Senin, 04 September 2017

Ikan Komet, Si Ikan Hias Air Tawar yang Populer

Sudah terbit di: https://steemit.com/ikanhias/@puncakbukit/ikan-komet-si-ikan-hias-air-tawar-yang-populer

Berbicara tentang ikan Komet mungkin hampir semua para pencinta ikan hias sudah mengenalnya dan bahkan memeliharanya. Hal ini tak terlepas dari ciri fisik ikan Komet yang terkenal cantik dengan variasi warna yang membungkus tubuhnya. Selain itu, ikan Komet tidak hanya terdiri dari satu jenis tapi telah terdapat sekitar 11 jenis yang kesemuanya digemari orang-orang. Adapun para peminat ikan Komet juga berasal dari berbagai negara termasuk Indonesia. Untuk itu pada artikel ini sengaja mengulas tentang ikan Komet agar semakin dikenal luas bagi yang belum mengetahuinya.

Ikan Komet memiliki ukuran fisik mirip seperti ikan Koki yang sama-sama kecil dengan panjang hanya 8 cm saja. Bentuk tubuh ikan Komet di hampir semua jenisnya memiliki tubuh memanjang dan agak gemuk di bagian perutnya. Warna yang menutupi tubuh ikan Komet tergolong beragam yang disesuaikan dengan jenisnya seperti merah, putih, kuning, abu-abu, bintik-bintik hitam, dan biru muda. Masing-masing jenis ikan Komet diselimuti lebih dari satu warna yang cerah dan tampak bersinar mirip seperti ikan Mas Koki dan Koi. Pada bagian atas tubuhnya terdapat sirip yang tumbuh sampai ke arah pangkal ekornya. Di bagian bawah tubuhnya juga terdapat beberapa sirip yakni dua sirip kecil di dekat insang, dua sirip yang agak besar di bawah perut, dan dua sirip lagi di dekat pangkal ekornya. Yang menjadi keunikan pada ikan Komet ini adalah bentuk ekornya yang dapat tumbuh memanjang dan akan bergerak bergelombang saat berenang. Selain itu, ekor ikan Komet tampak seperti bumerang mirip senjata tradisional suku Aborigin di Australia.


Gambar: Ikan Komet

Adapun jenis ikan Komet yang terkenal mempunyai nama yang disesuaikan dengan warna tubuhnya seperti ikan Komet Tanch, Merah Slayer, Merah, Black Komet, Komet Sarasa, Komet Yellow, dan masih banyak lagi. Selain itu, menurut sejarahnya bahwa ikan Komet bukanlah ikan asli yang hidup di perairan tawar kita tapi berasal dari Asia Timur yang masuk sekitar tahun 90-an. Dan dalam perkembangannya ikan Komet sudah mulai banyak yang membudidayakannya untuk di perdagangkan di pasar ikan hias dengan harga yang lumayan terjangkau.

Dalam pemeliharaannya diketahui bahwa ikan Komet tergolong tidak suka mengganggu ikan lain dan mampu bersahabat dengan sesama jenisnya. Karenanya, orang-orang yang memelihara ikan Komet kadang memelihara sampai lebih dari 5 ekor yang ditaruh dalam satu wadah. Tempat yang bisa dipakai untuk memelihara ikan Komet pun terbilang beragam mulai dari akuarium yang berukuran sedang ataupun besar dan kolam kecil. Yang terpenting dalam memelihara ikan Komet perlu diperhatikan terkait kebersihan airnya yang harus rutin diganti setidaknya sebulan sekali. Pemberian pakannya pun cukup sederhana hanya perlu menyediakan pelet yang ditabur 3 kali sehari ke dalam akuarium ataupun kolam. Adapun harga tiap ekor ikan Komet disesuaikan dengan jenis dan ciri fisiknya yang kadang dibandrol mulai dari 5 ribu sampai 30 ribu-an.

Nah, itulah ulasan terkait ikan Komet yang memiliki corak warna menarik dan bentuk fisik yang indah. Dengan membaca artikel ini sampai tuntas mungkin bisa membuat Anda mulai tertarik dengan ikan Komet dan berkeinginan untuk memeliharanya. Apalagi jenis ikan Komet tergolong mudah didapatkan dan hampir semua para pedagang ikan hias selalu menjualnya. Okey.

Oleh: Satria Dwi Saputro
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber Tulisan:
1. http://www.infoikan.com/2016/10/ikan-komet-cara-memelihara-dan.html
2. http://infosiana.net/ikan-mas-komet/

Sumber Gambar:
https://cdn.pixabay.com/photo/2012/01/06/01/22/veiltail-11458_960_720.jpg


Related Posts :