Minggu, 26 November 2017

Mengenal Bunga Kembang Sepatu Sebagai Pakan Tambahan Burung Ocehan

Sudah terbit di: https://steemit.com/burungocehan/@puncakbukit/mengenal-bunga-kembang-sepatu-sebagai-pakan-tambahan-burung-ocehan

Berbicara tentang pakan tambahan yang umumnya diberikan kepada burung ocehan biasanya berasal dari jenis buah-buahan, sayuran, dan serangga. Ke semua jenis pakan tambahan tersebut mengandung beragam nutrisi yang dapat menjaga kesehatan dan memperindah suara kicauannya agar terdengar semakin merdu. Tapi jenis pakan tambahan yang bisa diberikan kepada burung ocehan juga ada yang berasal dari kelopak bunga tanaman. Adapun nama jenis bunga tersebut adalah bunga Kembang Sepatu.

Bunga Kembang Sepatu merupakan salah satu jenis tanaman hias yang cukup sering dijumpai di pekarangan rumah orang-orang. Bunga Kembang Sepatu memiliki kelopak bunga sebanyak lima buah yang berukuran agak besar dan lebar dengan di bagian tengah kelopak terdapat satu tangkai sari yang dikelilingi serbuk sari di sisi atasnya. Selain itu, warna kelopak bunga Kembang Sepatu biasanya hanya terdiri dari satu atau dua jenis warna yang terang seperti merah muda dan putih. Orang-orang pun sering menggunakan tanaman ini untuk dijadikan tanaman herbal yang mengandung banyak nutrisi. Manfaat atau khasiat yang terkandung pada bunga Kembang Sepatu tergolong beragam mulai dari mencegah rambut rontok, menurunkan berat badan, menambah energi tubuh, menjaga penuaan kulit, mampu menurunkan tekanan darah dan kolesterol, dan masih banyak lagi.

File:Hibiscus rosa-sinensis flower 2.JPG
Gambar: Bunga Kembang Sepatu

Adapun ragam nutrisi yang terkandung dalam bunga Kembang Sepatu pun juga tergolong banyak yang meliputi: air, energi, lemak, karbohidrat, serat, kadar abu, kalsium, fosfor, besi, protein, dan vitamin (B1, B2, B3, dan C). Banyaknya kandungan nutrisi bunga Kelopak Sepatu membuatnya tidak hanya dapat dimanfaatkan oleh manusia saja tapi juga boleh diberikan kepada burung ocehan. Umumnya burung ocehan yang biasanya mengkonsumsi bunga Kembang Sepatu adalah pemakan tumbuh-tumbuhan atau herbivora yang berasal dari burung paruh bengkok seperti jenis burung parrot dan lovebird. Gemarnya burung paruh bengkok memakan bunga Kembang Sepatu disebabkan saat berada di alam liar pun kawanan burung ini suka mencarinya untuk dijadikan pakan tambahan. Selain itu, di bagian dalam bunga Kembang Sepatu juga terdapat semacam cairan yang agak lengket berupa gula atau nektar yang rasanya manis dan sering diincar oleh ragam jenis serangga dan burung pemakan nektar bunga.

Manfaat yang dirasakan burung ocehan saat menyantap bunga Kembang Sepatu pun tergolong beragam mulai dari menjaga stamina, menjaga agar sel tidak mudah rusak, melawan bakteri, menyembuhkan luka, menambah daya nafsu makan, dan mencegah terjadinya stres. Pemberian bunga Kembang Sepatu kepada burung ocehan pun sebenarnya dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti memberikan secara utuh yang diletakkan pada cepuk atau menggantungnya. Selain itu, dapat juga memisahkan kelopak bunganya agar mudah digigit dan ditelan burung ocehan yang memakannya. Perlu diingat juga bahwa bunga Kembang Sepatu yang dapat diberikan kepada burung ocehan tentunya yang sudah mekar seutuhnya dan tidak terlalu tua agar nutrisi di dalamnya dapat terserap sepenuhnya ke tubuh burung.

Yup, itulah ulasan mengenai bunga Kembang Sepatu yang tidak hanya mempunyai tampilan indah tapi juga mengandung banyak nutrisi yang baik bagi kesehatan burung ocehan. Untuk itu, bila Anda mempunyai peliharaan jenis burung paruh bengkok di rumah maka tak ada salahnya memberikannya tanaman bunga Kembang Sepatu sebagai pakan tambahannya. Okey.

Oleh: Satria Dwi Saputro
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber Tulisan:
1. https://omkicau.com/2016/04/07/bunga-sepatu-sebagai-pakan-tambahan-untuk-burung-peliharaan/
2. https://manfaat.co.id/manfaat-daun-bunga-sepatu

Sumber Gambar:
https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Hibiscus_rosa-sinensis_flower_2.JPG


Related Posts :