Rabu, 13 Desember 2017

Mengenal Keindahan Ikan Convict Cichlid

Sudah terbit di: https://steemit.com/ikanhias/@puncakbukit/mengenal-keindahan-ikan-convict-cichlid

Jenis ikan hias air tawar yang banyak diperjualbelikan di pasar ikan hias kita umumnya adalah ikan impor yang berasal dari Benua Amerika, Asia, dan Afrika. Banyaknya jenis ikan hias impor yang beredar di pasar ikan hias kita disebabkan tampilannya tergolong cantik dan unik. Selain itu, harga ikan hias dari luar negeri pun cukup beragam mulai dari ribuan sampai jutaan rupiah tergantung jenis dan selera para pengobies. Karenanya pada tulisan ini coba mengulik tentang salah satu jenis ikan hias asal Benua Amerika agar semakin dikenal dan menimbulkan rasa ketertarikan untuk memelihara. Adapun nama ikan hias tersebut adalah ikan Convict Cichlid.

Ikan Convict Cichlid merupakan salah satu dari sederet jenis ikan hias yang berasal dari Benua Amerika. Di Benua Amerika keberadaan ikan ini umumnya menghuni perairan tawar yang ada di Guatemala sampai ke Panama. Di habitat aslinya biasanya ikan Convict Cichlid mendiami sungai-sungai kecil berbatu yang berada di daerah pegunungan. Selain itu, bila merawatnya dengan baik kemampuan bertahan hidupnya tergolong cukup lama hingga mencapai 10 tahun. Dan juga, ikan Convict Cichlid cukup mudah beradaptasi dengan kondisi air yang tidak sama dengan habitat aslinya. Biasanya kondisi air yang layak ditinggali ikan Convict memiliki kadar pH sekitar 7.5-8.0. Tapi bila pH air sekitar 6.5 – 8.5 ikan ini pun masih sanggup untuk bertahan hidup.

File:Archocentrus nigrofasciatus female.jpg
Gambar: Ikan Convict Cichlid

Ciri fisik ikan yang bernama latin Archocentrus nigrofasciatus memiliki bentuk tubuh mirip ikan Louhan dengan panjang tubuh sekitar 15 cm. Sirip di bagian atas dan bawah tubuhnya tampak berduri agak tajam dan tumbuh di sepanjang tubuhnya hingga mencapai pangkal ekornya. Pada bagian bawah insangnya terdapat dua sirip yang tidak terlalu lebar dan agak lebar. Ekornya tampak lebar mirip kipas dengan ukuran yang tidak terlalu panjang. Matanya tampak berukuran cukup besar dengan pupil berwarna hitam dan area pupilnya cokelat kekuningan. Mulutnya juga berukuran cukup lebar dan tebal yang menandakannya sebagai ikan pemakan segala.

Tubuh ikan Convict Cichlid tampak berwarna belang hitam dan putih yang terlihat mulai dari kepala sampai pangkal ekornya. Corak belang di tubuhnya membentuk pola vertikal dengan warna hitam berupa garis yang agak tebal dan warna putih yang menutupi sebagian besar badannya. Sirip dan ekornya terlihat berwarna kuning transparan dan sedikit berbaur dengan warna hitam di dekat bagian pangkalnya. Hanya saja, orang-orang yang membudidayakan ikan Convict Cichlid sudah ada melakukan perubahan dengan menghasilkan jenis baru yang memiliki corak warna berbeda seperti warna kuning cerah dan pink albino.

Sewaktu memelihara ikan Convict Cichlid di akuarium dapat menyediakan air dengan kadar pH standar sekitar 7.5 – 8.0. Akuarium yang ditinggalinya sebaiknya berukuran agak besar mengingat ikan ini tergolong aktif bergerak atau lincah. Selain itu, ada baiknya juga supaya akuarium yang menjadi tempat tinggalnya hanya diisi oleh ikan Convict Cichlid saja. Dan makanan yang dapat diberikan bisa beraneka ragam baik itu pellet, sayuran, cacing merah, dan cacing kering.

Yup, demikianlah ulasan tentang ikan Convict Cichlid yang mempunyai corak warna indah dan bentuk fisik mirip ikan Louhan. Untuk itu bagi Anda yang tertarik dengan ikan asal Benua Amerika ini maka tak ada salahnya mencoba memeliharanya dengan membelinya di pasar ikan hias yang ada di kota Anda. Okey.

Oleh: Satria Dwi Saputro
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber Tulisan:
1. http://www.cjaquatic.com/2015/09/convict.html
2. http://ikanhias-id.blogspot.co.id/2014/08/black-convict-cichlid-archocentrus.html

Sumber Gambar:
https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Archocentrus_nigrofasciatus_female.jpg


Related Posts :