Kamis, 11 Januari 2018

Efektivitas menghafal

Sudah terbit di: https://steemit.com/materi/@puncakbukit/efektivitas-menghafal

Bagi seorang pelajar aktivitas menghafal adalah aktivitas yang biasa dilakukan. Beberapa materi yang disampaikan di sekolah terkadang harus dihafalkan untuk mempermudah kita dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.


Gambar 1. Tumpukan buku

Namun, bagi sebagian orang menghafal adalah hal yang sulit dilakukan. Kalaupun mudah dihafalkan, hafalan tersebut akan mudah hilang. Hal ini tentu menyusahkan mengingat sebagian besar materi sekolah memerlukan hafalan. Untuk itu beberapa metode atau langkah menghafal di bawah ini bisa dijadikan referensi anda dalam menghafal materi.

  1. Bacalah materi ingat untuk fokus
    Hal yang pertama yang harus anda lakukan ketika ingin menghafal suatu materi adalah membaca materi tersebut sampai tuntas. Dan satu hal penting yang tidak boleh dilupakan adalah fokus. Konsentrasi dapat mempermudah kita untuk menghafal. Kalau anda belum bisa fokus bila membaca sekali ulangi beberapa kali hingga anda dapat membaca materi tersebut dengan fokus. Hal ini memang menghabiskan waktu tetapi materi yang anda hafalkan mungkin tidak akan cepat hilang.

  2. Beri warna bagian yang penting
    Jika materi dirasa terlalu banyak. Anda bisa membaca materi dan memberi tanda bagian – bagian yang penting. Bacalah bagian yang penting tersebut. Ketika kita tahu bagian yang penting dari suatu materi hal itu akan memudahkan kita dalam menghafal karena kita tidak perlu menghafal semua kata dalam materi tersebut. Cukup bagian pentingnya saja dan selebihnya bisa kita kreasikan sendiri.

  3. Tulis kembali atau buat rangkuman
    Jika anda masih merasa kesulitan dalam meghafalkan materi anda dapat menuliskannya di kertas maupun buku. Selagi mencatat anda bisa mencermati bagian per bagian. Diharapkan dengan begitu materi semakin mudah dihafal dan dapat bertahan lama dalam pikiran anda. Setelah selesai merangkum alangkah baiknya anda memberi warna atau menghias kertas rangkuman materi anda agar anda lebih tertarik untuk membaca ulang materi tersebut.

  4. Hafalkan sedikit demi sedikit
    Ketika akan menghadapi ulangan baik ulangan harian maupun ujian. Ada baiknya anda menyiapkan materi itu jauh – jauh hari. Dengan begitu anda bisa menghafalkan materi sedikit demi sedikit tidak sekaligus. Selain lebih memudahkan kamu, menghafal sedikit demi sedikit juga tidak membebani kita dan dapat bertahan lebih lama dari pada materi yang dihafalkan sekaligus.

  5. Menggunakan rekaman
    Kamu dapat membaca materi yang akan kamu hafalkan, lalu rekam di ponsel atau alat perekam suara. Dengarkan selagi kamu punya waktu atau di sela- sela aktivitas harianmu lakukan terus menerus. Lama kelamaan kamu sudah bisa menguasai materi tersebut.

Itulah beberapa tips untuk menghafalkan materi. Menghafalkan materi bisa jadi aktivitas yang membosankan atau membebani anda. Tetapi, kewajiban seorang pelajar adalah menguasai materi dan penguasaan tersebut bisa diperoleh dengan hafalan. Penguasaan materi juga membuat nilai kita lebih baik daripada saat kita tidak menguasai materi.

Oleh : Call Me
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi :
1. http://www.wartamadrasahku.com/2016/04/metode-hafalan-dan-prestasi-belajar.html
2. http://ucenkscoutingmurajaah.blogspot.co.id/2017/03/macam-macam-metode-dalam-menghafal-al.html

Referensi gambar : 1. https://pixabay.com/en/books-reading-literature-study-1670670/


Related Posts :