Jumat, 26 Januari 2018

Pentingkah Sertifikasi Halal

Sudah terbit di: https://steemit.com/halal/@puncakbukit/pentingkah-sertifikasi-halal

Sebagai umat muslim, perkara halal dan haram merupakan hal yang sangat mutlak. Muslim mewajibkan untuk konsumsi yang halal dan melarang konsumsi yang haram. Secara umum yang dilarang untuk dikonsumsi adalah babi dan anjing serta berbagai macam produk turunannya yang saat ini banyak tersebar dan dikhawatirkan bercampur dengan produk lainnya. Selain babi dan anjing tentu NAPZA minuman beralkohol yang memabukkan juga dilarang untuk dikonsumsi.

Dunia mulai melirik perkara halal dikarenakan terdapat peluang bisnis yang besar dari industri halal ini. Hal ini dikarenakan pesatnya pertumbuhan jumlah umat muslim di seluruh dunia, oleh karena itu permintaan akan produk halal semakin meningkat. Industri halal terdiri dari keuangan, farmasi, makanan dan minuman, produk kesehatan, kosmetik, pendidikan, medis, seni dan budaya, pariwisata dan fashion. Namun makanan dan minuman merupakan adalah produk paling berkembang saat ini. Indonesia melalui LPPOM MUI, sebagai lembaga sertifikasi halal resmi di Indonesia menjadi salah satu pionir utama yang fokus pada perkara produk halal. Keberadaan lembaga ini sangat penting di Indonesia dikarenakan jumlah umat muslimnya yang sangat dominan (sekitar 87.18%) dari seluruh jumlah penduduk Indonesia.

C:\Users\Pohan\Downloads\halal-mui-logo-A88C9A098B-seeklogo.com.png
Gambar 1. Logo halal MUI

Tentunya pengusaha yang menginginkan produknya memperoleh sertifikat halal harus melalui proses audit yang panjang dan tentunya memiliki biaya tersendiri bagi pengusaha. Untuk perusahaan yang memiliki cabang perusahaan atau bahan bakunya dipasok dari luar negeri harus mengeluarkan biaya lebih untuk mendatangkan auditor tersebut ke tempat pemasok asalnya. Selain biaya, persyaratan halal ini sangat ketat karena harus sesuai dengan aturan yang tertera pada Al-Qur’an dan hadist. Tentunya bagi sebagian besar pengusaha sertifikasi halal bisa penting atau tidak. Namun, terdapat beberapa keuntungan dari diperolehnya sertifikat halal tersebut, yaitu:

1. Kesehatan lebih terjamin
Setiap produk yang memperoleh sertifikat halal tentu telah diperiksa dengan teliti oleh para ahlinya dan menggunakan alat yang canggih untuk mendeteksi apakah terdapat bahan yang berbahaya atau tidak sesuai syariat di dalamnya.

2. Lebih menguntungkan bagi pelaku bisnis
Sertifikasi halal memang memiliki biayanya tersendiri. Namun jika dilihat pada prospek jangka panjang, sertifikasi halal akan sangat menguntungkan karena produknya telah dikenal luas oleh masyarakat. Selain itu produk halal sendiri tidak hanya dicari oleh muslim namun juga oleh non-muslim karena kesehatan produknya yang lebih terjamin.

3. Menjaga fitrah manusia, khususnya umat muslim
Bagi muslim setiap barang haram yang ada di tubuhnya maka ibadahnya tidak diterima. Pada hadist lainnya disebutkan bahwa ketika seorang muslim meninggal dan dalam perutnya terdapat barang haram maka matinya seperti orang kafir. Sehingga dengan menjaga makanan dan minuman maka ibadah yang dilakukan tidak akan sia-sia dan lebih memungkinkan diterima Allah SWT.

4. Perilaku yang terjaga dan lebih baik
Dengan menjaga dari makanan haram kita menjaga diri kita sendiri. Contohnya dengan tidak meminum minuman memabukkan kita menjaga kesehatan tubuh dan menjaga orang lain. Sering terjadi kejahatan karena mabuk. Orang lain yang kena dampaknya namun yang melakukan tidak merasa melakukan apa-apa.

Beberapa keuntungan dari sertifikasi halal di atas tentu bergantung kepada pribadi masing-masing. Namun, produk halal sendiri menjadi pangsa pasar yang besar di dunia dikarenakan banyaknya jumlah muslim di dunia. Selain masalah sertifikasi, banyak pihak perlu mensosialisasikan akan produk halal kepada masyarakat agar semakin berhati-hati dalam memilih produk yang beredar saat ini.

Oleh: Ahmad Azhari Pohan
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber:
1. http://disperindagkepri.org/pentingnya-sertifikat-halal/
2. https://bisnisukm.com/pentingnya-sertifikasi-halal-dalam-bisnis-kuliner.html
3. http://pakaroti.com/post/trend-update/latest-trend/pentingnya-kehalalan-pada-sebuah-produk

Sumber Gambar:
https://seeklogo.com/vector-logo/171637/halal-mui


Related Posts :