Senin, 09 Oktober 2017

Mengenal Ikan Lemon Sebagai Ikan Hias Asal Afrika

Sudah terbit di: https://steemit.com/ikanhias/@puncakbukit/mengenal-ikan-lemon-sebagai-ikan-hias-asal-afrika

Bila ditanyakan tentang ikan Lemon mungkin banyak di antara para pembaca sekalian yang sudah mengenal ataupun sedang memeliharanya. Ya, ikan Lemon memang sederet jenis ikan hias air tawar yang sudah cukup familiar di masyarakat dengan banyaknya toko ikan hias yang menjualnya. Selain itu, ikan yang tubuhnya berwarna kuning terang ini pun sudah mulai banyak dibudidayakan oleh para penghobies. Akan tetapi tahukah bahwa ikan Lemon bukanlah ikan asli Indonesia melainkan berasal dari Benua Afrika. Untuk itu pada tulisan ini coba mengulik lebih dalam lagi mengenai ikan Lemon agar semakin digemari masyarakat kita.

Ikan Lemon termasuk jenis ikan hias yang bertubuh sedang dengan bentuk agak pipih dan memanjang. Warna tubuhnya hampir keseluruhan diselimuti oleh warna kuning keemasan mirip buah Lemon. Selain warna kuning terdapat juga warna hitam yang tampak di bagian sisi atas siripnya yang berpadu dengan warna kuning dan putih. Kepala ikan Lemon berbentuk sedikit agak memanjang di bagian atasnya dengan bagian bawah yang dekat mulut berbentuk datar. Sirip tergolong cukup mulai dari dua sirip utama di bagian bawah insang yang berukuran sedang. Dua sirip lainnya terlihat di bagian bawah perut dekat ekor yang berukuran agak lebar. Di bagian atas tubuhnya terdapat satu sirip yang tumbuh mulai dari punggung sampai mendekati ekor. Sedangkan ekornya pun berukuran agak lebar dan tidak panjang mirip seperti kipas.

File:Electric Yellow Lab Cichlid.jpg
Gambar: Ikan Lemon

Ciri lainnya yang perlu dikenali dari ikan hias yang bernama latin Neolamprologus Leleupi adalah matanya yang tampak besar dan bulat. Selain itu, mulut ikan Lemon juga berukuran cukup lebar dan mampu menelan banyak makanan. Dan juga, sifat ikan yang berwarna kuning terang ini terkenal cukup agresif kepada jenis ikan hias lainnya. Keagresifan ikan Lemon biasanya ditunjukkan dengan mengejar jenis ikan lain yang ada di dekatnya. Di samping itu, saat diberi makanan seringnya ikan Lemon saling berebut hingga tidak menyisakan makanannya.

Di habitat aslinya, ikan Lemon merupakan ikan hias air tawar yang berasal dari Benua Afrika tepatnya di danau Tangayika. Di habitat asalnya kondisi air tawar yang menjadi tempat hidup biasanya memiliki kadar pH antara 7 sampai 9.0. Selain itu, ikan Lemon memiliki daya tahan hidup yang tinggi atau tidak mudah mati saat berada di perairan tawar yang kondisi pH nya tidak sama dengan habitat aslinya. Karena itulah, banyak yang menyukai ikan Lemon untuk dijadikan ikan peliharaan dan membudidayakannya.

Bagi Anda yang tertarik dengan ikan Lemon dan ingin memeliharanya yang pertama diperhatikan adalah ruang akuariumnya sebaiknya berukuran sedang atau sedikit lebih besar. Hal ini dikarenakan sifat agresifnya yang mendorong ikan Lemon cukup aktif bergerak ke berbagai arah di dalam akuarium. Selain itu, perlu juga menyiapkan peralatan standar dalam pemeliharaan ikan hias mulai dari penyaring air, lampu, aerator, bebatuan kecil, ataupun karang buatan. Yang cukup penting diingat juga bahwa sebaiknya akuarium yang menjadi tempat tinggal ikan Lemon tidak bercampur dengan ikan lain. Tujuannya agar ikan Lemon tidak bersikap agresif dengan mengejar ikan hias lainnya yang berada satu akuarium bersamanya. Okey.

Oleh: Satria Dwi Saputro
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber Tulisan:
1. http://artikelikanhias.blogspot.co.id/2015/10/mengenal-karakter-ikan-lemon-dan-ikan.html
2. http://ikanhiasahmad.blogspot.co.id/2013/12/cara-merawat-ikan-lemon.html

Sumber Gambar:
https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Electric_Yellow_Lab_Cichlid.jpg


Related Posts :