Kamis, 14 September 2017

Mengenal Keanggunan Ikan Mandarin

Sudah terbit di: https://steemit.com/ikanhias/@puncakbukit/mengenal-keanggunan-ikan-mandarin

Keindahan warna yang ada pada jenis ikan hias asal air asin memang tidak perlu diragukan lagi. Sebab hampir setiap jenisnya memiliki lebih dari satu variasi warna yang menutupi tubuhnya. Selain itu, bentuknya pun cukup beragam dan menambah kesan eksotis pada jenis ikan air asin. Sehingga tak khayal banyak orang dari seluruh dunia termasuk Indonesia yang tertarik memeliharanya dalam akuarium. Hal ini pun dilihat dengan mulai bermunculannya para pembudidaya ikan hias yang tidak hanya dari air tawar tapi juga merambah ke sektor perairan air asin. Dan salah satu jenis ikan air asin yang cukup digandrungi orang-orang dan mulai dibudidaya adalah ikan Mandarin.

Ikan Mandarin adalah jenis ikan air asin yang postur tubuhnya tergolong cukup kecil dengan panjang hanya sekitar 6 cm saja. Kehidupan ikan Mandarin di laut biasanya menghuni area terumbu karang yang masih bagus dan letaknya tidak jauh dari pantai atau kedalamannya hanya sekitar 20 sampai 30 meter dari permukaan air. Selain itu persebarannya terdapat di berbagai negara di dunia seperti Tiongkok, Malaysia, Jepang, Papua Nugini, Australia, dan Filipina. Adapun keberadaan ikan Mandarin di perairan laut kita terbilang cukup luas mulai dari Bali sampai di Sulawesi Tenggara.


Gambar: Ikan Mandarin

Keunikan ikan yang bertubuh mungil tampak dari bentuk dan warna di tubuhnya. Bentuk ikan Mandarin sedikit berbeda dengan ikan penghuni terumbu karang lainnya. Ciri ikan Mandarin memiliki kepala yang ukurannya sedikit lebih besar dibandingkan badannya. Mulutnya tampak agak kecil yang letaknya hampir sejajar dengan tenggorokannya. Selain itu mata ikan Mandarin berukuran cukup besar yang letaknya sedikit menonjol ke atas dengan bentuk yang agak oval. Dua sirip depannya berukuran besar dengan bentuk mirip kipas yang lagi dibentangkan. Pada bagian atas tubuhnya terdapat satu sirip yang tumbuh sampai ke arah batas pangkal ekornya. Ekornya pun berukuran tidak terlalu panjang dengan bentuk mirip seperti dua sirip depannya.

Warna ikan Mandarin juga tampak tidak sama dengan ikan jenis lainnya yang hidup di terumbu karang. Tubuhnya diselimuti oleh berbagai variasi warna mulai dari biru, jingga, kuning, orange, merah, dan hitam. Warna-warna tersebut membentuk pola mirip batik dengan garis tebal secara horizontal membentang di badannya. Dengan warnanya yang cerah dan bervariasi ini membuat tampilan ikan Mandarin tampak anggun saat berenang di antara bebatuan karang. Selain itu, tubuh ikan Mandarin tidak terdapat satu sisik yang melindunginya tapi dibalut dengan lendir yang menimbulkan aroma yang menyengat. Lendir yang ada di tubuhnya berfungsi sebagai alat pertahanan dari serangan predator yang banyak terdapat di perairan dangkal terumbu karang.

Dengan bentuk fisik yang memang berbeda dari ikan hias air asin lainnya membuat tampilannya sekilas mirip amfibi. Saat pagi sampai sore hari kadang ikan Mandarin bergerak dengan kawanannya dalam jumlah kecil untuk mencari makanan. Biasanya ikan ini menyantap hewan yang lebih kecil darinya seperti krustacea kecil. Gerakannya pun saat berenang di antara terumbu karang tergolong sangat lambat termasuk saat memburu makanannya. Selain itu, ikan Mandarin lebih suka berenang di balik celah terumbu karang dan pasir bawah laut. Tujuannya agar tetap bisa bersembunyi dari ikan predator dengan menyamarkan warna tubuhnya dengan terumbu karang.

Ikan yang bernama latin Synchiropus Splendidus tergolong salah satu jenis ikan yang cukup digandrungi orang-orang untuk dipelihara. Dengan warna fisiknya yang indah dan bergerak lambat saat berenang ternyata menimbulkan ketertarikan tersendiri bagi para pencinta ikan. Tapi persoalannya adalah ikan Mandarin cukup sulit menyesuaikan dirinya dengan kondisi lingkungan dalam akuarium. Selain itu, makanan pabrikan atau olahan yang biasanya diberikan kepada ikan hias air asin lainnya kadang tidak mau dimakan ikan Mandarin. Untuk itu bila tetap ingin memelihara ikan Mandarin pastikan terlebih bahwa Anda memang sudah mahir dalam merawat ikan air asin. Sebab bila Anda terbilang baru dan bahkan belum pernah sebelumnya memelihara ikan air asin maka ditakutkan nantinya ikan Mandarin yang dipelihara akan mengalami stres dan berujung pada kematian. Okey.

Oleh: Satria Dwi Saputro
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber Tulisan:
1. http://www.mongabay.co.id/2015/02/01/ikan-mandarin-si-jelita-dari-lautan/
2. http://ikanhiasahmad.blogspot.co.id/2014/03/cara-merawat-ikan-mandarin-synchiropus.html

Sumber Gambar:
https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/1/1c/Synchiropus_splendidus_01.jpg


Related Posts :