Jumat, 29 September 2017

Ikan Redfin, Jenis Ikan Hias Pemalu dan Agresif yang Populer

Sudah terbit di: https://steemit.com/ikanhias/@puncakbukit/ikan-redfin-jenis-ikan-hias-pemalu-dan-agresif-yang-populer

Berbicara tentang ikan hias air tawar mungkin tidak selalu menyinggung terkait ciri fisik dan penyebutan namanya yang beragam. Sebab perilaku ikan hias pun cukup menjadi perhatian bagi para penghobies untuk menentukan pilihan dalam memilihnya untuk mengisi akuarium di rumah. Selain itu, perilaku ikan hias air tawar cenderung berbeda-beda di tiap jenisnya mulai tenang, sedikit pemalu, dan bahkan agresif. Masing-masing dari tipikal jenis perilaku ikan hias tersebut dapat mencerminkan tingkat kesulitan dalam perawatan. Salah satunya dapat dilihat pada ikan Redfin yang dikenal memiliki perilaku yang agak pemalu tapi juga terkenal lumayan agresif.

Ikan Redfin yang dikenal sebagai ikan air tawar memiliki perilaku atau sifat yang sedikit aneh dibandingkan jenis ikan lainnya. Perilaku ikan yang menghuni perairan di kawasan sungai Mekong ini diketahui memiliki dua sifat yang saling bertolak belakang. Kedua perilaku tersebut diantaranya adalah dikenal pemalu dan cukup agresif saat satu akuarium dengan ikan jenis lain. Dikatakan pemalu sebab ikan Redfin menyukai menghabiskan waktunya sepanjang siang hari bersembunyi dibalik bebatuan atau gua buatan yang ada di akuarium. Ikan ini hanya akan aktif mencari makanannya pada waktu malam hari dengan berenang ke berbagai arah.

File:Fransenlipper.JPG
Gambar: Ikan Redfin

Selain itu, perilakunya yang lain dikenal pula sebagai ikan yang cukup mudah marah atau agresif terhadap ikan lain yang ada di dekatnya. Perilaku agresif ini muncul kepada ikan lain yang secara ukuran jauh lebih kecil darinya dan memiliki perangai yang serupa. Selain itu, saat ikan Redfin mengejar ikan berukuran kecil akan dilakukannya secara terus menerus sampai ikan tersebut mati. Untuk itu sebaiknya ikan Redfin yang dipelihara dapat dimasukkan dalam akuarium dapat disatukan dengan ikan yang secara ukuran tak kalah jauh berbeda dan sifatnya agak tenang serta bersahabat.

Ciri fisik ikan yang bernama latin Epalzeorhynchos frenatum memiliki ukuran tubuh yang tergolong sedang dengan panjang sekitar 12 cm. Bentuk tubuhnya tampak memanjang dengan bagian badan yang terlihat lebih besar. Badan ikan Redfin umumnya hanya ditutupi oleh satu warna saja yang disesuaikan dengan jenisnya. Satu warna tersebut diantaranya adalah warna krim albino, biru kehitaman, kuning emas yang agak kecokelatan. Warna yang tampak di bagian sirip dan ekornya hanya warna merah cerah. Sirip ikan Redfin di bagian atas tubuhnya tampak meninggi di sisi depannya dan semakin menurun saat ke arah bawah yang mirip dengan sirip ikan hiu. Selain itu, pada bagian bawah perutnya terdapat dua sirip yang berukuran sedang dan satu sirip di dekat arah ekornya.

Keberadaan ikan Redfin tidak hanya terdapat di sekitaran sungai Mekong tapi juga ada di perairan tawar Chao Phraya, Maeklong, dan Xe Bangfai yang ada di beberapa negara Indochina. Sebutan untuknya pun juga cukup beragam mulai dari Hiu Rybu, Hiu Sirip Merah, Hiu Merah Sejati, Hiau Whitefin, dan Pelati Sharkminnow. Makanannya cukup beragam mulai dari alga atau tanaman air, zooplankton, cacing merah, cacing tanah, dan serangga air. Kebiasaan ikan Redfin yang biasanya sangat suka sekali membersihkan bagian kaca samping dan bawah akuarium. Sifatnya ini pun tampak mirip dengan ikan Sapu-sapu yang juga memiliki kebiasaan serupa. Tapi bedanya, ikan Redfin tergolong aktif berenang ke segala arah mulai dari dasar, tengah, dan atas akuarium.

Yup, itulah ulasan tentang ikan Redfin yang dikenal memiliki sifat yang agak pemalu dan agresif dengan ikan lain yang satu akuarium dengan nya. Untuk itu setelah membaca artikel ini mungkin bisa menimbulkan ketertarikan Anda dan berniat ingin memeliharanya. Maka tak ada salahnya mencari di toko-toko yang menjual ikan hias yang ada di sekitar kota Anda. Okey.

Oleh: Satria Dwi Saputro
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber Tulisan:
1. http://www.majalahikan.com/2017/03/sifat-ikan-redfin-yang-sesungguhnya.html
2. http://pet-lovers.id/mengenal-ikan-redfin-shark/

Sumber Gambar:
https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Fransenlipper.JPG


Related Posts :