Senin, 07 Agustus 2017

Mengenal Keanggunan Ikan Rainbow

Berbicara tentang jenis ikan hias yang hidup di air tawar tentunya jumlah sangat banyak sekali. Masing-masing dari jenis ikan tersebut memiliki keunikannya tersendiri baik dari nama maupun ciri fisiknya. Salah satunya bisa dilihat pada ikan Rainbow yang sudah cukup lama dikenal sebagai ikan hias yang mulai banyak dipelihara orang-orang. Keunikan yang dimiliki ikan Rainbow tampak dari namanya yang bila diartikan ke dalam bahasa Indonesia menjadi pelangi. Nama yang familiar tersebut bisa dilihat pula pada tampilan fisiknya yang memang terdiri dari beberapa corak warna sehingga tampak seperti warna pelangi.

Ikan Rainbow merupakan jenis ikan hias yang memiliki daerah penyebaran hanya terdapat di tiga negara yakni Indonesia, Papua Nugini, dan Australia. Di Indonesia, habitat ikan Rainbow hanya berada di kawasan timur meliputi daerah Sulawesi dan Papua. Selain itu, untuk menjumpai ikan Rainbow yang ada di alam liar bisa dengan mendatangi perairan tawar mulai dari dataran rendah sampai area pegunungan seperti rawa, sungai, dan danau. Saat berada di habitatnya biasanya ikan Rainbow akan bergerak dalam kelompok yang berjumlah lumayan besar. Tujuannya agar sulit diincar oleh ikan predator dan memudahkan kawanan ikan Rainbow untuk mencari makanan yang ada di perairan tawar.

http://blog.aquariuminfo.org/wp-content/uploads/2015/04/rainbowfish.jpg
Gambar: Ikan Rainbow

Adapun ciri fisik ikan Rainbow yang paling mudah kenali adalah warna di tubuhnya yang terang dan cerah. Apalagi untuk tiap jenis ikan Rainbow kadang ada yang memiliki lebih dari dua corak warna. Selain itu warna yang menutupi seluruh tubuh ikan dari wilayah timur Indonesia ini terbilang beragam mulai dari biru, kuning tua, merah, dan putih. Warna cerah dan terang tersebut tidak hanya ada di bagian sisik ikan Rainbow yang berukuran agak besar saja. Tapi juga menghiasi semua sirip di bagian atas dan bawah sampai ke ekornya. Secara umum ukuran ikan Rainbow tergolong sedang yang sekitar 15 cm saja. Bentuk tubuhnya agak unik atau berbeda dibandingkan jenis ikan hias lainnya. Pada bagian kepalanya berukuran cukup kecil dan memanjang dengan memiliki mata yang besar. Bagian atas dan bawah tubuhnya tampak memanjang secara vertikal. Sirip ikan Rainbow berukuran pendek dan terdapat di sepanjang tubuh atas dan bawahnya.

Bila melihat tampilan ikan Rainbow tampak sekilas mirip seperti ikan bawal yang memiliki bentuk badan pipih. Begitu pula dengan jenisnya yang ternyata berjumlah cukup banyak dan kesemuanya telah dijadikan ikan hias untuk dipelihara. Diketahui bahwa jenis ikan Rainbow yang paling terkenal umumnya berjumlah enam jenis mulai dari Rainbow Ballon, Rainbow Merah, Rainbow Bosemani, Rainbow Lacutris, Rainbow Makuloci, dan Rainbow Praecox. Masing-masing jenis ikan Rainbow tidak memiliki perbedaan yang terlalu mencolok dari sisi bentuk tubuhnya. Perbedaan yang paling kentara hanya tampak di bagian corak warna tubuhnya saja. Sebab pada tiap jenisnya memiliki corak dan susunan warna yang berbeda atau tidak sama tapi tetap cerah dan terang.

Dalam memelihara ikan Rainbow secara umum perlu menyiapkan peralatan standar yang perlu ada dalam akuarium. Peralatan tersebut seperti aerator, penyaring air, lampu, bebatuan kecil, dan rumput air. Dengan melihat corak warna ikan Rainbow yang sangat cerah memang ada baiknya pemandangan yang ditempelkan pada bagian belakang akuarium dipasangi yang warnanya agak gelap dan terang. Selain itu, lampu yang menerangi akuarium pun diusahakan jangan terlalu cerah seperti kuning muda ataupun putih. Tapi bisa menggantinya dengan warna merah ataupun biru gelap. Tujuannya agar warna cerah dan terang yang ada di tubuh ikan Rainbow tetap terlihat anggun saat ikan ini berenang dalam akuarium. Okey.

Oleh: Satria Dwi Saputro
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber Tulisan:
1. http://www.infoikan.com/2016/08/ini-dia-jenis-jenis-ikan-rainbow-tebaik.html
2. https://ferboes.com/2014/08/20/asal-dan-penyebaran-ikan-rainbow/

Sumber Gambar:
http://blog.aquariuminfo.org/wp-content/uploads/2015/04/rainbowfish.jpg


Related Posts :