Minggu, 26 November 2017

Mengenal Keindahan Ikan Platy Pedang

Sudah terbit di: https://steemit.com/ikanhias/@puncakbukit/mengenal-keindahan-ikan-platy-pedang

Berbicara tentang ragam ikan hias yang banyak dipelihara orang-orang tentu tak bisa dilepaskan dari keindahan fisiknya. Sebab keindahan fisik ikan hias telah menjadi daya tarik tersendiri untuk membuat orang terkagum dan ingin memeliharanya. Keindahan fisik yang bisa dilihat dari ikan hias pun cukup beragam mulai dari bentuk sirip yang unik, warna, ekor, ataupun badannya. Selain itu, terdapat satu jenis ikan hias yang memiliki keindahan tidak hanya dari corak warna tapi juga bentuk ekornya yang mirip pedang. Adapun nama ikan hias tersebut adalah ikan Platy Pedang.

Ikan Platy Pedang merupakan jenis ikan air tawar yang menghuni perairan tawar di Amerika Tengah tepatnya di kawasan Meksiko selatan sampai ke Guatemala. Ciri fisik ikan yang dijuluki Swordtail ini tampak memiliki ekor bagian bawah yang mirip bentuk pedang. Ekor yang membentuk pedang tersebut berukuran cukup panjang hampir seukuran badannya dengan bentuk bagian pangkal berukuran agak lebar dan sampai ke ujungnya terlihat meruncing. Sedangkan keseluruhan ekornya sebenarnya berukuran cukup pendek dan agak lebar.

File:Xiphophorus hellerii red male 01.jpg
Gambar: Ikan Platy Pedang

Sirip ikan yang bernama latin Xiphophorus helleri ini hanya tampak dibagian atas dan bawah tubuhnya. Sirip di bagian atas tubuhnya berukuran cukup lebar dan agak tinggi serta berdiri tegak. Terdapat juga sirip utama untuk berenang yang letaknya tepat berada di belakang insangnya yang berukuran agak lebar. Ada juga sirip di bagian bawah perutnya yang tampak tidak terlalu lebar tapi berukuran agak panjang. Bentuk tubuh ikan Platy Pedang ini memanjang dengan bagian perutnya yang terlihat cukup besar. Mulutnya berada di atas sedikit dari letak bola matanya yang hampir mirip dengan letak mulut ikan Arwana. Adapun warna ikan yang berukuran sedang ini umumnya hanya diselimuti oleh satu warna yakni warna oranye yang menutupi seluruh tubuhnya. Hanya saja, dalam pembudidayaannya ternyata mampu melahirkan anakan ikan Platy Pedang dengan cukup bervariasi yang terdiri dari putih, oranye, dan biru perak.

Jenis ikan Platy Pedang yang banyak dijual di pasar ikan hias pun kini terdiri dari berbagai macam jenis seperti Neon Swordtail, Blood Red Eye Swordtail, Hi Fin Swordtail, Swordtail Black Berlin, dan masih banyak lagi. Ke semua jenis ikan Platy Pedang tersebut memiliki bentuk badan yang hampir serupa dan menjadi pembedanya tampak dari corak warna, bentuk sirip, dan panjang ekor pedangnya. Karakter atau sifat ini dikenal cukup tenang atau mampu hidup dengan ikan hias jenis lainnya dalam satu akuarium. Hanya saja, terkadang ikan pejantan dapat menunjukkan sifat agresifnya kepada sesama penjantan lainnya. Selain itu, makanan yang bisa diberikan kepada ikan Platy Pedang ini cukup beragam mulai dari pelet, cacing beku, jentik nyamuk, dan cacing merah.

Nah, pemeliharaan ikan Platy Pedang tidak terlalu ribet dengan cukup menyediakan akuarium yang di dalamnya terdapat peralatan standar berupa penyaring air, penghasil oksigen, lampu, rumput hidup, dan bebatuan kecil. Usahakan juga agar lampu yang dipilih memiliki warna agak gelap dengan tujuan agar cahaya tersebut dapat memancarkan kilauan sisiknya yang terlihat indah. Selain itu, jenis ikan Platy Pedang termasuk ikan hias yang sudah banyak dibudidayakan sehingga cukup mudah tentunya untuk mendapatkan di tempat-tempat yang menjual ikan hias. Jadi, tertarikkah Anda?

Oleh: Satria Dwi Saputro
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber Tulisan:
1. http://www.infoikan.com/2017/02/budidaya-ikan-platy-pedang-swordtail.html
2. http://ikanhiasahmad.blogspot.co.id/2013/12/cara-merawat-ikan-ekor-pedang.html

Sumber Gambar:
https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Xiphophorus_hellerii_red_male_01.jpg


Related Posts :