Rabu, 06 Desember 2017

Mengenal Keindahan Ikan Sumatera

Sudah terbit di: https://steemit.com/ikanhias/@puncakbukit/mengenal-keindahan-ikan-sumatera

Jenis ikan hias yang umumnya dipelihara orang-orang biasanya berasal ada yang berasal dari luar negeri seperti jenis ikan tetra, discuss, mas koki, koi, dan lainnya. Hal ini dikarenakan jenis ikan tersebut mempunyai bentuk dan corak warna yang indah sehingga peminatnya pun cukup banyak dibandingkan ikan hias dalam negeri. Padahal jenis ikan hias yang hidup di perairan tawar kita juga ada yang mempunyai corak warna dan bentuk tubuh yang tak kalah menarik dibandingkan dengan ikan hias asal luar negeri. Untuk itu pada tulisan coba mengenalkan salah satu jenis ikan hias dari perairan tawar kita yang perlu diketahui. Adapun nama ikan hias tersebut adalah ikan Sumatera.

Ikan Sumatera adalah salah jenis ikan hias air tawar yang habitat hidupnya banyak terdapat di wilayah Sumatera dan Kalimantan. Selain itu, ikan yang dipanggil dengan nama Sumatra Barb juga terdapat di kawasan perairan tawar negara Malaysia dan Thailand. Kehidupan ikan Sumatera di alam liar biasanya menghuni perairan dangkal yang berarus sedang seperti sungai dan rawa-rawa. Kemampuan bertahan hidup ikan mungil ini juga tergolong bagus dengan mampu beradaptasi pada kondisi air yang tampak keruh.

File:Puntius tetrazona (aka).jpg
Gambar: Ikan Sumatera

Ciri fisik ikan yang bernama latin Puntius tetrazona diketahui mempunyai ukuran tubuh yang tergolong kecil dengan panjang hanya sekitar 8 cm saja. Tubuhnya terlihat memanjang dengan bagian badan yang tampak pipih. Kepalanya terlihat agak mengerucut di bagian mulutnya yang sekilas mirip paruh burung. Matanya yang berwarna kehitaman berukuran cukup besar dan terletak dekat dengan mulutnya. Sirip yang dimiliki ikan ini tergolong agak banyak yang tampak di bagian atas dan bawah dekat perutnya. Sirip di bagian atas tubuhnya tampak lebar dan tegak mengikuti arah ekornya. Sirip di bagian bawahnya terlihat ada dua yakni dua sirip yang letaknya dekat dengan perut dan satu sirip lagi berada dekat ekornya. Ekor ikan Sumatera ini berukuran cukup lebar dan tidak terlalu panjang yang tampak berwarna transparan.

Tubuh ikan Sumatera tampak indah dengan balutan warna yang bervariasi membentuk garis secara vertikal. Warna yang menutupi tubuh ikan Sumatera terdiri dari beberapa macam seperti merah, hitam, dan cokelat kemerahan. Warna merah terlihat sirip dekat perut dan area pinggir atas tubuhnya. Warna hitam tampak di sekujur tubuhnya yang berupa garis tebal dengan pola guratan secara vertikal. Lalu warna cokelat kemerahan terlihat di bagian badannya yang cenderung agak pudar. Selain itu, ikan Sumatera juga memiliki sisik yang akan tampak jelas saat lampu akuariumnya berwarna agak kegelapan.

Perlu diketahui juga bahwa ikan Sumatera umumnya dipelihara lebih dari satu ekor dalam satu akuarium. Selain itu, kawanan ikan ini pun juga dapat dicampurkan dengan ikan jenis lain. Hanya saja yang perlu diperhatikan terkait dengan sifatnya yang kadang agresif atau suka mengejar ikan lain yang ukurannya jauh lebih kecil dari nya. Untuk itu saat berpikir akan menyatukannya dengan ikan jenis lain usahakan memiliki sifat yang serupa satu sama lain agar tidak ada yang saling kejar-mengejar dalam akuarium. Selain itu, ikan hias Sumatera juga bisa diberikan pakan kering atau hidup berupa pellet, cacing merah, cacing beku, ataupun jentik nyamuk.

Yup, itulah ulasan tentang ikan Sumatera yang ternyata mempunyai tampilan cukup indah dengan sifat yang terkenal agresif dan gesit. Untuk itu bagi Anda yang tertarik dengan ikan hias dari perairan tawar kita ini dapat mencarinya di berbagai tempat yang menjual ikan hias yang ada di kota Anda. Okey.

Oleh: Satria Dwi Saputro
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber Tulisan:
1. http://www.majalahikan.com/2017/02/benarkah-ikan-sumatra-itu-ikan-hias.html?showComment=1506288539903#c658571485840850172
2. http://www.infoikan.com/2017/02/budidaya-ikan-hias-sumatra-sumatra-barb.html

Sumber Gambar:
https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Puntius_tetrazona_(aka).jpg


Related Posts :