Senin, 02 Oktober 2017

Mengenal Ikan Hias Flying Fox

Sudah terbit di: https://steemit.com/ikanhias/@puncakbukit/mengenal-ikan-hias-flying-fox

Ketika ditanyakan tentang ikan hias yang bernama Flying Fox mungkin ada di antara para penghobies yang sudah mengenal ataupun memeliharanya. Hal ini dikarenakan jenis ikan Flying Fox termasuk cukup populer dengan mulai banyaknya para pedagang ikan hias yang menjualnya. Selain itu, habitat ikan Flying Fox menghuni perairan tawar yang hanya ada di beberapa negara di kawasan Asia Tenggara termasuk Indonesia. Untuk itu pada tulisan ini coba mengupas lebih banyak lagi tentang ikan Flying Fox agar semakin dikenal luas orang-orang.

Ikan Flying Fox merupakan yang hidup di perairan tawar mulai dari sungai-sungai di dataran rendah hingga daerah perbukitan. Biasanya jenis sungai yang dihuni oleh kawanan ikan ini memiliki arus sedang dan agak sedikit deras. Selain itu negara-negara yang menjadi tempat tinggalnya hanya ada beberapa saja seperti Malaysia, Thailand, dan Indonesia. Di Indonesia, daerah-daerah yang banyak terdapat populasi ikan Flying Fox terbilang cukup luas mulai dari Kalimantan, Jawa, dan Sumatera. Karenanya jenis ikan Flying Fox sudah cukup populer bagi para penghobies ikan hias di berbagai daerah.

File:Epalzeorhynchos kalopterus.jpg
Gambar: Ikan Flying Fox atau dikenal juga dengan nama Silimang Batang

Kehidupan ikan yang bernama latin Epalzeorhynchos Kalopterus di aliran sungai biasanya memiliki karakter yang tidak terlalu suka mengganggu jenis ikan lain. Hanya saja, saat usianya sudah memasuki masa berkembang biak kadang sifat ramahnya dapat berubah menjadi sedikit agresif. Keagresifan ikan Flying Fox lebih sering dilampiaskannya kepada ikan yang ukuran tubuhnya lebih kecil lainnya. Akibatnya tentu saja jenis ikan lain yang badannya jauh lebih kecil dibandingkan dengannya akan diserang dan bahkan dimakannya.

Ciri fisik ikan Flying Fox memiliki tubuh yang memanjang dengan ukuran sekitar 11 cm saja. Di bagian atas tubuhnya terdapat sirip yang berwarna transparan dengan bentuk tampak meninggi pada bagian depan dan semakin menurun ke arah belakangnya. Pada bagian pertengahan badan dekat bawah perutnya terdapat dua sirip kecil dengan warna yang transparan juga. Ekor ikan Flying Fox tampak berukuran agak besar di bagian tiap ujung atas dan bawahnya. Di sepanjang tubuhnya terdapat garis hitam tebal yang berwarna hitam terbentang secara horizontal mulai dari pangkal mulut sampai menyentuh sedikit pangkal ekornya. Di bagian sisi atas tubuhnya mulai dari kepala sampai ujung pangkal ekor terlihat berwarna hijau zaitun yang agak kecokelatan.

Bila tertarik dengan ikan Flying Fox perlu diperhatikan juga terkait akuarium yang dijadikan tempat tinggalnya. Sebaiknya akuarium tersebut diisi dengan air dengan kadar pH sekitar 7 dan suhu antara 24 sampai 27 derajat celsius. Akuarium tersebut pun dapat diberi beragam hiasan berupa akar, gundukan batu kecil, tanaman air hidup, kayu, dan pasir. Tujuannya agar ikan Flying Fox dapat nyaman bermain dengan berenang ke segala arah di dalam akuarium. Lalu yang tak boleh dilupakan agar akuarium tetap dilengkapi dengan peralatan semacam filtrasi, aerator, lampu, dan airstone.

Nah, demikianlah ulasan tentang ikan Flying Fox yang memang memiliki tampilan fisik menarik dan cocok dipelihara dalam akuarium. Selain itu, bila Anda tertarik memeliharanya dapat menyediakan pakannya berupa pellet kecil, potongan kecil sayuran, dan serangga kecil air. Untuk itu, cobalah mencari ikan hias Flying Fox di toko-toko yang menjual ikan hias yang ada di kota Anda. Okey.

Oleh: Satria Dwi Saputro
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber Tulisan:
1. http://www.tutorialtani.com/ikan-hias-flying-fox/
2. http://aquariumhias.blogspot.co.id/2013/07/ikan-flying-fox.html

Sumber Gambar:
https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Epalzeorhynchos_kalopterus.jpg


Related Posts :