Selasa, 05 September 2017

Mengulik Keindahan Ikan Botana Blue Tang

Sudah terbit di: https://steemit.com/ikanhias/@puncakbukit/mengulik-keindahan-ikan-botana-blue-tang

Berbicara tentang ikan hias yang umumnya dipelihara orang-orang memang kebanyakan berasal dari air tawar. Hal ini tak bisa dilepaskan bahwa perlengkapan yang mesti ada pada akuariumnya tergolong cukup banyak dan beragam. Jenis ikan yang berasal dari air laut yang ada di pasar ikan hias pun masih kalah jumlah dibandingkan dengan ikan air tawar. Padahal ikan air laut memiliki tampilan yang tak kalah indah dengan bentuk unik dan warna cerah yang terdiri dari berbagai jenis warna. Selain itu, jenis ikan hias air laut sebenarnya jauh lebih beragam jumlahnya mulai dari berukuran kecil sampai besar. Dan salah satunya adalah ikan Botana Blue Tang.

Nama ikan Botana Blue Tang mungkin kurang begitu akrab di telinga para pembaca sekalian. Hal tersebut dirasa wajar sebab biasanya ikan ini lebih sering dipanggil dengan nama ikan Dory. Apalagi jenis ikan yang berwarna kebiruan tua ini menjadi tokoh dalam dua animasi garapan Hollywood dengan judul Finding Nemo dan Finding Dory. Tentunya masyarakat yang ada di hampir seluruh negara termasuk Indonesia lebih mengenalnya dengan nama ikan Dory yang memiliki gerakan lincah dan kocak. Selain itu, ikan Botana Blue Tang merupakan jenis ikan yang hidup di perairan laut dangkal dengan kedalaman sekitar 25 meter yang ada terumbu karangnya. Persebarannya pun terbilang cukup luas mulai dari Samudera Pasifik, Afrika, Brazil, Jepang, Australia, dan sampai Indonesia.

https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/3/37/Paracanthurus_hepatus_Maldives.JPG
Gambar: Ikan Botana Blue Tang

Ciri fisik ikan Botana Blue Tang memiliki bentuk pipih mirip seperti ikan bawal atau ikan gurami. Ukuran tubuhnya tergolong sedang dengan panjang sekitar 25 sampai 40 cm saja. Warna yang menyelimuti tubuh ikan yang dipanggil Dory ini didominasi oleh warna biru tua yang tampak di bagian mulai kepala, pangkal sirip depan, pangkal badan, perut, dan pangkal ekornya. Selain warna biru juga ada warna kuning yang terlihat jelas di bagian ekor dan sisi atas tubuhnya. Ada pula warna hitam pekat yang menutupi area depan wajah, sisi tubuh atas secara horizontal sampai ke pangkal ekor, dan pinggir ekornya.

Bila diperhatikan ikan yang bernama latin Paracanthurus Hepatus mempunyai sirip berukuran sedang dekat insangnya. Selain itu, ada sirip yang tumbuh melebar di sepanjang atas tubuhnya. Ada pula sirip yang juga tumbuh cukup lebar di bagian bawah tubuh hingga mencapai pangkal ekornya. Ikan Botana Bule Tang ini dikenal sebagai ikan yang cukup berbahaya untuk disentuh. Hal ini dikarenakan adanya sistem pertahanan diri berupa duri yang cukup tajam yang terletak di dekat pangkal ekornya. Penyebutan untuk namanya pun terbilang beragam mulai dari Dory, Royal Blue, Hippo Tang, dan ikan Letter Six.

Adapun sifat ikan Botana Blue Tang diketahui cukup lincah saat berada di antara terumbu karang dan bergerak secara sendiri-sendiri ataupun kadang berkelompok. Ikan ini menyukai tanaman berupa alga dan ganggang yang ada di celah terumbu karang sebagai makanan rutinnya. Selain itu, ikan berwarna biru ini agak agresif atau mudah terpancing berkelahi saat berjumpa dengan ikan dari jenis yang mirip dengannya. Melihat juga habitat hidupnya hanya ada di sekitar terumbu karang membuatnya sebagai penyeimbang dalam menjaga tempat tinggalnya dari tumbuhan alga ataupun ganggang dengan memakannya.

Dikatakan bahwa ikan Botana Blue Tang memang tergolong jenis ikan hias yang sudah mulai banyak yang memeliharanya dalam akuarium. Apalagi saat ikan ini tampil sebagai tokoh utama dari film animasi 3D yang ditonton jutaan pasang mata dari seluruh negara termasuk Indonesia. Tapi bila Anda kurang berpengalaman dalam memelihara ikan Botana Blue Tang maka sebaiknya dapat diganti dulu dengan ikan air tawar yang cenderung lebih mudah perawatannya. Hal ini dikarenakan ikan Dory ini cukup sensitif atas lingkungan air dan mudah terkena penyakit yang dapat mengancam jiwanya. Selain itu, dengan sifat lincah dan agresif membuatnya harus dipelihara dalam akuarium yang berukuran lumayan besar dan sebisa mungkin dilengkapi dengan terumbu karang buatan untuknya bermain.

Untuk itu bila Anda sudah merasa berpengalaman cukup lama dalam memelihara ikan laut terutama ikan Botana Blue Tang mungkin tak ada salahnya membeli dari pedagang ikan hias. Tapi sebaiknya ikan Botana Blue Tang yang dibeli untuk dipelihara memang merupakan hasil budidaya bukan hasil tangkapan dari laut. Tujuannya supaya populasinya di terumbu karang tidak mengalami penurunan drastis dan tetap berfungsi sebagai pelindung agar kelestarian area terumbu karang tetap terjaga. Okey.

Oleh: Satria Dwi Saputro
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber Tulisan:
1. http://blog.ruangguru.com/finding-dory-fakta-ikan-dori/
2. https://bunakenreefstore.wordpress.com/2011/03/04/profile-ikan-powder-blue-tang-botana-biru/

Sumber Gambar:
https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/3/37/Paracanthurus_hepatus_Maldives.JPG


Related Posts :