Minggu, 28 Januari 2018

American Bobtail, Si Kucing Hias Ekor Pendek dari Amerika

Sudah terbit di: https://steemit.com/kucing/@puncakbukit/american-bobtail-si-kucing-hias-ekor-pendek-dari-amerika

Jenis kucing hias yang berekor pendek termasuk cukup banyak digemari orang-orang di berbagai negara termasuk Indonesia. Banyaknya orang-orang yang menggemari kucing berekor pendek dikarenakan bentuk badan yang tergolong besar dengan bulu-bulu yang lebat. Selain itu, keberadaan ras kucing yang ekornya pendek terdapat di berbagai negara seperti Jepang dengan kucing Japanese Bobtail, Inggris dengan kucing Manx, dan Amerika dengan kucing American Bobtail. Khusus pada tulisan ini hanya mengulik tentang kucing ekor pendek dari Amerika yang bernama kucing American Bobtail. Adapun alasannya disebabkan dua jenis lainnya sudah dijelaskan pada artikel-artikel sebelumnya.

Kucing American Bobtail merupakan ras kucing hias yang terbentuk secara alami dengan hanya sedikit mendapat bantuan dari orang yang pertama kali menemukannya. Diketahui bahwa ras kucing American Bobtail memiliki indukkan yang berasal dari kucing liar ekor pendek di Amerika. Setelah itu, kucing liar ekor pendek tersebut kawin dengan kucing lokal yang menghasilkan anakan jantan yang ekornya juga pendek. Anakan dari kucing liar ekor pendek itu pun selanjutnya dipelihara oleh sebuah keluarga pasangan muda yang bernama Sanders yang tidak sengaja menemukannya di sekitar cagar budaya Indian.

File:American bobtail 2.jpg
Gambar: Kucing American Bobtail

Adapun proses pengembangbiakkan kucing American Bobtail dalam rangka menyempurnakan genetiknya dilangsungkan pada tahun 60-an. Selain itu, diakuinya kucing American Bobtail sebagai ras kucing hias tersendiri oleh International Cat Association berlangsung di tahun 1989. Tapi di tahun 2000-an kembali ras kucing American Bobtail diakui oleh organisasi Cat Fanciers Associaton. Dengan adanya pengakuan terhadap ras kucing American Bobtail oleh organisasi pencinta kucing hias membuatnya pun mulai banyak dikenal orang-orang.

Ciri fisik kucing American Bobtail memiliki ukuran tubuh yang tergolong besar dengan panjang tubuh sekitar 60 cm. Bulu-bulu yang menutupi hampir seluruh tubuhnya berukuran cukup pendek mirip jenis kucing ekor pendek lainnya. Tapi bulu yang tumbuh di bagian lehernya tampak berukuran agak lebih panjang dan lebat yang bentuknya sedikit menyerupai kucing Angora Turki. Selain itu, bulu yang tumbuh di bagian ekornya pun berukuran agak panjang dan lebat. Corak warna tubuhnya umumnya membentuk pola belang dengan warna hitam dan cokelat krim.

Di samping itu, ukuran kepala kucing American Bobtail tampak besar dengan bentuk mata dan telinga yang juga tak kalah besar. Keempat kakinya juga terlihat agak besar dan berukuran agak panjang. Kumisnya tampak lurus dan ukurannya juga cukup panjang yang berbeda dengan ras kucing hias lainnya. Selain itu, karakter atau sifat kucing American Bobtail tergolong aktif dan suka diajak bepergian oleh pemiliknya keluar rumah. Perilaku lainnya dari kucing ekor pendek ini terkenal suka bermain dengan kucing peliharaan dan lainnya. Tapi sifat aneh yang perlu diperhatikan adalah kelakuannya yang suka menyembunyikan benda-benda yang tampak mengkilap.

Mengingat kucing American Bobtail memiliki tampilan yang sedikit unik dan berbeda dari ras kucing Amerika lainnya membuatnya cukup digemari orang-orang di berbagai negara. Selain itu, harga kucing American Bobtail tergolong mahal yang mencapai sekitar enam juta rupiah per ekornya. Untuk itu bagi Anda yang tertarik dengan kucing American Bobtail dapat mencarinya di cattery resmi agar kucing yang dibeli nantinya terjaga kesehatan dan ada sertifikatnya. Okey.

Oleh: Satria Dwi Saputro
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber Tulisan:
1. http://majalahhewan.com/2017/07/kucing-american-bobtail/
2. http://www.kucingkita.com/ras-kucing/american-bobtail

Sumber Gambar:
https://commons.wikimedia.org/wiki/File:American_bobtail_2.jpg


Related Posts :