Kamis, 05 Oktober 2017

Berburu Beasiswa

Sudah terbit di: https://steemit.com/beasiswa/@puncakbukit/berburu-beasiswa

Pendidikan merupakan faktor penting untuk memajukan masyarakat dan negara. Pentingnya pendidikan juga dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat menjadi lebih baik. Akan tetapi, salah satu kendala untuk memperoleh pendidikan yang layak adalah mahalnya biaya pendidikan mulai dari SD sampai di bangku kuliah. Khususnya di bangku kuliah biaya pendidikan akan semakin mahal, ditambah dengan berlakunya sistem UKT (Uang Kuliah Tunggal) di mana besaran biaya kuliah fix di awal sampai akhir masa kuliah. Kebijakan ini justru mencekik keluarga dengan ekonomi menengah ke bawah sehingga jumlah anak kuliahan akan berkurang di kampus-kampus bergengsi dengan kualitas yang baik di Indonesia.

C:\Users\Pohan\Downloads\education-child-holding-stack-books-mortar-board-chalk-drawing-blackboard-concept-university-future-aspirations-41028719.jpg
Gambar 1. Beasiswa

Oleh karena itu, yang harus diupayakan adalah memperoleh beasiswa. Beasiswa itu sendiri cukup beragam. Ada yang memberikan pembiayaan penuh selama kuliah bahkan dengan uang saku (contohnya beasiswa bidikmisi), memberikan beasiswa hanya satu kali pada periode tertentu, dan lain sebagainya. Saat ini beasiswa cukup banyak, hanya saja sebagian besar bersumber di kota besar dan di kampus ternama di Indonesia. Jadi ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan untuk memperoleh beasiswa yang diinginkan, yaitu:

1. Ketahui Beasiswa yang Diinginkan
Informasi beasiswa itu sendiri sangatlah penting. Sering-seringlah mengunjungi bagian beasiswa di kampus-kampus, baca mading, searching info beasiswa di internet, atau menjadi asisten dosen. Karena tidak dipungkiri menjadi orang dekat dengan dosen akan memberikan peluang lebih besar memperoleh beasiswa. Karena info beasiswa biasanya diketahui oleh dosen dan terkadang dosen juga mau memberikan beasiswa secara pribadi.

Untuk siswa/i SMA yang ingin melanjutkan S1 sering-seringlah buka internet untuk cari info beasiswa. Beasiswa Bidikmisi umumnya bisa diajukan ketika telah diterima menjadi mahasiswa di kampus dengan syarat berasal dari keluarga kurang mampu. Begitu juga dengan beasiswa Studi Etos Dompet Dhuafa bisa diajukan ketika mau mendaftar untuk S1.

2. Persiapkan Persyaratan yang Diperlukan
Untuk beasiswa khusus untuk keluarga kurang mampu memang dikhususkan untuk keluarga yang memiliki surat miskin dari kelurahan tempat tinggalnya. Oleh karena itu, untuk keluarga menengah ke atas tidak disarankan untuk mencoba beasiswa ini. Banyak kejadian, peserta beasiswa memalsukan dokumen dengan memalsukan keadaan orangtua yang Ayahnya masih hidup namun dibuat menjadi sudah meninggal. Kejahatan seperti ini akan menghambat calon penerus bangsa lain untuk memperoleh pendidikan yang baik.

Ketika sedang kuliah usahakan memiliki IPK>3.00, akan lebih baik jika memiliki IPK>3.50. Karena dengan IPK yang tinggi peluang untuk memperoleh beasiswa akan semakin besar. Ikutilah organisasi, karena kebanyakan pemberi beasiswa mengharapkan siswa/i yang menerima beasiswa dapat menjadi agen pembaharu di masa depan yang tidak gagap untuk berorganisasi di pemerintah ataupun di masyarakat. Selain itu persiapkan semua dokumen yang dibutuhkan.

Sedangkan untuk beasiswa S2 dan S3 kebanyakan membutuhkan sertifikat TOEFL atau IELTS sebagai persyaratannya, terkadang ada yang menambahkan sertifikat TPA.

3. Persiapkan Mental dan Kesehatan
Beberapa beasiswa membutuhkan banyak proses untuk menyeleksi calon penerima beasiswa yang memang sesuai dengan keinginan pemberi beasiswa. Terkadang ada yang mengharuskan tes TPA, wawancara, atau group discussion. Ada juga yang hanya seleksi berkas. Jika beasiswa yang diincar memiliki banyak tahapan maka persiapkan mental dan kesehatan dengan baik. Jangan sampai kita sakit pada hari yang ditentukan dan anda tereleminasi sebelum mencoba.

4. Berdoa
Tahapan terpenting ketika akan mencoba dan setelah melewati serangkaian tahapan tersebut adalah berdoa. Karena tanpa izin YME usaha kita selama ini belum tentu dikabulkan. Jangan lupa minta doa dari orangtua, karena doa dari orangtua sejatinya memudahkan rezeki dan menguatkan tekad kita untuk tidak menyerah untuk terus mencoba memperoleh beasiswa tersebut.

Oleh: Ahmad Azhari Pohan
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber:
1. https://www.hotcourses.co.id/study-abroad-info/before-you-leave/kuliah-di-luar-negeri-3/
2. http://www.berkuliah.com/2014/09/ingin-mendapatkan-beasiswa-kuliah-baca.html

Sumber Gambar:
1. https://www.dreamstime.com/stock-photo-education-child-holding-stack-books-mortar-board-chalk-drawing-blackboard-concept-university-future-aspirations-image41028719#res336036


Related Posts :