Senin, 11 Desember 2017

Mengenal Lebih Dekat Ikan Hias Peacock Bass

Sudah terbit di: https://steemit.com/ikanhias/@puncakbukit/mengenal-lebih-dekat-ikan-hias-peacock-bass

Berbicara tentang karakter jenis ikan hias yang umumnya dipelihara orang-orang biasanya memiliki karakter yang tenang dan tidak agresif. Hal ini dikarenakan ikan hias yang berkarakter tenang biasanya tidak suka mengejar ataupun memangsa jenis ikan lain yang ada di sekitarnya dan mampu hidup bersama dalam satu akuarium. Hanya saja, jenis ikan yang berkarakter agresif dengan perawakan wajah yang tampak garang juga memiliki banyak penggemar yang memeliharanya. Adapun nama ikan hias tersebut adalah ikan Peacock Bass.

Ikan Peacock Bass merupakan salah satu ikan hias air tawar yang berasal dari perairan di Benua Amerika dengan bentuk wajah yang agak menyeramkan. Dikatakan agak menyeramkan terlihat dari bola matanya yang berukuran cukup besar dengan pupil berwarna hitam dan lingkarannya berwarna kuning terang. Pada bagian mulutnya memiliki ukuran yang cukup besar dengan bagian depan bawah wajah sedikit naik ke atas yang terlihat mirip mulut ikan Arwana. Selain itu ukuran ikan Peacock Bass dewasa tergolong lumayan besar dibanding ikan hias jenis lainnya yang dapat mencapai hingga 70 cm.

File:Peacock bass.jpg
Gambar: Ikan Peacock Bass

Ciri lainnya yang bisa dilihat dari ikan Peacock Bass adalah sirip lebar di bagian atas badannya yang membentang hingga sampai akan menyentuh pangkal ekornya. Di bagian bawah tubuhnya juga terdapat dua sirip yang yang berukuran sedang dan satu sirip lagi di bagian dekat perut yang agak lebar. Tubuhnya terlihat tumbuh memancang dengan bagian depan tampak agak pipih. Selain itu, ikan Peacock Bass terdiri dari beragam jenis yang beberapa di antaranya adalah Temensis Peacock Bass, Orinoco Peacock Bass, Kelberi Peacock Bass, Azul Peacock Bass, dan lain-lain.

Selain memiliki perawakan yang agak menyeramkan sebagai ciri khas ikan Peacock Bass juga tanda lain yang bisa dikenali dari tubuhnya. Tanda tersebut berupa garis hitam yang agak tebal dengan bentuk vertikal di bagian badannya. Selain itu, pada bagian pangkal ekornya terdapat bintik hitam yang berukuran agak besar. Warna yang tampak di badannya tergolong bervariasi dan tiap jenisnya masing-masing memiliki warna yang berbeda-beda. Tapi warna yang umum ada pada ikan Peacock Bass adalah biru terang, hitam, krim pudar, bintik putih, dan kuning terang.

Adapun karakter ikan Peacock Bass dikenal cukup agresif dan perenang yang lincah di alam akuarium. Keagresifannya tampak dari keinginan untuk memakan apapun yang ada di hadapannya baik itu makanan yang diberikan maupun ikan kecil atau sedikit agak besar yang ada di dekatnya. Karenanya, orang-orang yang memelihara ikan asal Benua Amerika ini hanya mencampur dengan ikan sejenis ataupun hidup bersama ikan yang karakter dan ukuran badannya hampir serupa.

Bicara tentang harganya bahwa ikan Peacock Bass tergolong ikan hias air tawar yang dibandrol dengan harga cukup mahal. Untuk anakannya biasanya dipatok harga berkisar 15 ribuan dan ikan dewasa dihargai mencapai ratusan ribu rupiah. Mahalnya harga ikan Peacock Bass dikarenakan sebagian besar jenisnya masih diimpor dari berbagai negara dan hanya beberapa jenis saja yang berhasil dibudidayakan oleh petani ikan hias. Karenanya memang masih belum banyak para penjual ikan hias yang menjual ikan Peacock Bass ini. Padahal masyarakat kita sudah mulai banyak yang tertarik dengan ikan ini dengan memeliharanya di dalam akuarium.

Yup, demikianlah ulasan tentang ikan Peacock Bass yang dikenal memiliki perawakan agak menyeramkan dan karakternya juga tergolong agresif. Karenanya bagi Anda yang tertarik dengan ikan Peacock Bass dapat mencarinya di pasar ikan hias yang ada di kota Anda. Okey.

Oleh: Satria Dwi Saputro
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber Tulisan:
1. https://ikanpredator.net/2016/10/12/jenis-jenis-peacock-bass-pbass-cichla/
2. https://ferboes.com/2013/11/05/peacock-bass-gede-mulutnya-banyak-makannya/

Sumber Gambar:
https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Peacock_bass.jpg


Related Posts :