Rabu, 27 Desember 2017

Mengelola Batik Sebagai Ide Usaha Cemerlang

Sudah terbit di: https://steemit.com/batik/@puncakbukit/mengelola-batik-sebagai-ide-usaha-cemerlang

Batik adalah kain bergambar yang pembuatannya secara khusus dengan menuliskan atau menerapkan malam pada kain itu, kemudian pengolahannya diproses dengan cara tertentu yang memiliki kekhasan. Batik Indonesia, sebagai keseluruhan teknik, teknologi, serta pengembangan motif dan budaya yang terkait, oleh UNESCO telah ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) sejak 2 Oktober 2009.


Gambar 1. Batik

popularitas wastra batik sudah semakin mendunia. Tidak hanya digemari oleh masyarakat Indonesia, kain dan busana batik pun juga digemari oleh masyarakat dari berbagai belahan dunia. Oleh sebab itu, produk batik saat ini menjadi salah satu komoditas ekspor andalan Indonesia.

Menurut Nus Nuzulia Ishak, Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan RI, dalam kurun waktu kurang lebih lima tahun terakhir, nilai ekspor batik Indonesia kian meningkat. Ketika berbincang dengan Kompas Female, Nus menjelaskan bahwa antara tahun 2010 hingga 2014 saja, terjadi peningkatan ekspor hingga 153 persen.

Dengan meningkatnya popularitas dan nilai ekspor batik. Tentu ini menjadi peluang yang bagus bagi Anda untuk terjun ke bisnis batik. Bahkan kini dunia pun mulai memberikan apresiasi lebih pada produk-produk asli ibu pertiwi ini.

Semenjak zaman industrialisasi dan globalisasi, batik jenis baru mulai bermunculan. Seperti yang dikenal sebagai batik cap dan batik cetak, sementara batik tradisional yang diproduksi dengan teknik tulisan tangan menggunakan canting dan malam disebut batik tulis.

Model batik yang beredar di pasaran saat ini juga mulai beragam. Batik mulai dikreasikan dengan berbagai bahan lainnya menghasilkan perpaduan yang menakjubkan. Ada beberapa tips yang dapat anda pertimbangkan sebelum memulai bisnis usaha batik.

  1. Modal
    Usaha batik menjadi menarik karena modalnya yang tidak terlalu tinggi, tetapi banyak pelaku usaha yang menyalah-artikan modal besar dengan peluang bisnis yang semakin besar.

    Sesuaikan modal dengan rencana bisnis sekarang hingga ke depannya. Untuk memudahkan Anda, susunlah proyeksi keuangan bisnis selama 3 tahun ke depan sehingga Anda memiliki gambaran berapa jumlah modal yang tepat untuk Anda tanam.

    Selain bergantung pada operasional usaha, modal awal juga bergantung pada supplier batik, lokasi jualan, dan promosi. Dengan memperhitungkan seluruh aspek bisnis, Anda akan terhindari dari kerugian akibat harga modal yang terlalu tinggi. Menghabiskan terlalu banyak uang untuk modal awal tidak menjamin kelangsungan usaha. Modal yang tidak terlalu tinggi pun dapat mengantisipasi kerugian bisnis yang terlalu banyak.

  2. Kreatif dan Inovatif
    Berbisnis batik di tengah persaingan yang sangat ketat ini adalah dengan membuat model sendiri. Perbedaan produk yang dijual memang sesuatu yang mutlak dilakukan agar bisnis Anda bisa dilirik oleh konsumen di tengah banyaknya bisnis serupa.

  3. Mengikuti tren pasar
    Ikuti perkembangan pasar terbaru dari pasaran. agar produk batik yang Anda jual bisa diterima oleh pasaran. Berikan perbedaan produk yang Anda tawarkan dengan produk serupa. Perkembangan pasar batik juga selalu mengalami perubahan yang pesat, dengan banyaknya model-model batik terbaru.

  4. Pemasaran produk atau promosi
    Anda perlu menciptakan pangsa pasar baru dengan melakukan promosi secara giat dan efektif. Kepiawaian dalam mempromosikan produk dapat membedakan Anda dengan pengusaha sukses dan pengusaha gagal. Konsep yang unik dalam melakukan promosi dapat membantu pembeli untuk mengingat produk batik Anda.

    Salah satu cara promosi yang efektif dan menarik perhatian banyak orang adalah melalui sosial media. Perkenalkan toko Anda ke khalayak ramai melalui akun-akun sosial media seperti Facebook, Instagram atau Twitter.

Peluang ini akan sangat menjanjikan apabila anda mampu menemukan sebuah konsep lain dari batik. Batik bahkan bisa saja menciptakan corak batik sendiri, seni pembuatan batik yang tidak hanya pada pakaian atau perpaduan antar corak batik dari beberapa daerah. Hal ini tentu bisa menjadikan pangsa pasar yang bagus dalam bisnis.

Oleh : Nadiran
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi :
1. https://id.wikipedia.org/wiki/Batik
2. http://wowenak.com/menilik-6-tempat-wisata-kampung-batik-di-indonesia/

Referensi gambar :
Gambar 1. https://pixabay.com/en/batik-traditional-heritage-indonesia-2840332/


Related Posts :