Selasa, 02 Januari 2018

Tips Membuat Konten Tulisan yang Disukai Banyak Pembaca

Sudah terbit di: https://steemit.com/tulisan/@puncakbukit/tips-membuat-konten-tulisan-yang-disukai-banyak-pembaca

Seperti apa konten tulisan yang merangsang orang untuk menyimaknya? Membuatnya memang ‘gampang-gampang susah’. Bagi yang belum terbiasa menulis, membuatnya tentu menjadi hal sulit. Untuk membantu membuatnya, kita dapat mencoba menerapkan tips berikut Nah, bila kita senang memposting tulisan kita di Steemit, dapat juga menerapkan tips-tips berikut. Semakin banyak pembaca yang menyimak tulisan kita, tentunya akan semakin menghasilkan pendapatan. Berikut tips-tips tersebut.


Gambar 1. Seperti Apa Konten Tulisan yang Menarik?

Munculkan Ide Menarik yang Orisinal.
Seorang penulis konten membutuhkan banyak ide menarik. Untuk menemukan ide tersebut, kita mesti banyak membaca. Semakin banyak membaca, semakin memudahkan kita menemukan inspirasi segar. Setelah menemukan ide tersebut, kita tuliskan ide tersebut ke dalam tulisan. Sebagai hal penting, saat menulis, kita tak perlu terbebani untuk mendapatkan uang. Sebagai hal penting lainnya, ide kita mestilah bermanfaat bagi orang lain.

Cermati Bagian Pembuka Tulisan.
Cermati bagian pembuka tulisan berulang-ulang. Sebabnya, bagian pembuka tulisan ibarat pintu masuk. Semakin menarik maka akan semakin merangsang orang untuk menyimak keseluruhan tulisan. Sebagai hal penting, menurut suatu penelitian, sebanyak 80% pembaca menyimak bagian tersebut terlebih dahulu. Bila bagian tersebut menarik, pembaca akan menyimak keseluruhan tulisan. Lalu, bagaimana membuat bagian pembuka tulisan yang menarik? Memang, tak ada aturan baku untuk membuatnya. Yang terpenting, merangsang pembaca untuk menyimak keseluruhan tulisan. Berikut beberapa contoh bagian pembuka tulisan yang menarik dan komunikatif
  • Waspada, saat ini terdapat beberapa penyakit berbahaya yang mengancam generasi muda. Nah, apa sajakah penyakit-penyakit tersebut?
  • Anita, seorang gadis cilik berusia 6 tahun, meninggal dunia karena serangan stroke. Lho kok bisa?
  • Cermin dapat juga digunakan untuk memperindah interior, tak hanya sebatas untuk melihat bayangan diri sendiri. Lalu, bagaimana trik-trik memperindah interior dengan cermin?

Tulisan Berisi Hal-Hal Praktis.
Pembaca lebih menyukai tulisan yang berisi hal-hal praktis. Terlebih, bila hal-hal tersebut begitu menarik. Dengan demikian, disarankan membuat tulisan tersebut. Contohnya, tulisan yang berisi hal-hal bagaimana memanfaatkan cermin untuk memperindah interior. Contoh lainnya, bagaimana trik mudah mengatasi laptop yang overheating (mengeluarkan panas berlebih). Dapat juga membuat tulisan yang berisi hal-hal praktis untuk mengatasi masalah yang sedang dihadapi kebanyakan orang. Misalnya, bagaimana aman berkendara saat musim hujan.

Tulisan Berisi Jawaban Akurat yang Mudah Dimengerti
Saat ini, kebanyakan orang ‘bertanya’ kepada media googling. Mereka mencari jawaban pertanyaan mereka yang mudah dipahami. Nah, terkait konten tulisan, buatlah tulisan yang berisi jawaban akurat yang mudah dimengerti. Pahami juga hal-hal apa saja yang sering ditanyakan orang di Google. Nah, agar pembaca lebih yakin dengan tulisan kita, cantumkan sumber tulisan. Misalnya, bila kita mengambil jawaban dari website, cantumkan website tersebut. Contoh lainnya, bila kita mengambil jawaban dari buku, cantumkan judul buku tersebut.

Buatlah Agar Pembaca ‘Masuk’ Ke Dalam Tulisan.
Ibaratkan tulisan sebagai adegan film drama dan pembaca sebagai penonton. Bila drama menampilkan adegan yang emosional, membuat penonton ‘masuk’ ke dalam cerita drama.Berdasarkan perumpamaan tersebut. Tulisan pun sesungguhnya seperti itu. Bila kita senang menulis cerita atau pengalaman pribadi, buatlah pembaca agar ‘hanyut’ ke dalam cerita Nah, ada banyak cara agar pembaca ‘masuk’ ke dalam tulisan. Misalnya, menulis kalimat-kalimat yang bernada ‘emosional’.

Tulisan Tak Terlalu Panjang dan Tak Terlalu Pendek
Pembaca cenderung tak menyukai tulisan yang panjang bertele-tele. Karenanya, buatlah tulisan yang tak terlalu panjang. Tuliskan hal-hal penting saja dalam beberapa kalimat pendek. Akan tetapi, tak lantas membuat tulisan terlalu pendek. Sebabnya, bila tulisan terlalu pendek, cenderung memunculkan kesan tulisan kurang informatif. Dan juga, terkesan kurang kredibel.

Bila Tersedia, Sisipkan Video Atau Gambar
Tulisan akan semakin lebih komunikatif, bila terdapat video ataupun gambar. Nah, bila tersedia, sisipkan link video ataupun beberapa gambar. Tak ada salahnya kita membuat video atau membuat video ataupun gambar sebelum mem-post tulisan. Singkatnya, tulisan yang disertai gambar atau video sebenarnya lebih disukai banyak pembaca.

Demikian, beberapa tips membuat konten tulisan yang disukai banyak pembaca. Akhir kata, selamat berkarya…

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi:
https://blog.kissmetrics.com/ingredients-of-great-content/

Sumber Gambar:
1. https://cdn.pixabay.com/photo/2015/05/15/07/48/reading-767919_960_720.jpg


Related Posts :