Minggu, 28 Januari 2018

Sistem Kurs di Dunia

Sudah terbit di: https://steemit.com/kurs/@puncakbukit/sistem-kurs-di-dunia

Pasar valuta asing memegang peranan besar dalam perdagangan mata uang di seluruh dunia. Keberadaan valas ini membuat mata uang memiliki nilai jual dengan membandingkan mata uang suatu negara dengan mata uang negara lainnya. Nilai valuta asing bergantung pada permintaan dan penawaran di pasar bebas. Pada sisi permintaan (demand) yang memengaruhi harga valuta asing adalah impor, transfer modal keluar negeri dan pembayaran hutang negara beserta bunganya. Sedangkan dari sisi penawaran (supply) adalah ekspor dan dana hibah yang diperoleh dari luar negeri. Selain itu masing-masing negara memakai sistem kurs yang kemudian juga berpengaruh pada harga valuta asing. Terdapat tiga sistem kurs yang berlaku saat ini, antara lain:

C:\Users\Pohan\Downloads\pocketwatch0838.jpg
Gambar 1. Valuta asing pada forward market

1. Kurs Bebas
Kurs ini digunakan di mana efeknya adalah harga valuta asing sepenuhnya dipengaruhi oleh supply dan demand. Jadi naik atau turunnya harga valas bergantung kepada keadaan pasar, faktor lain dari perubahan harga valas adalah keadaan politik dan kebijakan pemerintah. Kebijakan kurs bebas memiliki keuntungan yaitu pemerintah tidak harus menyediakan cadangan devisa yang banyak karena pemerintah tidak perlu mengintervensi harga valas yang ada di pasar. Indonesia sendiri memakai sistem kurs bebas sampai saat ini. Sebaliknya, kelemahan sistem kurs ini adalah pemerintah dan pelaku bisnis kesulitan melakukan rencana bisnis untuk jangka panjang. Selain itu akibat sistem kurs bebas menyebabkan efek spekulasi yang berlebihan, sehingga uang menjadi komoditi dagang.

2. Kurs Tetap
Pada sistem ini pemerintah menetapkan harga valuta asing pada tingkat tertentu dalam periode yang cukup panjang. Hanya negara dengan perekonomian dan cadangan devisa melimpah yang mampu menerapkan sistem kurs ini. Keuntungan dari sistem ini adalah memudahkan pemerintah dan pelaku bisnis dalam membuat perencanaan bisnis untuk jangka panjang, selain itu sistem kurs ini meniadakan efek spekulasi. Namun, kelemahan pada sistem kurs ini adalah pemerintah harus menyediakan cadangan devisa yang sangat besar untuk melakukan intervensi pasar. Alokasi cadangan devisa ini berguna sebagai dana stabilisasi yang minimal tersedia sebesar 110% dari jumlah uang beredar negara tersebut.

3. Kurs Mengambang
Sistem ini menyebabkan harga mata uang naik atau turun akan tetapi terdapat batas maksimal dan minimal. Perbedaan antara batas maksimal dan minimal bergantung kepada intervensi yang dilakukan pemerintah. Namun, jika jarak maks/min semakin jauh maka kurs cenderung tetap dan jika jarak maks/min semakin dekat maka kurs cenderung bebas.

Bagi pembisnis internasional yang memakai valuta asing akan memilih metode pembayaran antara spot market atau forward market. Spot market akan memakai nilai valas yang berlaku pada hari itu. Sedangkan forward market akan memakai nilai valas yang berlaku di masa depan. Negara dengan ekspor yang cukup tinggi lebih tertarik memakai forward market di mana nilai valas pada negaranya relatif stabil. Sedangkan spot market sering dipakai oleh negara dengan jumlah ekspor yang sedikit dan di mana nilai valas negara tersebut mudah berubah-ubah.

Oleh: Ahmad Azhari Pohan
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber:
1. https://id.wikipedia.org/wiki/Pasar_valuta_asing
2. http://www.artikelsiana.com/2014/12/pengertian-fungsi-jenis-valuta-asing.html

Sumber gambar:
http://www.freeimages.co.uk/galleries/objects/watch/slides/pocketwatch0838.htm


Related Posts :