Senin, 18 Desember 2017

Kelebihan-Kelebihan Keyboard Fisik Smartphone Dibandingkan Keyboard Virtual

Sudah terbit di: https://steemit.com/keyboard/@puncakbukit/kelebihan-kelebihan-keyboard-fisik-smartphone-dibandingkan-keyboard-virtual

Ponsel dengan keyboard fisik memang tersebut terkesan ‘jadul’. Karenanya, kebanyakan orang tak ingin menggunakannya. Kebanyakan pengguna smartphone saat ini pun mengetik teks pada layar touchscreen. Namun, tak lantas smartphone dengan keyboard fisik lenyap begitu saja. Meskipun banyak sekali aneka produk smartphone yang dilengkapi keyboard virtual, beberapa merk smartphone masih memproduksi smartphone dengan keyboard fisik. Bila dikaji lebih mendalam, ponsel dengan keyboard fisik memberikan sejumlah kelebihan dalam hal kenyamanan mengetik. Nah, apa sajakah kelebihan-kelebihan tersebut?


Gambar 1. Keyboard Fisik pada Ponsel

Menggunakan keyboard fisik lebih cepat dan akurat saat sedang melakukan aktivitas tertentu. Ambil contoh, kita sedang berjalan lalu akan akan mengetik message. Sebagian pengguna smartphone mengetik message sambil berjalan. Dengan menggunakan keyboard fisik, kita dapat mengetik lebih cepat dan akurat. Karenanya, lebih menghemat waktu kita untuk mengetiknya. Terlebih, bila akan mengetik message panjang.

Dapat digunakan tanpa mesti melihat keyboard. Otak sebenarnya mampu mengingat posisi deretan huruf yang terpampang pada keyboard. Karenanya, dengan menggunakan keyboard fisik, kita dapat mengetik tanpa mesti melihat keyboard. Sekali lagi, hal ini pun lebih menghemat waktu kita untuk mengetiknya.

Cocok juga bagi yang memiliki kuku jari panjang. Bila jari kuku panjang, akan kurang nyaman mengetik menggunakan keyboard virtual. Sebabnya, jari kuku panjang sangat menghambat proses pengetikkan. Sebaliknya, bila menggunakan keyboard fisik, jari kuku tak akan menghambat proses pengetikkan. Kita akan lebih menekan tombol keyboard, meskipun jari kuku kita panjang.

Cocok juga bagi pengguna yang berusia lanjut. Semakin bertambahnya usia, keluwesan jari untuk bergerak akan semakin menurun. Pandangan pun akan semakin melemah. Tak tertutup kemungkinan, karena dua hal tersebut, tak menyadari telah menekan tombol. Nah, dengan menggunakan keyboard fisik, pengguna smartphone berusia lanjut dapat lebih nyaman mengetik. Sebabnya, menekan tombol akan sangat terasa. Dan juga, lebih mudah memandang keyboard

Selain lebih cepat dan akurat menulis message, lebih cepat dan akurat juga untuk menulis password dan teks rumit lainnya. Menggunakan keyboard virtual untuk menulis teks-teks yang cenderung rumit, seperti password ataupun alamat e-mail, membutuhkan waktu yang lebih lama. Tak tertutup kemungkinan juga, akan salah mengetik huruf. Nah, dengan menggunakan keyboard fisik, kita dapat lebih cepat dan akurat menulisnya. Sekali lagi, sangat menghemat waktu kita.

Tombol keyboard fisik pun dapat kita manfaatkan menjadi shortcut. Karena tombol keyboard fisik berbentuk ‘nyata’, kita dapat memanfaatkanya menjadi shortcut. Ambil contoh, umpamakan kita akan membuka suatu aplikasi. Dengan membukanya via shortcut tombol keyboard fisik, akan lebih cepat membukanya. Contoh lainnya, umpamakan kita akan menelpon seseorang. Cukup dengan menekan shortcut tombol keyboard fisik, kita dapat langsung menghubunginya. Sekali lagi, hal ini pun menghemat waktu kita.

Kesimpulannya, smartphone dengan keyboard fisik sebenarnya tak dapat dipandang sebelah mata. Hanya saja, sekali lagi, smartphone ini cenderung terkesan ‘jadul’.

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi:
https://www.androidcentral.com/10-reasons-you-shouldnt-laugh-when-you-see-someone-using-physical-keyboard-phone

Sumber Gambar:
1. https://cdn.pixabay.com/photo/2016/05/31/10/24/smartphone-1426544_960_720.jpg


Related Posts :