Rabu, 11 Oktober 2017

Mengenal Keindahan Ikan Clown Killifish

Sudah terbit di: https://steemit.com/ikanhias/@puncakbukit/mengenal-keindahan-ikan-clown-killifish

Jenis ikan hias bertubuh kecil yang banyak dijual dan dipelihara masyarakat kita tidak semuanya berasal dari perairan tawar kita. Sebab banyak juga di antaranya yang berasal dari negara-negara lain termasuk Afrika. Keindahan ikan hias bertubuh mungil asal benua Afrika tergolong cukup berbeda dibandingkan jenis ikan hias lainnya. Perbedaan tersebut tampak dari bentuk tubuh yang unik dan warnanya yang bervariasi. Dan salah satu jenis ikan hias dari Afrika yang cukup digemari orang-orang di Indonesia adalah ikan Clown Killifish.

Ikan Clown Killifish merupakan salah satu dari jenis ikan Killifish yang terkenal dengan bentuk tubuh unik dan corak warna yang bervariasi. Keunikan yang dimiliki oleh ikan Clown Killifish tentu yang pertama adalah soal corak warna tubuh yang bervariasi dan cerah. Warna ikan Clown Killifish terdiri dari putih, hitam, kuning, biru, dan merah. Warna putih dan hitam tampak menutupi di bagian area badannya dari kepala sampai pangkal ekor dengan pola belang yang berbentuk vertikal. Warna merah terlihat di bagian sirip bawah dekat insang dan ekornya. Warna kuning tampak menutupi area sirip atas dan bawah dekat perutnya. Sedangkan area tubuh yang tampak berwarna biru terdapat di bagian sirip atas, bawah, dan ekornya.

File:Epiplaty annulatus - Panchax à bandes.jpg
Gambar: Ikan Clown Killifish

Ciri lainnya yang menjadi keunikan dari ikan Clown Killifish adalah bentuk tubuhnya yang memanjang dan tidak pipih. Selain itu, sirip atas dan bawahnya berukuran agak tinggi dan lebar mirip seperti ikan Cupang. Dan yang cukup menakjubkan dari ikan asal Afrika ini tampak di bagian ekornya yang memiliki bentuk mirip semburan turbo mobil. Ekor ikan Clown Killifish yang berwarna biru dan merah terang ini berukuran lumayan panjang dengan bagian atas dan bawahnya membentuk pola elips atau sedikit bulat. Mata ikan hias kecil ini pun terlihat cukup besar dan bulat dengan bagian pupilnya berwarna hitam pekat.

Di habitat aslinya, ikan yang bernama latin Pseudepiplatys Annulatus bukan seperti ikan hias lainnya yang hidup di sungai berarus deras dan dalam. Tapi ikan mungil ini banyak menghuni area rawa, danau, atau perairan tawar yang dangkal dan penuh lumpur. Biasanya kawanan ikan Clown Killifish mulai akan berkembang saat musim kemarau datang yang ditandai dengan menipisnya debit air ditempat tinggal. Pada saat air mulai habis di perairan yang ditinggalinya seringnya ikan akan bertelur dan menempatkannya digambut yang masih lembab ataupun area lumpur yang masih ada airnya.

Di samping itu, ikan Clown Killifish sebenarnya mempunyai nama lain seperti Roket Killifish dan Clown Panchax. Ragamnya nama yang disematkan kepada ikan dari Afrika ibaratnya disesuaikan dengan bentuk ekor yang menyerupai turbo ataupun roket api. Sifat ikan ini tergolong lincah atau suka berenang ke berbagai arah di dalam akuarium. Selain itu, ikan Killifish juga bisa dipelihara lebih dari satu ekor yang ditaruh dalam akuarium yang berukuran sedang. Makanan yang bisa diberikan pun cukup beragam mulai dari cacing beku, cacing putih, udang, ataupun tubifex. Agar keindahan ikan Clown Killifish bisa dinikmati seutuhnya maka akuarium dapat dirias dengan menambahkan tanaman air dan bebatuan kecil. Perlu juga mengatur tingkat pencahayaan yang sebaiknya tidak berwarna terlalu terang seperti kuning tapi bisa memasang lampu yang berwarna agak gelap semisal warna biru ataupun merah gelap. Tujuannya agar warna cerah ikan Clown Killifish dapat muncul dan terlihat indah.

Nah, demikianlah ulasan yang kiranya cukup jelas tentang ikan Clown Killifish yang memiliki keunikan dari bentuk ekor dan warnanya. Karenanya bagi Anda yang tertarik dengan ikan mungil ini mungkin tak ada salahnya untuk memeliharanya agar ruangan rumah terlihat semakin indah. Okey.

Oleh: Satria Dwi Saputro
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber Tulisan:
1. http://www.aquascapeindo.com/killifish-profil-ikan-yang-indah-dan-eksotis.html#
2. http://www.bpppbelawan.bpsdmkp.kkp.go.id/index.php/artikel/225-mengenal-ikan-hias-si-cantik-killifish
3. http://www.majalahikan.com/2015/09/ikan-hias-killifish.html

Sumber Gambar:
https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Epiplaty_annulatus_-_Panchax_%C3%A0_bandes.jpg


Related Posts :