Kamis, 12 Oktober 2017

Menyelami Keganasan Ikan Blue Devil

Sudah terbit di: https://steemit.com/ikanhias/@puncakbukit/menyelami-keganasan-ikan-blue-devil

Biasanya jenis ikan hias yang berasal dari air laut maupun tawar yang lazim dipelihara umumnya bersifat tenang dan mampu bersahabat dengan jenis ikan lainnya. Tapi nyatanya ada satu jenis ikan hias air asin yang karakternya cenderung agresif dan mudah beradaptasi dengan perubahan kondisi air yang ditinggalinya. Ikan hias tersebut juga memiliki tampilan tak kalah menarik dengan tubuh yang berukuran kecil dan warna yang menutupi tubuhnya didominasi oleh warna biru tua. Dan nama ikan hias laut tersebut adalah ikan Blue Devil.

Ikan Blue Devil merupakan ikan air asin yang habitat hidupnya ada di sekitar terumbu karang atau perairan dangkal yang tidak jauh dari bibir pantai. Bentuk tubuhnya agak pipih dan memanjang dengan kepala yang berukuran cukup besar. Ukuran tubuhnya tergolong pendek dengan panjang hanya mencapai sekitar 7 cm saja. Warna biru yang tampak menutupi hampir seluruh tubuhnya terlihat di bagian kepala, badan, sirip, dan ekornya. Selain warna biru ada juga warna kuning yang tampak di bagian sirip depan dan ujung sirip atas dekat pangkal ekornya. Adapula garis vertikal yang berwarna putih cerah di bagian badannya hingga menyentuh sirip. Pada bagian wajah ikan Blue Devil dihiasi juga oleh bintik-bintik yang tampak berwarna putih. Sirip depan dekat insangnya yang berwarna kuning tersebut berukuran cukup besar. Ada juga sirip yang cukup lebar di bagian bawah dan atas tubuhnya yang membentang hingga mendekati ujung badannya. Ekornya tampak berukuran cukup lebar dengan bentuk mirip seperti kipas.

File:Eastern Blue Devil Fish-Paraplesiops bleekeri.jpg
Gambar: Ikan Blue Devil yang bernama latin Chrysiptera cyanea

Melihat penampilan ikan Blue Devil memang cukup indah dan cocok menghias akuarium di rumah. Tapi bentuk kepalanya yang berukuran cukup besar dengan mata besar dan mulut besar menimbulkan kesan bahwa ikan yang menghuni terumbu karang ini memang menyerahkan. Begitu pula dengan sifatnya yang terkenal agresif ditujukan bukan untuk memangsa atau mengganggu ikan jenis lain yang ada di terumbu karang. Tapi dimaksudkan agar ikan jenis lain tidak berani memangsa atau mengusik sarangnya. Selain itu, ikan Blue Devil merupakan perenang handal yang mampu bergerak cepat dan gesit untuk menangkap makanannya.

Dikatakan pula bahwa ikan Blue Devil cukup mudah beradaptasi dengan perubahan kondisi air yang ditinggalinya. Dengan keunikan atau kemampuannya ini membuat ikan Blue Devil cukup mudah dipelihara dibandingkan dengan ikan hias air asin lainnya. Selain itu, ikan agresif mungil ini pun cukup rakus dalam soal makanan. Saat diberi pakan biasanya ia akan langsung mengejarnya dengan cepat dan menyantapnya dengan bentuk mulut yang besar. Untuk itu, persediaan makanan bagi ikan Blue Devil harus lebih banyak agar tidak kekurangan dan mampu meredam sifat agresifnya.

Dengan kondisi sifat yang cukup agresif dan rakus terkait soal makanan membuatnya selalu direkomendasikan sebagai jenis ikan hias air asin yang dapat dipelihara tidak hanya oleh profesional tapi juga yang masih pemula. Dan juga, ikan Blue Devil bisa dipelihara lebih dari satu atau dua ekor dalam satu akuarium. Yang terpenting perhatikan kebersihan dan kualitas airnya dengan menyediakan peralatan yang dapat ditaruh pada akuarium seperti Refugium, Skimmer, Chiller, dan Calcium Reaktor. Selain itu, harga ikan Blue Devil tergolong sangat terjangkau hanya sekitar 10 ribuan untuk tiap ekornya. Bagaimana, tertarikkah Anda?

Oleh: Satria Dwi Saputro
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber Tulisan:
1. http://miniakuarium.blogspot.co.id/2014/06/ikan-hias-laut-blue-devil.html
2. https://www.daftarikanhias.web.id/ikan-blue-devil-cocok-untuk-pemula-ikan-indah-nan-murah-meriah/

Sumber Gambar:
https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Eastern_Blue_Devil_Fish-Paraplesiops_bleekeri.jpg


Related Posts :