Selasa, 03 Oktober 2017

Ikan Severum, Jenis Ikan Hias Air Tawar Asal Benua Amerika

Sudah terbit di: https://steemit.com/ikanhias/@puncakbukit/ikan-severum-jenis-ikan-hias-air-tawar-asal-benua-amerika

Benua Amerika dapat dikatakan sebagai surga bagi beragam jenis ikan hias yang banyak dipelihara orang-orang dari berbagai negara termasuk Indonesia. Keterkenalan jenis ikan hias yang berasal dari sungai-sungai di Benua Amerika memang tidak perlu diragukan lagi. Sebab selain jenis yang sangat beragam juga memiliki keunikan pada bentuk tubuh yang dibungkus dengan variasi warna cerah yang cocok dipelihara dalam akuarium. Untuk itu pada artikel ini coba mengenalkan salah satu jenis ikan hias dari Benua Amerika yang sudah cukup familiar di mata penghobies. Adapun nama ikan tersebut adalah ikan Severum.

Ikan Severum yang bernama latin Cichlasoma Severum merupakan ikan air tawar yang habitat hidupnya berada di sungai Amazon dan beberapa sungai lainnya yang ada di Benua Amerika. Kehidupannya di alam liar terkenal sebagai ikan yang agresif saat sudah beranjak dewasa dan memasuki masa berkembang biak. Biasanya saat sifat agresifnya muncul ikan Severum dapat menyerang ikan lainnya yang ada di dekatnya termasuk satu kawannya. Akan tetapi saat berusia muda biasanya ikan Severum tergolong mudah berbaur dengan ikan lain dan coba bersahabat dengan tidak menyerang ataupun memakannya.

Ciri fisik ikan Severum memiliki bentuk tubuh yang mirip dengan ikan Gurami atau Bawal yakni bertubuh pipih. Ukuran tubuhnya terbilang lumayan besar dengan panjang dapat mencapai sekitar 40-an cm. Sirip ikan Severum tumbuh di sepanjang tubuh bagian atas dan bawah sampai batas pangkal ekornya. Pada bagian ujung siripnya berukuran lumayan cukup panjang hingga melebihi sedikit dari panjang ekornya. Ekornya berukuran sedang dengan bentuk melebar mirip seperti kipas yang sedang dibentangkan. Warna tubuhnya tergolong bervariasi dengan warna dasar yang menutupi badannya adalah kuning krim. Tapi di sekujur tubuhnya terdapat corak berupa garis-garis yang terbentuk secara horizontal mulai dari pangkal mulut sampai pangkal ekornya. Corak garis-garis yang ada di seluruh tubuhnya tersebut tampak berwarna oranye. Selain itu sirip ikan Severum ini pun terlihat diselimuti oleh warna hijau pada bagian pangkal dan warna kebiruan cerah di bagian atasnya.

File:Heros severus.jpg
Gambar: Ikan Severum

Bila hendak memelihara ikan Severum dalam akuarium sebaiknya diperhatikan terkait usianya. Sebab sebagaimana disinggung pada paragraf kedua bahwa sifat ikan asal Benua Amerika dapat berubah seiring bertambahnya usianya. Saat memeliharanya dalam usia yang masih muda dapat mencampurkannya dengan ikan lain yang tidak memiliki sifat predator atau pemangsa. Tapi saat usia ikan Severum sudah mencapai dewasa sebaiknya memindahkannya dalam akuarium tersendiri. Hal ini dikarenakan sifat harmonisnya akan berubah menjadi agresif yang berujung pada penyerangan ikan lain yang satu akuarium dengan nya.

Di samping itu, kebiasaan ikan Severum saat sudah memasuki usia dewasa akan mempunyai kebiasaan yang suka mengobok-obok dasar akuarium dengan membentuk pola lubang. Selain itu, tumbuhan hidup yang menjadi penghias akuarium pun bisa tidak tersisa lagi akibat disantapnya. Untuk itu sebelum memilih ikan Severum sebagai ikan yang akan menghias akuarium di rumah sebaiknya mengetahui terlebih dahulu cara merawatnya. Tujuannya agar ikan Severum tidak mengalami stres dan masa hidupnya bisa mencapai usia maksimal hingga lebih dari 10 tahun. Okey.

Oleh: Satria Dwi Saputro
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber Tulisan:
1. http://www.infoikan.com/2017/02/budidaya-ikan-severum-banded-chidhlid.html
2. http://www.alamikan.com/2014/06/cara-pembenihan-ikan-severum.html

Sumber Gambar:
https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Heros_severus.jpg


Related Posts :