Rabu, 22 November 2017

3 Langkah Memperbaiki Rambut Rusak

Sudah terbit di: https://steemit.com/rambut/@puncakbukit/3-langkah-memperbaiki-rambut-rusak

Banyak yang bilang bahwa rambut adalah mahkota. Rambut lebat, berkilau, dan sehat hampir selalu didambakan setiap orang terutama kaum wanita. Namun, polusi debu, stres, udara panas, maupun kerusakan akibat proses styling menjadi halangan untuk mendapatkan rambut sehat alias membuat rambut menjadi rusak.


Gambar 1. Rambut sehat

Rambut rusak memberi tampilan rambut yang mengembang tak beraturan, kering, kusut, dan mudah rontok bahkan untuk kasus yang parah rambut akan terlihat seperti rambut singa. Mungkin itulah alasan mengapa banyak sekali produk perawatan rambut dengan segudang janjinya. Berikut kami merangkum beberapa cara untuk mengembalikan atau menyehatkan kembali rambut yang rusak.

  1. Bersihkan rambut secara teratur (keramas)
    Keramas adalah satu cara agar rambut tetap bersih dan wangi. Namun, terlalu sering keramas dapat membuat rambut anda kering. Keramaslah secara teratur 2 – 3 kali dalam seminggu. Selain itu, pilihlah jenis shampoo yang sesuai dengan permasalahan rambut anda misalnya jika anda punya jenis kulit kepala berminyak pilihlah shampoo dengan kandungan mint untuk sensasi yang lebih segar. Untuk tambahan anda juga bisa memakai kondisioner untuk melembabkan dan menghaluskan rambut. Untuk pemakaian kondisioner usahakan jangan sampai terkena kulit kepala karena dapat menyebabkan ketombe.

  2. Memberikan nutrisi serta melembabkan rambut
    Memberikan nutrisi penting bagi rambut agar rambut tidak mudah rontok atau patah, Lebih halus dan lembut, dan lebih bercahaya. Carilah vitamin rambut yang sesuai untuk rambut anda misalnya kandungan madu pada vitamin rambut baik untuk menjaga kelembapan rambut. Rambut rusak juga identik dengan rambut yang kering untuk itu penting bagi kita untuk senantiasa menjaga kelembapan rambut. Pemberian spray Kondisioner juga mampu mempertahankan kelembapan rambut.

  3. Hair mask
    Hair mask atau masker rambut digunakan idealnya seminggu sekali. Anda bisa menggunakan hair mask yang dijual bebas di pasaran atau membuat sendiri hair mask dengan bahan – bahan alami. Berikut beberapa resep hair mask dari bahan alami.
    • Hairmask santan
      Gunakan santan kental 50 ml yang diaplikasikan ke seluruh batang rambut kemudian bungkus rambut dengan menggunakan handuk hangat. Biarkan selama 60 menit. Bilas dengan air hangat dan cuci dengan shampoo. Kemudian bilas dengan air dingin.
    • Hairmask telur
      Kocok 2 butir telur dan campurkan dengan 2 sdm air panas. Massage ke seluruh bagian rambut dengan perlahan, gunakan ujung jemari untuk memijat kepala, bukan dengan kuku. Biarkan selama 10-15 menit, kemudian keramas seperti biasa dan bilas dengan air dingin.
    • Hairmask alpukat
      Hancurkan sebuah alpukat dan campurkan dengan 1 sdt madu dan 2 sdt minyak zaitun. Massage lembut pada kulit kepala dan biarkan selama 20 menit. Keramas dengan shampoo seperti biasa dan bilas hingga bersih.

Selamat mempraktikkan,

Oleh : Nadiran
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi :
1. http://www.vemale.com/body-and-mind/cantik/46351-9-resep-hairmask-untuk-perawatan-rambut-rusak-di-rumah.html
2. http://www.kumpulanpenyakit.com/cara-merawat-rambut/
3. http://hariangadis.com/cara-merawat-rambut-rusak/

Referensi gambar :
1. https://pixabay.com/en/pretty-fresh-happy-female-young-2682798/


Related Posts :