Jumat, 22 Desember 2017

Nebelung, Si Kucing Biru Berbulu Lebat dari Amerika

Sudah terbit di: https://steemit.com/kucing/@puncakbukit/nebelung-si-kucing-biru-berbulu-lebat-dari-amerika

Bila ditanyakan tentang ras kucing Nebelung mungkin tidak banyak yang mengenal dan mengetahui asal usulnya. Hal tersebut terasa wajar sebab ras kucing Nebelung cenderung kurang terlalu populer dengan penampilan sedikit mirip kucing Persia. Selain itu, jumlah kucing Nebelung yang tersebar di berbagai negara tergolong jauh lebih sedikit dibanding ras kucing lainnya. Karenanya, dikatakan ras kucing asal Amerika ini termasuk cukup langka dan kurang banyak yang memeliharanya. Untuk itu pada artikel ini coba mengulik lebih jauh lagi tentang kucing Nebelung agar semakin dikenal luas oleh para penghobies sekalian.

Ras kucing Nebelung merupakan salah satu ras kucing hias yang terlahir dengan adanya rekayasa genetik melalui perkawinan silang antar kucing yang berbeda ras. Jenis kucing yang menjadi cikal bakalnya ras kucing ini adalah ras kucing mirip Anggora dan ras kucing lokal jantan berbulu pendek yang ada di Amerika. Anak kucing pertama yang terlahir dari masing-masing ras kucing tersebut memiliki ciri bulu berukuran sedang dengan warna yang tampak biru keabu-abuan dan kaki beserta ekornya terlihat cukup panjang. Selang lima bulan berikutnya kemudian lahir kembali anak kucing dari indukkan yang sama dengan ciri bulu yang berukuran jauh lebih panjang dibanding anakan sebelumnya.

Adapun proses perkawinan silang untuk menghasilkan ras kucing Nebelung dilakukan oleh Cora Cobb yang berlangsung sekitar tahun 1980-an. Sebelum mendapatkan status ras kucing hias baru dari TICA sekitar tahun 1997 terlebih dahulu mendaftarkan dua anakan kucing yang lahir dari dua indukkan berbeda. Selanjutnya, dua anakan kucing tersebut saat dewasanya dikawinkan untuk menyempurnakan ras kucing Nebelung dengan ciri yang tidak sama persis dari indukkan pendahulunya.

File:Nebelung Male, Aleksandr van Song de Chine.JPG
Gambar: Ras Kucing Nebelung

Ciri fisik kucing Nebelung memiliki ukuran tubuh yang berukuran besar dengan kaki dan ekor yang panjang. Bulu-bulunya berukuran agak panjang yang tampak di bagian leher, perut, punggung, paha kaki, dan ekornya. Warna bulunya hanya terdiri dari satu warna saja yakni abu-abu kebiruan yang menutupi seluruh area tubuhnya. Selain memiliki kaki yang panjang juga tampak agak besar dan kekar. Ekornya yang panjang dan berwarna abu-abu kebiruan tampak diselimuti bulu-bulu halus yang lebat dan berukuran cukup panjang. Matanya yang berbentuk agak oval tampak berwarna kuning dengan pupil yang terlihat agak hitam. Telinganya juga tampak lebar dan tegak berdiri yang sedikit menghadap depan dengan adanya bulu-bulu halus panjang di sekitarnya. Bagian area pipi dan mulutnya tampak agak sedikit tirus dengan menonjol ke depan mirip kucing liar.

Walaupun kucing Nebelung memiliki ukuran tubuh yang besar dengan bentuk wajah yang agak sangar bukan berarti sifatnya juga tidak bersahabat dengan manusia. Sebab ras kucing Nebelung termasuk salah satu kucing hias yang cukup pemalu dengan orang yang belum terlalu dikenalnya. Begitu pemalunya kucing asal Amerika ini terlihat dari anakkannya yang membutuhkan waktu agak lama untuk bisa menyesuaikan diri agar merasa nyaman di rumah pemilik barunya. Selain itu, kucing Nebelung tergolong cukup cerdas dan senang bermain dengan pemiliknya.

Yup, demikianlah ulasan tentang ras kucing Nebelung yang tergolong ras kucing hias baru dengan jumlah populasi yang tidak sebanyak ras kucing hias lainnya. Untuk itu tidak diketahui secara jelas terkait keberadaannya di cattery resmi yang ada di Indonesia. Karenanya, bagi Anda yang tertarik dengan kucing Nebelung mungkin tak ada salahnya mencarinya di cattery yang ada di wilayah kota Anda. Okey.

Oleh: Satria Dwi Saputro
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber Tulisan:
http://kucingmu.com/meong/kucing-nebelung-long-hair-jenis-ras-berbulu-lebat-yang-langka/
http://kucinggue.blogspot.co.id/2013/06/mengenal-kucing-nebelung.html

Sumber Gambar:
https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Nebelung_Male,_Aleksandr_van_Song_de_Chine.JPG


Related Posts :