Rabu, 04 Oktober 2017

Red Zebra, Ikan Hias Air Tawar yang Bertubuh Kecil

Sudah terbit di: https://steemit.com/ikanhias/@puncakbukit/red-zebra-ikan-hias-air-tawar-yang-bertubuh-kecil

Jenis ikan hias air tawar yang populer tidak hanya didominasi oleh ikan yang berukuran sedang dan besar. Tapi jenis ikan hias yang berukuran kecil pun juga tak kalah banyak yang memeliharanya. Alasan orang-orang yang menggemari ikan hias berukuran kecil disebabkan bentuknya yang unik dan warnanya biasanya lebih bervariasi. Selain itu, sifat ikan yang bertubuh mungil seringnya jauh lebih lincah berenang dan mudah disatukan dengan jenis ikan kecil lainnya. Dan salah satu jenis ikan hias yang bertubuh mungil tersebut adalah ikan Red Zebra.

Mungkin para penghobies ikan hias sudah cukup kenal dan bahkan ada diantaranya yang memelihara ikan Red Zebra. Ya, ikan Red Zebra termasuk jenis ikan yang bertubuh mungil dengan panjang hanya sekitar 4 cm saja. Selain itu, ikan mungil ini juga dipanggil dengan Pink Danio yang warna tubuhnya memang terlihat tampak kemerahan. Ciri fisik ikan Red Zebra tampak berwarna merah muda terang yang menutupi hampir sebagian besar tubuhnya. Ada juga warna putih yang terdapat di sekitar insang dan bagian bawah badannya sampai ke arah ekornya. Sirip ikan Red Zebra berukuran cukup pendek yang terdapat di bagian atas, bawah, dan dekat insangnya. Sirip tersebut terlihat transparan yang berwarna putih cerah.

Dikatakan bahwa ikan Red Zebra tergolong sebagai ikan air tawar yang lincah dan aktif berenang ke segala arah dalam akuarium. Walaupun ikan ini aktif bergerak bukan berarti agresif dengan ikan jenis lain yang ada di dekatnya. Sebab ikan Red Zebra mudah bersahabat dengan ikan kecil lainnya seperti Guppy ataupun Tetra. Untuk itu dapat menggabungkan ikan Red Zebra dengan sesama jenis ataupun ikan kecil lainnya yang sifatnya sama dengan nya. Yang terpenting, ukuran akuarium mesti disesuaikan dengan jumlah ikan Red Zebra yang dipelihara.

File:Danio margaritatus male.jpg
Gambar: Ikan Red Zebra dalam Akuarium

Biasanya, orang-orang yang memelihara ikan Red Zebra tidak hanya cukup satu atau dua ekor saja. Akan tetapi jumlah ikan mungil tersebut dipelihara dalam satu akuarium dapat mencapai lebih dari 15 ekor. Dalam memeliharanya bisa diberikan pakan berupa cacing merah beku, cacing kering, pelet kecil, dan cacing sutera. Selain itu, di alam liar biasanya ikan Red Zebra menghuni perairan yang agak berarus dan mendorongnya untuk terus aktif bergerak agar tidak terbawa arus yang ada di sungai. Untuk itu, dalam akuarium bisa ditambahkan alat yang membuat banyak gelembung udara agar airnya bisa tampak lebih berarus.

Bila Anda tertarik memelihara ikan Red Zebra dapat mencarinya di pasar ikan hias yang menjual beraneka ragam jenis ikan untuk dipelihara dalam akuarium. Harga ikan mungil ini pun sangatlah terjangkau yang dibandrol hanya sekitar 2 ribu sampai 5 ribu per ekornya. Tinggi rendahnya harga yang dipatok untuk tiap ekor ikan Red Zebra disesuaikan dengan warna dan usianya. Karenanya, bagi Anda yang memang suka memelihara ikan hias mungkin tak ada salahnya melirik ikan Red Zebra untuk mengisi akuarium yang ada di rumah Anda. Okey.

Oleh: Satria Dwi Saputro
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber Tulisan:
https://ferboes.com/2015/04/27/ikan-pink-danio-biasa-disebut-red-zebra/

Sumber Gambar:
https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Danio_margaritatus_male.jpg


Related Posts :