Senin, 14 Agustus 2017

Mengenal Lebih Dekat Ikan Paradise

Bila ditanyakan tentang ikan Paradise mungkin masih sedikit dari para pembaca sekalian yang pernah melihat atau memeliharanya di rumah. Ya, hal ini dirasa wajar sebab keberadaan ikan Paradise di Indonesia memang masih belum sebanyak jenis ikan hias lainnya seperti Arwana, Guppy, dan Koi. Akan tetapi corak warna dan bentuk fisik ikan Paradise ternyata tidak kalah cantik dan anggun dibandingkan dengan lainnya. Kecantikan ikan Paradise tampak dari warna yang ada di tubuhnya terdiri beberapa warna cerah. Untuk itu pada artikel ini coba mengupas lebih banyak lagi tentang ikan Paradise agar semakin dikenal oleh para pembaca sekalian.

Ikan Paradise yang bernama latin Macropodus Opercularis merupakan jenis ikan hias air tawar yang asalnya dari negara-negara di Asia Timur seperti Tiongkok, Korea Selatan, dan Taiwan. Di negara asalnya, ikan Paradise cukup digemari dengan banyaknya yang memperdagangkannya untuk dipelihara sebagai ikan hias dalam akuarium. Selain itu, di berbagai negara termasuk Indonesia keberadaan ikan Paradise juga mulai ada dengan adanya yang memperdagangkan dan membudidayakannya. Hanya saja, orang-orang yang memelihara ikan ini memang masih terbilang sedikit dan kalah pamor dibandingkan ikan hias air tawar lainnya.

https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/5/5c/DV_Paradise_fish_male_05.jpg
Gambar: Penampilan Ikan Paradise

Untuk ciri-cirinya dikatakan bahwa ikan Paradise memiliki penampilan yang menarik dari corak warna dan bentuk fisiknya. Dikatakan bahwa bentuk tubuh fisik ikan Paradise mirip seperti ikan Gurami atau Nilai yang berbentuk pipih dengan panjang hanya sekitar 8 cm saja. Warna yang menutupi tubuhnya terbilang beragam mulai dari kuning tua, biru, merah, hitam, dan putih. Deretan warna yang menyelimuti tubuhnya dibentuk secara vertikal dengan corak loreng. Sirip ikan Paradise tampak di sepanjang tubuh bagian atas dan bawah sampai ke pangkal ekornya. Sirip tersebut tampak memanjang di bagian ujungnya yang tampak bergelombang saat berenang. Corak pada siripnya tampak ada bintik-bintik dan garis yang warnanya sama seperti di tubuhnya. Adapun yang unik dari ikan Paradise ini adalah bentuk ekornya yang tampak seperti bulan sabit. Pada bagian ujung ekornya yang berbentuk sabit dapat berukuran cukup panjang dan bergerak bergelombang saat ikan ini berenang.

Berbicara tentang karakternya bahwa ikan Paradise dikenal cukup agresif dan lincah saat berada di akuarium. Sikap agresifnya ini membuat ikan asal negeri Tiongkok ini pun tidak cocok di tempatkan pada akuarium yang berukuran kecil. Selain itu saat memelihara sebaiknya jangan menyatukannya dengan jenis ikan hias lain yang memiliki perangai serupa. Tujuannya agar ikan Paradise tidak sampai berkelahi untuk memperebutkan akuarium yang menjadi wilayahnya. Dan juga, dalam memelihara ikan yang dikenal sebagai predator ini dapat mencampurnya dengan ikan sejenis yang ukurannya sama.

Di habitat aslinya ikan Paradise dikenal sebagai ikan pemakan daging dan kadang juga suka memangsa ikan yang ukurannya lebih kecil darinya. Untuk itu jenis pakan yang bisa diberikan kepada ikan yang ekornya mirip ikan Cupang ini adalah cacing, ikan kecil, dan pelet. Dalam memelihara ikan Paradise perlu juga menyiapkan peralatan standar yang berguna untuk menjaga air agar tetap bersih dan mengatur kadar oksigennya. Bisa pula menambahkan pernak-pernik lainnya seperti bebatuan kecil dan tumbuhan air.

Nah, itulah ulasan tentang ikan Paradise yang memang memiliki tampilan yang cantik dan menarik. Dengan membaca artikel ini kiranya dapat membuat para pembaca sekalian sudah semakin mengenalnya dan tertarik untuk memelihara. Karenanya, bagi para pembaca sekalian yang tertarik memelihara ikan Paradise bisa mencarinya di pedagang ikan hias yang ada di kota Anda. Okey.

Oleh: Satria Dwi Saputro
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber Tulisan:
1. http://www.iftfishing.com/blog/mancing/fishypedia/paradise-fish/
2. http://www.faunadanflora.com/cara-budidaya-ikan-paradise-paradisefish/

Sumber Gambar:
https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/5/5c/DV_Paradise_fish_male_05.jpg


Related Posts :