Sabtu, 06 Januari 2018

Mengenal Lebih Dekat Kucing American Shorthair

Sudah terbit di: https://steemit.com/kucing/@puncakbukit/mengenal-lebih-dekat-kucing-american-shorthair

Bila ditanya tentang kucing American Shorthair mungkin sebagian besar dari para pencinta kucing hias di Indonesia sudah mengenal ataupun bahkan memeliharanya. Hal ini dikarenakan ras kucing berbulu pendek dari tanah Amerika ini tidak hanya digemari oleh orang-orang di negerinya saja tapi juga di berbagai negara termasuk Indonesia. Adapun alasan orang-orang menyukai ras kucing American Shorthair sangatlah beragam mulai dari perilakunya yang aktif dan ciri fisiknya yang lucu. Untuk itu pada tulisan ini coba menguliknya lebih dalam lagi agar semakin dikenal bagi para pencinta kucing hias di Indonesia.

Kucing American Shorthair merupakan kucing endemik yang sudah lama ada di tanah Amerika. Tapi nenek moyang atau keturunan awalnya berasal dari Benua Eropa menggunakan kapal Mayflower saat mendatangi Amerika di bagian utara untuk membuat kolonial baru yang terjadi sekitar tahun 1620-an. Jenis indukkan awal atau keturunan pertama kucing American Shorthair ini berasal dari keturunan ras European Shorthair dan British Shorthair. Di Amerika kehidupan kucing ini tergolong agak keras mengingat kondisi lingkungan di sana yang banyak tikus. Karenanya dalam sejarah kehadiran kucing American Shorthair sering diajak berburu tikus oleh pemiliknya.

Adapun ciri fisik kucing American Shorthair memiliki ukuran bulu yang cukup pendek mulai dari kepala sampai ujung ekornya. Tubuhnya tampak agak besar tapi tidak terlalu panjang dengan ukuran sekitar 50 cm. Kepalanya berukuran agak besar dengan bola mata yang juga cukup besar dan berbentuk oval. Telinganya tegak berdiri dan berdiameter cukup lebar dengan bulu halus yang menutupi bagian depannya. Hidungnya tidak terlalu besar dan agak pipih atau dalam bahasa kita disebut pesek dengan bagian mulut atas yang tampak gemuk sampai menutupi bagian mulut bawahnya.

File:American shorthair blotched tabby.jpg
Gambar: Kucing American Shorthair

Ciri lainnya yang perlu diketahui dari kucing asal Amerika ini adalah keempat kakinya yang berukuran agak gemuk atau besar dan tidak terlalu panjang. Ekornya berukuran sedang dengan bentuk yang agak besar dikarenakan tebalnya bulu yang menutupinya. Corak warna kucing American Shorthair umumnya hanya terdiri dari dua warna yakni hitam dan putih yang membentuk pola belang-belang mirip corak warna Zebra. Tapi dalam perkembangannya, corak warna tubuhnya cukup bervariasi yang terdiri dari warna cokelat, kuning krim, cokelat kehitaman, dan bahkan belang tiga. Selain itu, sewaktu musim dingin tiba biasanya bulu kucing American Shorthair akan terlihat semakin tebal dan akan rontok di musim semi.

Nah, karakter atau sifat kucing American Shorthair dikenal cukup aktif dengan suka diajak bermain ataupun berburu tikus oleh pemiliknya. Selain itu, kucing berwarna belang ini mudah bersahabat dengan anak-anak dengan tidak mencakar ataupun pergi menjauh. Sifat lainnya yang dapat diketahui dari ras kucing ini sangat jarang mengeluarkan suara untuk membangunkan pemiliknya di malam hari. Dan juga, kepada pemiliknya terkadang suka bermanja dengan menyentuhkan kepala dan badannya ke sisi kaki atau badan pemiliknya.

Yup, demikianlah ulasan terkait kucing American Shorthair yang mempunyai ciri fisik yang lumayan lucu dengan sifat yang cukup disenangi orang-orang. Karenanya tak khayal keberadaan kucing American Shorthair ini pun di berbagai negara lumayan banyak yang memeliharanya termasuk di Indonesia. Selain itu, harga yang dibandrol untuk kucing ini pun tergolong terjangkau berkisar di antara dua jutaan rupiah untuk tiap ekornya yang sudah dewasa. Untuk itu bagi Anda yang tertarik dengan ras kucing American Shorthair mungkin dapat mencarinya di cattery resmi yang ada di kota Anda. Terima kasih.

Oleh: Satria Dwi Saputro
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber Tulisan:
1. http://www.kucingkita.com/ras-kucing/american-shorthair-ash
2. https://petlogue.com/curation/american-shorthair-kucing-paling-sehat-ini-5-fakta-menarik-lainnya/

Sumber Gambar:
https://commons.wikimedia.org/wiki/File:American_shorthair_blotched_tabby.jpg


Related Posts :