Jumat, 15 September 2017

Tentang Ikan Hias Barbir

Sudah terbit di: https://steemit.com/ikanhias/@puncakbukit/tentang-ikan-hias-barbir

Bagi para penghobies ikan hias yang berukuran kecil mungkin sudah tidak asing lagi dengan ikan Barbir. Ya, ikan yang asalnya dari perairan tawar di India ini tergolong sebagai ikan kecil yang cukup diminati orang-orang untuk dipelihara dalam akuarium. Selain itu, bentuk ikan Barbir agak unik dengan warna cerah di tubuhnya dan sisiknya mampu memantulkan cahaya saat tersorot sinar lampu akuarium. Untuk itu pada artikel ini coba mengupas lebih dalam lagi tentang ikan Barbir agar semakin dikenal oleh para pengobies ikan hias lainnya.

Ikan Barbir merupakan ikan kecil air tawar yang daerah asalnya banyak terdapat di berbagai daerah di India. Daerah-daerah di India yang menjadi habitat ikan Barbir bisa dijumpai mulai dari Orisa, Punjab, Bihar, Deccan, Benggala, dan Assam. Selain itu, di habitat aslinya biasanya ikan ini akan menghuni perairan tawar yang berarus sedang dengan berada di bagian tengah dan bawah sungai. Ikan ini hidup dalam bentuk kelompok saat berenang menyusuri sungai untuk mencari makanan atau menjaga diri dari serangan ikan predator yang banyak terdapat di sungai.


Gambar: Ikan Barbir

Ciri-ciri ikan Barbir memiliki tubuh yang berukuran kecil dengan panjang hanya sekitar 7 cm saja. Tubuhnya berbentuk memanjang dengan sedikit pipih di bagian badannya dan perutnya terlihat cukup besar mirip ikan Mas Koki. Kepala ikan Barbir tidak terlalu besar dengan mata yang tampak sebenarnya jauh lebih besar. Ikan kecil ini memiliki sirip yang berukuran sedang di bagian atas tubuhnya. Adapun sirip di bagian bawah tubuhnya berukuran cukup panjang dan tampak bergelombang saat berenang. Yang menjadi tanda khusus di tubuhnya adalah warna hitam berupa bintik kecil yang tampak di dekat ujung badannya. Selain itu seluruh tubuh ikan Barbir dibungkus dengan warna oranye cerah. Pada bagian perutnya akan tampak kemilau saat tersorot sinar lampu. Sinar kemilau tersebut dipantulkan dari sisik-sisiknya yang tebal dan berwarna perak.

Memelihara ikan Barbir dalam akuarium tidak hanya cukup satu atau dua ekor saja. Tapi bisa menambahkan lebih banyak lagi sekitar tujuh sampai sepuluh ekor yang disesuaikan dengan luas akuarium. Selain itu, ikan Barbir dapat dicampurkan juga dengan ikan lain yang berukuran serupa dan berkarakter sama. Untuk itu dalam satu akuarium bisa memasukkan ikan kecil lainnya berupa ikan Mas Koki, ikan Guppy, ikan Tetra, dan ikan Zebra. Di samping itu, ikan Barbir sebenarnya tidak hanya bisa dipelihara dalam akuarium tapi dapat juga memeliharanya dalam sebuah kolam ikan yang berisi ikan Koi. Ikan Barbir yang berada satu tempat dengan ikan Koi dapat berguna untuk membersihkan isi kolam dari jentik-jentik dan kutu yang menempel di tubuh ikan Koi.

Nah, ikan Barbir yang dipelihara dalam akuarium bisa diberikan pakan berupa pellet yang berukuran kecil, cacing merah beku, dan cacing sutera. Selain itu harga ikan Barbir tiap ekornya terbilang cukup terjangkau hanya sekitar 2 ribu sampai 5 ribu rupiah. Yang terpenting dalam memelihara ikan Barbir bisa tetap memperhatikan kondisi kebersihan airnya. Jadi, tertarikkah Anda memelihara ikan Barbir?

Oleh: Satria Dwi Saputro
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber Tulisan:
1. http://www.infoikan.com/2017/01/ikan-barbir-rosy-barb-dan-cara.html
2. https://ferboes.com/2015/01/22/ikan-barbir-si-gesit-dan-lincah/

Sumber Gambar:
https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/c/c7/Rosy_Barbs.jpg


Related Posts :