Selasa, 26 Desember 2017

Kiat Menghindari Investasi Bodong

Sudah terbit di: https://steemit.com/investasi/@puncakbukit/kiat-menghindari-investasi-bodong

Salah satu upaya manusia dalam menghadapi masa depan yang tidak pasti adalah dengan melakukan investasi. Investasi diharapkan memberikan keuntungan yang dapat menambah kekayaan. Bentuk investasi bisa bermacam-macam. Pada umumnya investasi yang diketahui berupa penanaman modal di saham atau surat berharga lainnya. Masyarakat umum yang tidak cukup mengetahui bentuk investasi yang tepat dan ke mana investasi ini dilakukan maka masyarakat dapat menggunakan jasa reksa dana. Di mana reksa dana akan mengelola uang masyarakat untuk diinvestasikan ke berbagai macam jenis investasi yang tersedia dan diperkirakan menguntungkan.

C:\Users\Pohan\Downloads\money-1240587.jpg
Gambar 1. Uang Sebagai Modal Investasi

Namun, banyak sekali kasus investasi bodong yang kemudian menyebabkan masyarakat mengalami kerugian. Kasus investasi bodong hampir sama dengan penipuan. Karena perusahaan investasi akan memberikan keuntungan pada awal masa investasi dan beberapa bulan kemudian perusahaan ini tidak memberikan keuntungan dan bahkan ada yang lari dengan membawa uang masyarakat yang menjadi investor. Tentunya masyarakat yang punya uang menginginkan keuntungan dari investasi tanpa ada tipuan. Oleh karena itu ada beberapa cara untuk mengantisipasi investasi bodong tersebut antara lain:

1. Cek kelegalan Perusahaan investasi yang Diinginkan

Periksalah perusahaan Reksa Dana atau investasi yang diinginkan. Cara paling mudah adalah cek di website ojk.go.id. Karena untuk setiap perusahaan investasi yang legal pasti terdaftar di database OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Tentunya dengan mengetahui status legal suatu perusahaan investasi akan memberikan rasa aman dan jika terjadi pelanggaran oleh perusahaan tersebut dapat dilaporkan kepada OJK ataupun kepolisian. Jika tidak terdaftar di OJK maka jangan dipilih karena kemungkinan besar itu merupakan investasi bodong.

2. Periksa Track Record Perusahaan Investasi Tersebut

Periksa track record perusahaan tersebut. Apakah selama ini mampu memberikan keuntungan sesuai dengan yang dijanjikan atau tidak. Karena dengan memeriksa hal tersebut akan menguatkan keinginan masyarakat yang ingin berinvestasi dengan memilih perusahaan investasi yang baik. Namun, pemeriksaan track record hanya berlaku pada perusahaan yang telah berjalan cukup lama sedangkan perusahaan baru sulit untuk dicek sepak terjangnya. Jika demikian maka cek kembali di OJK apakah terdaftar atau tidak. Kemudian periksa siapa saja direktur ataupun petinggi lainnya yang ada di perusahaan tersebut. Banyak para ahli investasi yang bekerja di perusahaan besar kemudian keluar membangun usaha sendiri. Walaupun demikian hal ini tidak bisa menjadi patokan apakah perusahaan investasi tersebut baik atau tidaknya, namun akan membantu masyarakat dalam memiliki perusahaan investasi yang terbaik menurutnya masing-masing.

3. Jangan Malu untuk Bertanya

Sering-seringlah bertanya kepada orang lain yang lebih tahu tentang investasi. Jika tidak ada orang lain yang diketahui datanglah ke salah satu atau beberapa perusahaan investasi dan tanyakan apa saja kepada costumer service. Lebih baik kita bawel di awal namun memperoleh rasa aman daripada asal berivestasi kemudian pusing belakangan. Jika nantinya kita tidak jadi investasi di beberapa perusahaan tersebut tidak menjadi masalah. Lebih baik kita mendatangi beberapa perusahaan investasi dan memperoleh berbagai informasi dari masing-masing perusahaan tersebut kemudian kita menimbang mana perusahaan investasi yang menjadi pilihan.

4. Aktif Mengawasi Perusahaan dan Belajar Membaca Laporan Keuangan

Ketika kita sudah memilih suatu perusahaan investasi kita tentunya harus aktif mengawasi jalannya investasi yang dilakukan perusahaan tersebut. Kita sudah mempercayakan uang yang kita miliki untuk dikelola dan memperoleh untung. Oleh karena itu kita berhak tahu bagaimana kinerja perusahaan tersebut. Pada umumnya kinerja perusahaan dapat dilihat dari laporan keuangan yang dikeluarkan oleh perusahaan tersebut. Wajib hukumnya untuk mengetahui informasi yang tertera di laporan keuangan tersebut. Jangan sampai kita salah memberikan keputusan investasi karena ketidaktahuan akan laporan keuangan. Karena tidak selamanya perusahaan investasi mampu memberikan keuntungan terkadang juga mengalami kerugian yang diderita oleh masyarakat yang berinvestasi. Dengan memiliki pengetahuan membaca laporan keuangan akan membantu kita mengambil keputusan berinvestasi.

Selain berinvestasi pada perusahaan investasi kita juga dapat melakukan investasi pada usaha riil. Salah satunya dengan berinvestasi pada peternakan, pertanian, perdagangan baik itu langsung atau melalui jasa pihak lain. Pilihan berinvestasi bergantung pada pilihan masing-masing. Namun poin penting adalah keamanan berinvestasi harus menjadi faktor utama dalam menghindari investasi bodong.

Oleh: Ahmad Azhari Pohan
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber:
1. https://www.cermati.com/artikel/3-cara-efektif-menghindari-investasi-bodong
2. https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Article/341

Sumber Gambar:
http://www.freeimages.com/photo/money-1240587


Related Posts :