Selasa, 19 Desember 2017

Mengenal Tanaman Sirih Merah

Sudah terbit di: https://steemit.com/sirih/@puncakbukit/mengenal-tanaman-sirih-merah

Mengapa menulis tentang tanaman sirih merah? Alasannya sederhana saja sih. Kebetulan di samping rumah tanaman sirih merah tumbuh dengan subur menjalar di dinding kamar mandi. Keberadaan tanaman ini membuat dinding kamar mandi tampak lebih semarak. Daunnya yang lebat dan berwarna merah perak tampak indah menutupi permukaan tembok. Pemandangan ini menginspirasi saya untuk membuka kembali lembaran-lembaran buku dan laman web yang membahas tentang tanaman sirih merah. Hasilnya sungguh menakjubkan. Ternyata, tanaman sirih merah tidak hanya cantik tapi juga memiliki beragam khasiat hebat bagi kesehatan.


Gambar 1. Tanaman Sirih Merah

Ciri Morfologi Tanaman Sirih Merah

Menurut Lina Mardiana dan Tim Ketik Buku dalam buku Daun Ajaib Tumpas Penyakit Kanker, Diabetes, Hepatitis, Kolesterol dan Jantung (Penebar Swadaya, 2012), sirih merah merupakan jenis tanaman sirih yang banyak tumbuh di daerah tropis terutama Indonesia. Awalnya tanaman ini lebih dikenal sebagai tanaman hias. Bentuk dan warna daunnya yang cantik, batangnya yang tumbuh merambat memungkinkan untuk dibentuk sedemikian rupa sehingga membuat tanaman ini tampak indah dipandang. Tak jarang tanaman ini ditanam di pekarangan bahkan dalam pot di teras rumah.

Tanaman sirih merah bisa dikenali dengan mudah dari bentuk dan warna daunnya. Sirih merah memiliki daun berbentuk jantung dengan bagian ujung daun meruncing. Permukaan daun mengkilap, tidak merata dan berwarna hijau keperakan. Jika dibalik akan terlihat permukaan bagian bawah daun yang berwarna merah marun.

Bagaimana dengan morfologi batangnya? Tanaman sirih merah tumbuh merambat di pagar, pohon atau media rambatan lainnya. Sirih merah memiliki batang berbentuk bulat beruas-ruas dan berwarna hijau keunguan. Pada setiap ruas tumbuh tangkai-tangkai tempat tumbuhnya daun tanaman sirih merah dan akar rambatan yang berfungsi untuk mencengkram media rambat tanaman ini nantinya.

Rahasia di Balik Keindahan Daun Sirih Merah

Bentuk dan warna daunnya yang indah membuat tanaman ini lebih dikenal sebagai tanaman hias dari pada tanaman obat. Banyak dibudidayakan di halaman rumah dan media pot. Namun belakangan semakin banyak yang mengenal bahwa di balik keindahan daunnya, tanaman eksotik ini juga berkhasiat obat. Terutama lembaran daunnya yang banyak dimanfaatkan sebagai herbal penyembuh.


Gambar 2. Penampakan Permukaan Bawah Daun Sirih Merah

Pemanfaatan daun sirih merah sebagai obat awalnya hanya berdasarkan pengalaman secara turun temurun di masyarakat. Dalam tradisi masyarakat Jawa, khususnya di Keraton Yogyakarta daun sirih merah sudah dikonsumsi sejak zaman dahulu dan diwariskan secara turun temurun untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Awalnya daun sirih merah banyak dimanfaatkan oleh masyarakat untuk mengobati penyakit ambeien, keputihan dan obat kumur. Namun seiring perkembangannya, mulai diketahui bahwa daun sirih merah juga berkhasiat untuk mengobati berbagai penyakit berbahaya lainnya seperti, diabetes dan kanker.

Mengapa daun sirih merah begitu mujarab mengobati berbagai penyakit? Ternyata hal tersebut tidak luput dari kandungan senyawa fitokimia yang terkandung dalam daun sirih yang cantik tersebut. Dokter Prapti Utami dan Desty Ervira Puspaningtyas, S.Gz dalam bukunya The Miracle of Herbs (Agromedia Pustaka, 2013) menulis bahwa secara empiris, sirih merah dapat memperbaiki berbagai jenis penyakit seperti diabetes militus, hepatitis, batu ginjal, menurunkan kolesterol, mencegah stroke, asam urat, hipertensi, tukak lambung dan lain sebagainya. Disebutkan dalam tulisan yang sama bahwa daun sirih merah mengandung senyawa utama yang berkhasiat menyembuhkan berbagai penyakit diantaranya yaitu flavanoid, alkaloid, tanin dan minyak atsiri. Selain itu, daun sirih juga diketahui mengandung senyawa karvakrol. Senyawa karvakrol dikenal bersifat disinfektan dan anti jamur sehingga sangat berguna sebagai antiseptik.

Nah ternyata tanaman sirih merah tidak hanya indah bukan? Tapi juga memiliki segudang manfaat obat dibalik keindahan daunnya. So, jika di halaman rumahmu ada tanaman sirih merah jangan di sia-siakan ya? Pelihara keindahan tanaman ini sebaik mungkin. Sebab, di balik keindahan lembaran-lembaran daunnya tersimpan senyawa fitokimia yang berkhasiat untuk menumpas berbagai penyakit berbahaya.

Oleh: Neti Suriana
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi Tulisan:
1. Mardiana, L dan Tim Ketik Buku, 2012. Daun Ajaib Tumpas Penyakit Kanker, Diabetes, Ginjal, Hepatitis, Kolesterol dan Jantung. Jakarta: Penebar Swadaya.
2. Utami, P.dr dan Puspaningtyas, D.E. 2013. The Miracle of Herbs. Jakarta: Agromedia Pustaka.

Referensi Gambar:
Gambar 1: Dokumen Pribadi
Gambar 2: Dokumen Pribadi


Related Posts :