Jumat, 17 November 2017

Mengenal Keunikan Kucing American Wirehair

Sudah terbit di: https://steemit.com/kucing/@puncakbukit/mengenal-keunikan-kucing-american-wirehair

Ketika ditanyakan tentang ras kucing American Wirehair mungkin tidak banyak dari para pembaca yang mengenalnya. Hal ini dirasa wajar sebab ras kucing hias asal Amerika ini memang tidak terlalu populer dibandingkan dengan jenis kucing hias yang sudah umum dipelihara orang-orang di berbagai negara termasuk Indonesia. Padahal kucing American Wirehair juga memiliki keunikan pada bulu-bulunya yang terasa agak keras dan berlekuk mirip pegas. Untuk itu pada tulisan ini coba mengulik lebih dalam lagi tentang kucing American Wirehair agar semakin dikenal luas oleh para penghobies.

Kucing American Wirehair termasuk salah satu ras kucing hias yang genetikanya terbentuk secara spontan dan hanya mengalami sekali perkawinan silang dengan kucing Amerika bulu pendek. Awal kemunculan kucing ini bermula dari seorang peternak kucing bernama Joan O’Shea yang mengadopsi seekor anak kucing dari pertanian kecil yang ada di Vernon sekitar tahun 1966. Anak kucing yang diadopsi tersebut memiliki bentuk bulu yang berantakan dan berwarna merah putih. Dalam perkembangannya, kucing tersebut coba diternakkan untuk menghasilkan anakan yang ciri bulunya serupa dengan indukannya. Selain itu, agar ciri bulu kucing American Wirehair semakin kuat dan berbeda dari kucing maka dikawinsilangkan dengan kucing Amerika berbulu pendek. Alhasil di tahun 1995, ras kucing ini didaftarkan secara resmi ke organisasi pencinta kucing dunia CFA.

File:American Wirehair - CFF cat show Heinola 2008-05-04 IMG 8721.JPG
Gambar: Ras Kucing American Wirehair

Bulu Dawai Amerika yang menjadi nama lain ras kucing asli Amerika ini tergolong kucing yang secara genetika jarang mengalami masalah terhadap kesehatannya. Hal ini diketahui dari potensi hidupnya yang tergolong cukup lama hingga mencapai 14 tahun. Selain itu, ciri bulu yang menjadi keunikan kucing American Wirehair memiliki tekstur yang padat dan tampak agak berlekuk hampir ikal. Ukuran bulunya pun tergolong cukup pendek tapi tidak sependek bulu ras kucing rex. Bentuk bulu yang padat, tebal, agak ikal, dan kasar milik kucing American Wirehair ini tidak dimiliki oleh jenis ras kucing hias lainnya. Hanya saja, untuk mengetahui bentuk dan tekstur bulunya memang tidak dapat dilihat dari kejauhan sebab tampak serupa dengan kucing berbulu pendek lainnya. Melainkan harus disentuh secara langsung agar diketahui perbedaan bentuk bulu dengan ras kucing lain.

Ciri lainnya dari kucing American Wirehair ini adalah ukuran badannya yang tergolong agak besar tapi tidak gemuk. Kepalanya tampak berukuran hampir bulat dengan mata yang terlihat cukup besar dan berbentuk agak oval. Telinganya juga memiliki ukuran yang agak lebar dengan bulu-bulu halus yang agak panjang di bagian dalamnya. Kumisnya yang berukuran cukup panjang terlihat berbentuk sedikit agak melekuk. Keempat kakinya berukuran sedang tampak berotot. Ekornya juga berukuran cukup panjang dengan dibalut bulu yang tebal dari pangkal sampai ujugnya. Warna bulunya pun tergolong cukup beragam mulai dari putih, hitam, dan kuning.

Walaupun wajah kucing American Wirehair terlihat agak sedikit garang bukan berarti sifatnya juga ikut tidak bersahabat. Akan tetapi sifat kucing ini dikenal perhatian dan sayang dengan pemiliknya. Selain itu, kucing ini pun cukup aktif, cerdas, dan senang mengikuti pemiliknya pergi. Selain itu, kucing Bulu Dawai Amerika ini juga mampu bersahabat atau beradaptasi dengan lingkungan baru dan tidak suka mengganggu hewan lain di sekitarnya. Perlu diketahui juga bahwa karakter kucing ini suka menjadi pusat perhatian dengan menunjukkan perilaku yang gesit dan mudah memancing keluarnya tawa pemiliknya.

Yup, demikianlah ulasan tentang kucing American Wirehair yang memiliki keunikan dari bentuk bulunya yang padat dan agak melekuk. Karenanya dengan membaca artikel ini sampai tuntas semoga dapat menambah wawasan kita tentang ras kucing hias dan membuat Anda tertarik untuk memelihara kucing American Wirehair. Untuk itu bila tertarik dengan ras kucing ini dapat mencarinya di cattery yang ada di sekitar tempat tinggal Anda. Okey.

Oleh: Satria Dwi Saputro
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber Tulisan:
1. https://id.wikipedia.org/wiki/Kucing_bulu_dawai_amerika
2. http://kucingkita.com/ras-kucing/american-wirehair

Sumber Gambar:
https://commons.wikimedia.org/wiki/File:American_Wirehair_-_CFF_cat_show_Heinola_2008-05-04_IMG_8721.JPG


Related Posts :