Selasa, 26 September 2017

Uniknya Si Kucing Selkirk Rex

Sudah terbit di: https://steemit.com/kucing/@puncakbukit/uniknya-si-kucing-selkirk-rex

Berbicara tentang ras kucing hias yang berbulu lebat umumnya kondisi bulu tampak lurus, lembut, dan mudah menatanya. Tapi ada satu jenis ras kucing hias yang memiliki bulu jauh lebih lebat dibanding kucing biasanya dan kontur bulunya mirip seperti bulu domba yang agak bergelombang atau ikal. Keanehan bentuk bulu yang dimiliki kucing ras tersebut tentunya menjadi keunikan tersendiri yang membuat orang-orang tertarik memeliharanya. Adapun nama kucing hias yang mempunyai keunikan pada bentuk bulunya adalah kucing Selkirk Rex.

Mungkin bagi para pembaca sekalian agak sedikit aneh dan asing mendengar ataupun mengetahui ada cattery yang menjual kucing Selkirk Rex. Hal ini dirasa wajar sebab memang masih belum banyak sumber-sumber yang menulis atau mengulas tentang kucing ini. Apalagi bila ditanyakan tentang tingkat kepopuleran tentunya kucing Selkrik Rex masih kalah pamor dibanding kucing hias lainnya seperti Anggora, Persia, ataupun Scottish Fold. Untuk itu pada artikel ini sengaja dituliskan tentang kucing Selkrik Rex agar semakin dikenal oleh para pembaca sekalian.

File:Selkirk rex longhair FINTICAt cat show Helsinki 2013-11-24.JPG
Gambar: Ras Kucing Selkrik Rex

Ya, kucing Selkrik Rex merupkan kucing berbadan tegap yang asalnya berada di Amerika Serikat. Awal kucing ini dikenal memiliki keunikan pada bulunya terjadi secara tak sengaja saat ada seekor anak kucing lahir di sebuah penampungan hewan dengan kondisi bulu yang berbeda dari kucing biasanya. Kejadian yang berlangsung pada tahun 1987 tersebut menjadi cikal bakal lahirnya keturunan kucing Selkrik Rex yang bulu-bulunya cukup lebat dan konturnya tampak bergelombang yang tak beraturan. Akhirnya, anak kucing tersebut dirawat sampai dewasa dan coba dikawin silangkan dengan sejenis kucing Persia. Dari proses perkawinan silang tersebut dapat menghasilkan enam anakan yang tiga di antaranya memiliki kontur bulu mirip bulu domba yang bergelombang dan tiganya berkontur lurus.

Diketahui bahwa keanehan bentuk bulu yang dimiliki oleh kucing Selkrik Rex berlangsung secara alami tanpa adanya sentuhan tangan manusia. Selain ciri fisiknya memiliki tubuh yang besar dan tegap dengan panjang dapat mencapai 50-an cm. Bentuk tubuhnya sebenarnya sangat mirip dengan kucing British Shorthair yang mempunyai bola mata besar dan telinga lebar serta memanjang. Kepala kucing Selkrik Rex pun berukuran cukup besar yang menyesuaikan dengan bentuk badannya. Ukuran bulu-bulu yang menutupi seluruh area tubuhnya kecuali area wajah tampak sangat panjang dan lebat. Bulu-bulu tersebut terlihat sedikit keriting atau ikal di bagian ujung-ujung. Sehingga sekilas melihat kucing Selkrik Rex lebih mirip kucing yang bulu-bulunya baru dikeringkan oleh pemiliknya dan belum sempat tertata.

Dalam perkembangannya, ras kucing Selkrik Rex diupayakan untuk mendapatkan pengakuan resmi sebagai ras kucing hias dengan mengajukan permohonan ke berbagai organisasi pencinta kucing dunia yang ada di Eropa dan Amerika. Upaya mendapatkan pengakuan dari organisasi pencinta kucing hias dunia dimulai dari tahun 1992, 1998, dan tahun 2000. Adapun organisasi yang mengakui keberadaan kucing Selkrik Rex adalah The International Cat Association, American Cat Fanciers Association, dan Cat Fanciers’ Association.

Di samping itu kepribadian kucing Selkrik Rex dikenal memiliki sifat yang mirip kucing ras lainnya yang ramah dan mudah akrab dengan pemiliknya. Kucing Selkrik Rex tergolong kucing yang penurut dengan mudahnya diajak bermain oleh pemiliknya. Selain itu, sifat lainnya yang perlu diketahui dari kucing ini adalah terkenal santai dan cukup manja dengan pemiliknya. Karenanya memang ras kucing Selkrik Rex cocok dipelihara bagi Anda yang suka dengan kucing yang aktif dan jinak kepada tuannya.

Nah, demikianlah ulasan tentang kucing Selkrik Rex yang dikenal memiliki keunikan pada bentuk bulunya yang agak ikal dan bergelombang. Untuk itu dengan membaca artikel ini sampai tuntas dapat menambah pemahaman kita sekalian tentang ragam jenis kucing hias terutama tentang kucing Selkrik Rex. Selamat membaca.

Oleh: Satria Dwi Saputro
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber Tulisan:
1. https://id.wikipedia.org/wiki/Selkirk_Rex
2. http://kucinggue.blogspot.co.id/2013/10/mengenal-kucing-selkirk-rex.html

Sumber Gambar:
https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Selkirk_rex_longhair_FINTICAt_cat_show_Helsinki_2013-11-24.JPG


Related Posts :