Rabu, 20 Desember 2017

Mengenal Lebih Dekat Kucing Ocicat

Sudah terbit di: https://steemit.com/kucing/@puncakbukit/mengenal-lebih-dekat-kucing-ocicat

Jenis ras kucing hias yang jumlahnya cukup banyak saat ini tidak semuanya berasal dari ras murni tanpa melakukan perkawinan silang. Sebab banyak juga di antaranya diperoleh dengan cara mengkawin silangkan antar kucing ras berbeda agar menghasilkan ras kucing hias baru dengan membawa ciri khas dari masing-masing indukannya. Hal ini dimaksudkan agar jumlah ras kucing hias semakin bervariasi dan menimbulkan minat orang-orang agar tertarik memelihara kucing. Untuk itu . Adapun nama ras kucing hias tersebut adalah kucing Ocicat.

Kucing Ocicat termasuk salah satu ras kucing hias yang dihasilkan dengan melakukan dua kali perkawin silangan. Dua indukkan pertamanya yang menjadi awal perkawinan silang adalah ras kucing Siam dan Abyssinian yang dikenal memiliki bulu pendek dengan corak warna bulu cokelat kemerahan dan abu-abu kehitaman. Setelah itu, anakkannya akan dikawin silangkan kembali dengan ras kucing domestik asal Amerika yang bernama American Shorthair. Alhasil, ciri fisik kucing Ocicat memiliki corak warna bintik-bintik hitam kecokelatan mirip belang Tutul. Adapun hasil perkawin silangan demi mendapatkan ras kucing Ocicat ini dilakukan di Amerika Serikat sekitar tahun 1964.

Ciri fisik kucing Ocicat tentunya tampak ada kemiripan dari tiap masing-masing indukkan awalnya yakni ras kucing Siam, Abyssinian, dan American Shorthair. Kemiripan antar ketiganya terlihat dari warna dasar kucing Ocicat yang berwarna cokelat kemerahan dengan adanya bintik-bintik dan garis berwarna hitam menyerupai Tutul. Selain itu, ukuran tubuhnya tergolong agak besar dengan bagian dada, perut, punggung atas, dan keempat kakinya yang tampak berisi. Kepalanya berbentuk agak besar dengan bentuk mata oval dan telinga yang berukuran cukup lebar. Ekornya yang juga berwarna tutul berukuran lumayan panjang dengan bagian ujungnya berwarna hitam pekat. Hanya saja, dalam perkembangannya warna dasar kucing Ocicat tidak hanya cokelat kemerahan tapi juga ada yang berwarna krim terang dengan ciri bintik berukuran agak besar.

File:Ocicat Fond Blanc.jpg
Gambar: Ras Kucing Ocicat

Walaupun kucing Ocicat memiliki corak warna mirip macan Tutul bukan berarti sifat aslinya agresif dan kurang bersahabat dengan manusia. Sebab sifat dasar ras kucing Ocicat dikenal cukup jinak dan mudah dilatih dengan melakukan beberapa perintah dasar seperti menangkap benda yang dilemparkan ke arahnya. Selain itu, ras kucing asal Amerika ini tergolong aktif bermain dan cukup jinak saat dipanggil oleh majikannya. Dan juga, sifat lainnya yang perlu diketahui dari ras kucing belang Tutul ini adalah tingkat beradaptasinya yang cukup baik dan termasuk hewan peliharaan bersahabat yang tidak takut kepada orang lain. Hanya saja, melihat bahwa kucing Ocicat merupakan kucing aktif dan selalu ingin bermain dengan majikannya. Maka ada baiknya kita tidak mudah meninggalkannya terlalu lama sendirian di rumah. Sebab ras kucing ini akan merasa bosan saat majikannya sedang tidak berada di rumah.

Yup, demikianlah ulasan terkait dengan kucing Ocicat yang menjadi salah satu ras kucing yang berasal dari hasil perkawinan silang beberapa jenis kucing. Karenanya, dengan membaca artikel ini sampai tuntas kiranya dapat membuat Anda tertarik untuk memeliharanya. Akan tetapi yang perlu diperhatikan saat merawatnya adalah dapat meluangkan waktu sesering mungkin untuk mengajaknya bermain atau sekedar mengelus kepalanya. Okey.

Oleh: Satria Dwi Saputro
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber Tulisan:
1. http://kucingmu.com/meong/kucing-ocicat-ras-campuran-kucing-liar-dan-domestik-yang-unik/
2. http://kucinggue.blogspot.co.id/2013/06/mengenal-kucing-ocicat.html
3. https://id.wikipedia.org/wiki/Ocicat

Sumber Gambar:
https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Ocicat_Fond_Blanc.jpg


Related Posts :