal banyak orang sebagai ikan hias.

Tampilan ikan Sepat tampak hampir mirip dengan ikan Gurami yang memiliki badan berbentuk pipih. Hanya saja ikan Sepat memiliki ukuran yang jauh lebih kecil dibandingkan ikan Gurami yang dapat mencapai hampir setengah meter. Panjang tubuh ikan Sepat hanya sekitar 12 cm dengan memiliki ukuran sirip yang lumayan panjang juga. Pada bagian bawah insangnya terdapat dua sirip yang tampak seperti benang menjuntai dengan ukuran hampir separuh tubuhnya. Di sepanjang tubuh bagian bawah sampai ke pangkal ekornya terdapat sirip yang membentang. Dan di bagian atas tubuhnya terdapat sirip yang tidak terlalu lebar tapi memiliki ukuran yang lumayan panjang. Warna yang ada di tubuh ikan Sepat terbilang beragam mulai dari putih, hitam, kuning, dan merah. Tapi untuk semua jenis ikan bertubuh pipih ini terdapat bintik-bintik tebal berwarna hitam membentuk pola horizontal mulai dari belakang mata sampai ke pangkal ekornya.

https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/4/47/Trichogaster_Leeri.jpg
Gambar: Ikan Sepat Mutiara

Bila dilihat sekilas tentang penampilan ikan Sepat yang memiliki paduan warna merah, kuning, dan hijau terlihat mirip seperti ikan Louhan. Hanya saja pola garis hitam yang ada di tubuh ikan Sepat tidak membentuk huruf apapun seperti pada ikan Louhan yang terlihat mirip aksara mandarin. Selain itu, ikan Sepat yang dijadikan ikan hias ini populasinya banyak ditemukan di perairan dangkal seperti rawa-rawa,danau, dan aliran sungai yang ada bebatuannya. Asal ikan ini pun tidak hanya ada di Indonesia tapi juga telah banyak dibudidayakan di negara Malaysia dan Thailand.

Dalam memelihara ikan Sepat tidak perlu was-was saat menggabungkannya dengan ikan hias jenis lain dalam satu akuarium. Yang penting bahwa jenis ikan yang disatukan dengan ikan Sepat mestilah memiliki sifat yang tidak agresif dan bukan tipikal ikan predator. Selain itu, akuarium yang digunakan pun bisa berukuran sedang atau agak besar dan dilengkapi dengan berbagai peralatan standar dalam memelihara ikan. Peralatan yang digunakan tentunya harus ada penyaring air, penghasil udara buatan, lampu, tumbuhan air, dan bebatuan kecil. Sedangkan pakan yang bisa diberikan kepada ikan Sepat tergolong beragam mulai dari pelet, cacing merah beku, dan udang kecil.

Adapun bagi Anda yang tertarik untuk memelihara ikan Sepat di dalam rumah tidak perlu khawatir mencarinya. Sebab sudah banyak para pembudidaya yang coba mengembangbiakkan ikan Sepat khusus dipelihara sebagai ikan hias. Selain itu harganya pun tergolong terjangkau yakni hanya sekitar 10 ribuan saja per ekornya. Nah, tertarikkah Anda untuk memelihara ikan Sepat?

Oleh: Satria Dwi Saputro
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber Tulisan:
1. http://www.infoikan.com/2016/09/jenis-dan-harga-ikan-sepat-hias-serta.html
2. https://id.wikipedia.org/wiki/Sepat_mutiara

Sumber Gambar:
https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/4/47/Trichogaster_Leeri.jpg


Related Posts :