Minggu, 11 Februari 2018

Mengenal Ketenaran Kucing Birman

Sudah terbit di: https://steemit.com/kucing/@puncakbukit/mengenal-ketenaran-kucing-birman

Bila ditanyakan tentang ras kucing Birman mungkin sudah banyak di antara kita yang telah mengenal ataupun sedang memeliharanya. Hal tersebut dirasa wajar sebab ras kucing ini sudah mulai dikenal orang-orang di wilayah negara Prancis sekitar tahun 1920-an. Selain itu, tampilan fisiknya tampak berbeda dengan ras kucing hias lainnya yang ukuran tubuhnya agak besar dan corak warnanya hitam dan putih. Hanya saja, tidak banyak yang mengetahui terkait sejarah dan legenda yang dimiliki ras kucing Birman. Untuk itu pada tulisan ini coba menguliknya agar segala yang terkait dengan ras kucing Birman dapat diketahui oleh para pembaca sekalian.

Ras kucing Birman merupakan ras kucing hias yang tercipta secara alami tanpa adanya rekayasa dari manusia untuk mengkawin silangkannya. Awal mula sejarah ras kucing Birman ini berlangsung sekitar tahun 1919 dengan bermula dari dua orang bangsawan Prancis yang diberi hadiah sepasang kucing ras Birman oleh seorang pendeta dikarenakan sudah turut membantu di kuil tersebut. Salah satu dari sepasang kucing ras Birman tersebut ternyata sedang mengandung dan kemudian kucing betina itu pun akhirnya melahirkan seekor anak kucing yang bernama Poupée de Madalpour. Lalu anakan tersebut coba terus dikembangkan hingga memasuki masa resesi dan pecahnya Perang Dunia II membuat ras kucing Birman memasuki masa-masa sulitnya dengan hanya sepasang yang mampu diselamatkan.

File:7-month-old Birman kitten (2006).jpg
Gambar: Ras Kucing Birman

Pengakuan awal ras kucing Birman dilakukan di negara asal tempatnya berkembangbiak yakni Prancis dengan adanya organisasi pendaftaran kucing yang bernama Federation Feline FranSais. Pengakuan terhadap ras kucing Birman ini ditandai dengan disematkan nama barunya yang bernama Sacré de Birmanie. Tapi pengakuan yang diberikan tersebut tampaknya bermasalah atau terdapat keraguan tanpa adanya informasi yang jelas. Selanjutnya di tahun 1966, kembali ras kucing Birman mendapatkan pengakuan sebagai ras tersendiri oleh salah satu organisasi pencinta kucing hias di Inggris. Dan pengakuan terakhir yang diterima ras kucing Birman dilakukan oleh organisasi Cat Fanciers’ Association (CFA) yang terjadi di Amerika dan berlangsung sekitar tahun 1967.

Nah, perlu diketahui juga bahwa ras kucing Birman termasuk salah satu ras kucing hias yang menyimpan legenda terkait asal-usulnya. Legenda tersebut bermula dari seorang pendeta yang bernama Mun-ha dengan seekor kucing peliharaannya berwarna putih yang diberi nama Sinh sering mengujungi kuil di Birma. Pada suatu ketika, pendeta tersebut ditemukan tewas yang disebabkan oleh para perampok yang datang ke kuil tersebut. Setelah tewasnya pendeta Mun-ha lalu kucing peliharaannya pun meletakkan kakinya ke atas tubuh majikannya dengan menghadap patung dewi Tsun-Kyan-Kse di kuil tersebut. Dan anehnya tubuh kucing itu pun mengalami perubahan warna baik matanya yang semula kuning menjadi biru safir. Keempat kakinya berubah warna menjadi cokelat tua, warna bulunya yang putih berubah menjadi keemasan, dan di bagian area telapak kaki dan cakarnya tetap berwarna putih.

Adapun ciri ras kucing Birman memiliki ukuran tubuh yang sedang panjang sekitar hampir 70 cm dan berat badannya sekitar 6 kg. Corak warna bulunya biasanya hanya terdiri dari dua warna saja yakni hitam kecokelatan dan putih keabu-abuan. Warna hitam kecokelatan tampak menutupi beberapa area tubuhnya mulai dari wajah, telinga, keempat kaki, ekornya. Lalu warna putih keabu-abuan terlihat di bagian atas kepala, leher, punggung, dada, perut, dan bagian telapak kaki dan jarinya. Selain itu, mata ras kucing Birman berukuran agak besar dengan bentuk oval dan berwarna biru safir. Bulu-bulu di seluruh tubuhnya berukuran sedang sampai panjang dan cukup lebat. Ekornya berukuran sedang dan ditumbuhi oleh bulu-bulu yang lebat sehingga tampak agak besar.

Sedangkan karakter atau sifat ras kucing Birman dikenal cukup cerdas dan setia dengan pemiliknya. Kesetiaan kucing bermata biru safir ini terkadang ditunjukkannya dengan menunggu majikannya pulang di depan pintu. Selain itu, ia pun suka diajak bermain di luar atau taman rumah dan dapat berbaur dengan kucing peliharaan lainnya.

Yup, itulah sekelumit pembahasan terkait ras kucing Birman yang memiliki sejarah cukup panjang dengan ciri fisik yang indah. Selain itu, harga kucing ini pun tidak terlalu mahal atau setara dengan ras kucing hias populer lainnya yakni sekitar 1.5 sampai 4 juta rupiah. Untuk itu bagi Anda yang tertarik dengan ras kucing Birman maka dapat mencarinya di catter resmi yang ada di kota Anda. Okey.

Oleh: Satria Dwi Saputro
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber Tulisan:
1. https://hargakucing.com/harga-kucing-birman/#
2. https://id.wikipedia.org/wiki/Kucing_birma
3. http://kucingkita.com/ras-kucing/birman

Sumber Gambar:
https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/c/c8/7-month-old_Birman_kitten_%282006%29.jpg


Related Posts :