Kamis, 14 September 2017

Mengenal Keindahan Ikan Yellow Tang

Sudah terbit di: https://steemit.com/ikanhias/@puncakbukit/mengenal-keindahan-ikan-yellow-tang

Mengenal keindahan ikan hias dari perairan asin seringkali dengan melihat bentuknya yang unik dan tubuhnya dibalut dengan variasi warna. Sebab variasi warna yang ada di tubuh ikan tersebut bisa menimbulkan kesan eksotis dan indah saat tersorot terangnya sinar lampu. Akan tetapi terdapat satu jenis ikan hias di perairan asin yang tampak indah saat berenang dan sudah cukup populer dikenal orang-orang. Tubuh ikan tersebut hanya diselimuti oleh satu jenis warna saja yang membuatnya tampak unik dan mudah dikenali siapapun. Adapun namanya adalah ikan Yellow Tang.

Bagi para pencinta ikan hias air asing mungkin sudah tidak terlalu asing lagi dengan ikan Yellow Tang yang bentuk badannya mirip ikan Bawal. Ikan Yellow Tang merupakan jenis ikan air asin dari keluarga Sugeonfish yang habitat hidupnya berada di sekitar terumbu karang. Yang membuat unik dari ikan ini adalah warna tubuhnya yang hanya dibungkus dengan warna kuning saja. Warna kuning tersebut tidak hanya terdapat di bagian kepala dan badannya saja. Tapi bagian sirip dan ekornya pun berwarna kuning cerah yang sedikit agak transparan. Keunikan lainnya yang ada pada ikan Yellow Tang adalah bentuk mulutnya yang tampak meruncing ke depan dengan moncong yang berukuran kecil. Selain itu matanya terbilang lumayan besar yang posisinya sangat dekat dengan keningnya.

https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/e/eb/Yellow_Tang444.jpg
Gambar: Ikan Yellow Tang

Sebagai ikan hias yang menghuni area terumbu karang tentunya kita bisa menebak makanan yang sering disantap ikan Yellow Tang ini. Ya, ikan yang berwarna kuning cerah ini sangat menyukai tanaman liar berupa alga yang banyak tumbuh dibalik celah batu karang. Selain itu, ikan yang suka bergerombol dengan kawanannya ini juga terkadang turut membantu membersihkan cangkang penyu yang sedang berenang di sekitar terumbu karang. Karena peranannya ini sebenarnya keberadaan ikan Yellow Tang cukup penting untuk menjaga keseimbangan ekosistem yang berlangsung di terumbu karang.

Ikan Yellow Tang tergolong ikan yang berukuran sedang dengan panjang hanya sekitar 20 cm saja. Fungsi pada mulutnya yang berbentuk sedikit runcing dan panjang tersebut cukup penting dalam memudahkannya mencari makanan dibalik celah terumbu karang yang sempit. Selain itu, persebaran ikan ini pun tergolong luas mulai dari Samudera Pasifik sampai dengan Hindia. Yang terpenting area laut tersebut masih ada terumbu karang yang tersebar di sepanjang laut dangkal yang tak jauh dari bibir pantai. Dan perlu diingat juga bahwa ikan Yellow Tang termasuk ikan populer yang banyak digandrungi orang-orang dari negeri Paman Sam.

Nah, dalam memelihara ikan Yellow Tang yang terpenting diperhatikan adalah kondisi akuarium yang mesti dilengkapi dengan beragam peralatan agar ikan tetap nyaman. Peralatan yang bisa dilengkapi dalam akuarium dapat berupa Coil Denitrator, Pompa Air, Lampu, Chiller, Skimmer, dan lainnya. Usahakan pula agar akuarium yang dijadikan tempatnya tinggal berukuran lumayan besar dan dihiasi dengan ornamen terumbu karang buatan juga. Selain itu, suhu airnya sebaiknya di kisaran 24 sampai 28 derajat celsius dengan kadar pH antara 8,0 sampai 8,4. Dalam memelihara ikan Yellow Tang juga bisa lebih dari satu ekor yang ditaruh pada akuarium yang sama.

Di samping itu, bila perawatan yang dilakukan kepada ikan Yellow Tang cukup baik maka bisa memperpanjang masa hidupnya hingga mencapai lebih dari 10 tahun. Untuk itu bagi Anda yang sudah terbiasa memelihara ikan air asin mungkin tidak ada salahnya melirik ikan Yellow Tang untuk dipelihara. Yang terpenting ikan Yellow Tang tersebut dibeli dari hasil budidaya bukan hasil tangkapan di terumbu karang. Sebab berkurangnya populasi ikan Yellow Tang di habitat aslinya dapat mengganggu keseimbangan di terumbu karang yang sudah lama terjadi dan melibatkan ikan ini. Okey.

Oleh: Satria Dwi Saputro
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber Tulisan:
1. http://www.hewankesayangan.com/surgeonfish/ikan-yellow-tang
2. http://akuariumhiasku.blogspot.co.id/2016/02/mengenal-ikan-hias-air-laut-yellow-tang.html

Sumber Gambar:
https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/e/eb/Yellow_Tang444.jpg


Related Posts :