Selasa, 24 Oktober 2017

Mengulik Keindahan Ikan Mickey Mouse

Sudah terbit di: https://steemit.com/ikanhias/@puncakbukit/mengulik-keindahan-ikan-mickey-mouse

Bila ditanyakan tentang ikan Mickey Mouse mungkin banyak dari para penghobies ikan hias yang telah mengenalnya. Hal ini dikarenakan ikan berukuran sedang ini termasuk dari jenis ikan hias populer yang banyak dipelihara orang-orang tidak hanya di Indonesia tapi juga diberbagai negara. Ketertarikan orang-orang untuk memelihara ikan Mickey Mouse disebabkan oleh ciri fisiknya yang unik dan warna tubuhnya yang terang. Untuk itu pada tulisan coba mengulik lebih dalam lagi terkait keindahan ikan Mickey Mouse agar semakin dikenal oleh para penghobies ikan hias.

Ikan Mickey Mouse adalah penghuni ikan air tawar yang berasal dari Benua Amerika tepatnya di bagian Amerika Utara dan Tengah yang banyak terdapat aliran sungainya. Selain itu, ikan yang dikatakan mirip tokoh kartun Mickey Mouse ini sebenarnya termasuk ke dalam keluarga ikan Platy yang terkenal memiliki bentuk tubuh unik dan warna yang terang. Begitu pula dengan nama yang disematkan kepadanya terbilang cukup banyak mulai dari Golden Moon Platy, Moonfish, dan Mickey Mouse Platy.

File:15.12.2006 038.jpg
Gambar: Ikan Mickey Mouse

Xiphophorus maculatus yang merupakan nama latin dari ikan Mickey Mouse tergolong ikan yang berukuran sedang dengan panjang sekitar 10 cm. Tubuhnya berbentuk pipih dengan bagian kepala yang agak meruncing dan menjorok ke depan. Matanya berukuran agak besar yang terletak cukup dekat ke bagian mulutnya. Pada bagian perutnya tampak agak besar dan menggelembung yang sedikit mirip dengan ikan Mas Koki. Siripnya berukuran agak lebar baik di bagian atas dan bawah dengan pola yang tegak dan bergerigi. Begitu pula dengan ekornya yang juga berukuran cukup lebar dan bergerigi mirip kipas yang sedang dikibaskan. Selain itu, warna yang menyelimuti tubuhnya hanya terdiri dari dua atau tiga warna saja seperti hitam, putih, dan oranye.

Nah, adapun penyebutan nama Mickey Mouse yang disematkan pada ikan mungil ini adalah pola bintik hitam yang di bagian pangkal ekornya. Pola bintik tersebut terdapat tiga buah dengan dua bintik yang berukuran kecil di bagian atas dan bawah ekor dan satu bintik hitam yang agak besar di bagian pangkal ekornya. Tiga bintik hitam tersebut secara sekilas ada kemiripan dengan tokoh kartun terkenal Mickey Mouse dengan ciri dua bintik hitam kecil tampak seperti telinga dan bagian bintik hitam besar mirip kepalanya. Karena itu lah ikan asal Benua Amerika ini dipanggil oleh para penghobies di berbagai negara termasuk kita sebagai ikan Mickey Mouse.

Karakter atau sifat ikan Mickey Mouse dikenal cukup tenang dan mampu bersahabat dengan ikan lain yang akuarium bersamanya. Sifat tenang dan tidak agresif ini menjadi nilai tersendiri pada ikan ini yang mampu hidup bersama ikan yang berukuran tak kalah berbeda dengannya. Selain itu, makanannya pun tergolong beragam mulai pellet, cacing beku, cacing merah, jentik nyamuk, ataupun kutu air. Ikan Mickey Mouse dapat dipelihara lebih dari dua ekor yang ditaruh dalam akuarium yang berukuran sedang. Agar keindahan nya bisa tereksplorasi dengan baik maka tak ada salahnya menaruh hiasan dalam akuarium berupa lampu yang berwarna agak gelap, kumpulan batu kecil, tanama air, ataupun rumah-rumahan.

Yup, itulah ulasan terkait dengan ikan Mickey Mouse yang bagian pangkal ekornya terdapat tiga bintik hitam mirip tokoh kartun terkenal Mickey Mouse. Karenanya dengan membaca artikel ini sampai tuntas kiranya dapat membuat Anda tertarik untuk memelihara ikan Mickey Mouse yang dapat ditaruh dalam akuarium di rumah Anda. Selain itu, jenis ikan ini pun sudah cukup populer dan banyak dijual oleh para pedagang ikan hias yang ada di kota Anda. Okey.

Oleh: Satria Dwi Saputro
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber Tulisan:
1. http://www.infoikan.com/2017/04/ikan-mickey-mouse-dan-cara-merawatnya.html
2. http://www.majalahikan.com/2017/02/bagaimana-cara-merawat-ikan-mickey.html

Sumber Gambar:
https://commons.wikimedia.org/wiki/File:15.12.2006_038.jpg


Related Posts :