Sabtu, 06 Januari 2018

Omega tiga untuk otak anak

Sudah terbit di: https://steemit.com/omega/@puncakbukit/omega-tiga-untuk-otak-anak

Omega 3 memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, salah satunya untuk kecerdasan otak. Omega 3 adalah asam lemak essensial, yaitu lemak yang diperlukan untuk kesehatan tetapi tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh. Asam lemak omega 3 dapat diperoleh dari ikan seperti ikan tuna, ikan salmon, makarel dan ikan laut lainnya terutama yang berlemak dan hidup di air laut yang dalam.


Gambar 1. Minyak omega tiga

Omega tiga juga sangat baik untuk anak – anak dan ibu hamil, berikut manfaatnya.

  • Mengurangi risiko kelahiran prematur
  • Meningkatkan kemampuan anak dalam belajar membaca
  • Mengurangi risiko penyakit jantung di kemudian hari
  • Mengurangi risiko berbagai macam alergi kulit
  • Membantu mencegah demensia
  • Mencegah hilangnya penglihatan
  • Meredakan peradangan pada artritis rematoid
  • Mengurangi risiko depresi
  • Mengurangi risiko penyakit kardiovaskular

Adapun makanan – makanan yang kaya akan kandungan omega tiga.

  1. Ikan
    Omega-3 memang paling banyak ditemukan pada ikan. Walaupun suplemen cod liver oil sudah banyak tersedia dan baik pula untuk dikonsumsi, asam lemak omega-3 paling baik didapat dengan mengkonsumsi ikan secara langsung. Mengapa? Ini karena dalam ikan yang dimakan secara langsung, anak akan mendapat semua vitamin dan mineral yang penting bagi metabolisme. Jenis ikan yang banyak disarankan selain cod adalah tuna, salmon, lele, dan belut. Banyak makan ikan akan mencerdaskan otak anak. Jadi, yuk, biasakan anak makan ikan!

  2. Bayam
    Sebenarnya, bukan hanya bayam yang merupakan jenis sayur yang kaya akan omega-3. Brokoli, kol, kubis, dan sayuran hijau lain juga disinyalir mengandung omega-3. Sayuran juga mengandung antioksidan yang berfungsi melawan zat berbahaya dalam tubuh yang menunjang fungsi kulit dan otak anak. Vitamin C dalam sayuran juga akan melindungi otak anak dari banyak penyakit. Bayam juga kaya akan zat besi yang baik untuk kekuatan tulang dan gigi.

  3. Kacang – kacangan
    Jika anak doyan mengemil kacang-kacangan, sebenarnya kita tidak perlu khawatir, asal diperhatikan kuantitasnya. Pilihlah jenis kacang almond, kedelai, kenari, atau walnut yang lebih baik dari jenis lainnya. Kacang-kacangan dan biji-bijian merupakan sumber omega-3 dan vitamin E yang mampu menunjang kekuatan otak, khususnya dalam hal memori. Kita pun dapat mencampur kacang dalam sereal atau oatmeal saat membuatkan anak sarapan. Kalaupun anda tidak mau ribet dalam menyiapkan makanan makanan tersebut anda bisa menggantinya dengan suplemen pendamping makanan dengan kandungan gizi yang tepat.

Jika anak anda susah makan anda dapat memberikan suplemen omega tiga agar lebih praktis. Saat ini telah banyak beredar berbagai macam suplemen omega tiga dengan harga terjangkau dan khasiat yang tidak jauh berbeda dengan mengkonsumsi omega tiga yang terdapat pada bahan makanan alias alami.

Oleh : Call me
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi :
1. https://id.theasianparent.com/manfaat-omega-3-bagi-bayi-dan-anak/
2. http://www.morinagaplatinum.com/article?slug=manfaat-omega3-bagi-sikecil

Referensi gambar : https://pixabay.com/en/capsule-pill-health-medicine-1079838/


Related Posts :